Sukses


9 Macam Gerakan Senam Ritmik beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Senam ritmik adalah jenis senam yang mengombinasikan gerakan tubuh dengan alunan musik. Senam ini melibatkan gerakan-gerakan elegan dan lincah yang senantiasa disesuaikan dengan irama musik yang dimainkan.

Selain itu, senam ritmik memanfaatkan alat-alat seperti pita, bola, jangkrik, tali, dan pelana sebagai aksen tambahan dalam penampilan.

Biasanya, senam ritmik dilakukan dalam grup dengan harmoni gerakan yang dipadukan dengan musik sehingga menciptakan tarian yang indah dan memukau.

Selain menjadi olahraga yang melatih keanggunan dan kelenturan tubuh, senam ritmik menjadi hiburan yang menyenangkan bagi para penonton.

Dengan konsep yang menggabungkan seni, sportivitas, dan musikalitas, senam ritmik telah menjadi olahraga yang populer di kalangan anak-anak maupun dewasa.

Bagi kamu yang ingin mencoba senam ritmik, ada bermacam-macam gerakan yang bisa dicoba.

Berikut ini macam-macam gerakan senam ritmik beserta penjelasannya yang bisa dipahami, Senin (19/2/2024).

2 dari 5 halaman

Macam Gerakan Senam Ritmik beserta Penjelasannya

1. Gerak Dasar Ayunan Lengan

Meski sebenarnya banyak jenis gerakan ayunan lengan dalam senam ritmik, setidaknya ada tiga macam gerak dasar yang mudah untuk dipelajari.

  • Rowing

Rowing dilakukan dengan cara mengayunkan kedua tangan secara bersamaan ke arah samping, seperti gerakan mendayung perahu. Tujuannya untuk melatih otot badan bagian samping.

  • Bicep Curl

Untuk melakukan bicep curl, kamu hanya perlu menekuk persendian pada siku lalu meluruskannya kembali. Agar memperoleh hasil maksimal, gerakan ini perlu dilakukan secara berulang. Fungsi dari bicep curl yaitu melatih otot bisep atau lengan bagian depan.

  • Up Right Now

Gerakan up right now dilakukan dengan mengangkat tangan dari perut bagian bawah depan menuju ke dada. Mirip seperti rowing, gerakan ini berguna melatih otot di area samping badanmu.

3 dari 5 halaman

Macam Gerakan Senam Ritmik beserta Penjelasannya

2. Gerak Dasar Langkah Kaki

Sama halnya dengan gerak dasar ayunan lengan, gerak dasar langkah kaki juga memiliki berbagai jenis gerakan.

Di bawah ini merupakan beberapa contoh gerak dasar yang mudah dipraktikkan:

  • Skipping

Cara melakukan gerakan skipping diawali dengan menekuk kaki ke belakang menuju bagian pantat, lalu menendangnya ke samping atau depan. Tendangan yang dilakukan jangan sampai lebih tinggi dari pinggang.

  • Jumping Track

Jumping track dalam senam ritmik dilakukan dengan membuka kedua kaki selebar satu setengah bahu sambil melompat. Kemudian lanjutkan dengan menutup kembali kedua kaki sembari melompat.

  • Jalan di Tempat

Posisi awal ketika melakukan jalan di tempat yaitu berdiri tegak. Selanjutnya, angkat kaki setinggi betis, tekuk lutut 90 derajat, serta gerakkan kedua kaki secara bergantian.

Pastikan kaki yang menyentuh permukaan lantai dimulai dari bola kaki terlebih dahulu dan berakhir ke tumit.

  • Joging

Umumnya, setelah melakukan jalan di tempat akan dilanjutkan dengan lari kecil di tempat. Kamu bisa melakukan beberapa variasi joging, misalnya joging knee up, joging butt tap, dan lain sebagainya.

3. Gerak Rangkaian

Gerak rangkaian dalam senam ritmik adalah kombinasi dari gerak ayunan lengan dan langkah kaki.

Contoh paling sederhana yaitu gerakan langkah kaki ke depan-belakang-samping, menjulurkan kaki ke arah depan dan belakang, kemudian mengayunkan kaki ke depan serta belakang. Jangan lupa bahwa gerakan senam ritmik tetap harus mengikuti irama musik.

4. Gerakan Senam Ritmik Tanpa Alat

Senam ini menekankan gaya, teknik, dan eksekusi kemampuan menari. Gerakan ini cocok untuk kamu yang baru saja mulai belajar senam ritmik.

4 dari 5 halaman

Macam Gerakan Senam Ritmik beserta Penjelasannya

5. Senam Ritmik Menggunakan Tali

Dengan menggunakan tali, gerakan senam ini memiliki berbagai variasi seperti melompat, melempar, berayun, memutar dan membentuk angka delapan.

6. Senam Menggunakan Simpai

Simpai merupakan lingkaran besar terbuat dari plastik atau rotan. Dalam senam ritmik, kamu bisa menggunakan simpai untuk melakukan gerakan hula hoop atau gerakan yang lebih kompleks, seperti membentuk angka delapan, serta melempar dan menangkap kembali simpai tersebut.

7. Senam Ritmik Menggunakan Bola Karet

Bola karet yang digunakan berdiameter 18-20 cm. Caranya cukup lempar, pantulkan, dan gulingkan bola sambil badan bergerak mengikuti irama musik.

5 dari 5 halaman

Macam Gerakan Senam Ritmik beserta Penjelasannya

8. Senam Ritmik dengan Tongkat

Pada gerakan senam ritmik jenis ini, kamu bisa melakukan senam dengan dengan menghentak-hentakkan tongkat, melempar, menangkap, atau gerakan lain yang mengikuti irama musik.

9. Menggunakan Pita

Pita yang digunakan biasanya sepanjang enam meter. Dengan pita itu kamu dapat melakukan gerakan seperti berayun, spiral, dan lingkaran. Namun, jenis senam ritmik ini agak sulit sehingga kamu mungkin butuh bantuan instruktur.

Sebelum latihan dengan alat-alat tersebut, ada baiknya terlebih dahulu mengenal dan menguasai latihan dasar macam-macam langkah, ayunan lengan, dan sikap atau posisi tubuh di dalam melakukan latihan.

Bagi atlet senam rimtik, jenis-jenis gerakan yang harus dikuasai antara lain, gerakan roll depan dan belakang, baik dimulai dari bawah atau dari posisi berdiri. Lalu, gulingan yaitu seperti gerakan roll, tetapi menggunakan punggung sebagai tumpuan pada lintasan bisa depan, belakang dan samping.

Selain itu, split samping dan depan dengan posisi duduk maupun posisi berdiri, kayang, salto depan atau belakang, handstand, headstand, dan sikap lilin.

 

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer