Sukses


9 Ayat Al-Qur'an tentang Gambaran Siksa Neraka yang Bisa Jadi Pengingat

Bola.com, Jakarta - Siksa neraka merupakan gambaran mengerikan dari hukuman yang akan dialami para pendosa setelah kematian.

Dalam Islam, siksa neraka digambarkan sebagai tempat yang penuh dengan api yang menyala-nyala dan penderitaan yang tiada henti.

Para pendosa akan merasakan rasa panas yang membakar seluruh tubuh mereka, tetapi tidak akan menghilangkan nyawa mereka.

Mereka juga akan disiksa dengan belenggu dan siksaan yang tidak terbayangkan, termasuk minuman yang mendidih dan makanan yang sangat pedas.

Pada dasarnya, ssiksa neraka digambarkan sebagai tempat penderitaan yang sangat mengerikan, di mana bertubi-tubi siksaan dan penyiksaan dialami oleh orang-orang kafir dan pelaku dosa.

Gambaran siksa neraka ini bertujuan untuk mendorong umat manusia untuk senantiasa taat pada ajaran agama dan menjauhi segala perbuatan dosa yang dapat menyebabkan mereka masuk neraka setelah mati.

Maka itu, sebagai umat muslim, penting bagi kita untuk selalu menjaga diri dan menjauhi perbuatan dosa agar terhindar dari siksa neraka.

Berikut sembilan ayat Al-Qur'an tentang gambaran siksa neraka yang penting umat muslim renungkan, Jumat (23/2/2024).

2 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Gambaran Siksa Neraka

Ayat Al-Qur'an tentang Gambaran Siksa Neraka (1)

مِّنْ وَّرَاۤىِٕهٖ جَهَنَّمُ وَيُسْقٰى مِنْ مَّاۤءٍ صَدِيْدٍۙ . يَّتَجَرَّعُهٗ وَلَا يَكَادُ يُسِيْغُهٗ وَيَأْتِيْهِ الْمَوْتُ مِنْ كُلِّ مَكَانٍ وَّمَا هُوَ بِمَيِّتٍۗ وَمِنْ وَّرَاۤىِٕهٖ عَذَابٌ غَلِيْظٌ

"Di hadapannya ada (neraka) Jahanam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah. Diteguk-teguknya (air nanah itu), dia hampir tidak bisa menelannya, dan datanglah (bahaya) maut kepadanya dari segenap penjuru, tetapi dia tidak kunjung mati. Di hadapannya (masih ada) azab yang berat." (QS. Ibrāhīm: 16-17)

Ayat Al-Qur'an tentang Gambaran Siksa Neraka (2)

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

"Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar dan keras. Mereka tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepadanya dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS. At Taḥrīm: 6)

Ayat Al-Qur'an tentang Gambaran Siksa Neraka (3)

فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِيْ وَقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ ۖ اُعِدَّتْ لِلْكٰفِرِيْنَ ...

"...takutlah pada api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu yang disediakan bagi orang-orang kafir." (QS. Al Baqarah: 24)

3 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Gambaran Siksa Neraka

Ayat Al-Qur'an tentang Gambaran Siksa Neraka (4)

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِاٰيٰتِنَا سَوْفَ نُصْلِيْهِمْ نَارًاۗ كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُوْدُهُمْ بَدَّلْنٰهُمْ جُلُوْدًا غَيْرَهَا لِيَذُوْقُوا الْعَذَابَۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَزِيْزًا حَكِيْمًا

"Sesungguhnya orang-orang yang kufur pada ayat-ayat Kami kelak akan Kami masukkan ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti dengan kulit yang lain agar mereka merasakan (kepedihan) azab. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana." (QS. An Nisā': 56)

Ayat Al-Qur'an tentang Gambaran Siksa Neraka (5)

كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِى النَّارِ وَسُقُوْا مَاۤءً حَمِيْمًا فَقَطَّعَ اَمْعَاۤءَهُمْ

"(Apakah orang yang memperoleh kenikmatan surga) sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga usus mereka terpotong-potong?" (QS. Muhammad: 15)

Ayat Al-Qur'an tentang Gambaran Siksa Neraka (6)

فَاَمَّا الَّذِيْنَ شَقُوْا فَفِى النَّارِ لَهُمْ فِيْهَا زَفِيْرٌ وَّشَهِيْقٌۙ

"Adapun orang-orang yang sengsara, maka (ia berada) di dalam neraka. Di sana mereka mengeluarkan dan menarik napas dengan merintih." (QS. Hūd: 106)

4 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Gambaran Siksa Neraka

Ayat Al-Qur'an tentang Gambaran Siksa Neraka (7)

لَيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ اِلَّا مِنْ ضَرِيْعٍۙ. لَّا يُسْمِنُ وَلَا يُغْنِيْ مِنْ جُوْعٍۗ

"Tidak ada makanan bagi mereka selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar." (QS. Al Gāsyiyah: 6-7)

Ayat Al-Qur'an tentang Gambaran Siksa Neraka (8)

۞ هٰذَانِ خَصْمٰنِ اخْتَصَمُوْا فِيْ رَبِّهِمْ فَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا قُطِّعَتْ لَهُمْ ثِيَابٌ مِّنْ نَّارٍۗ يُصَبُّ مِنْ فَوْقِ رُءُوْسِهِمُ الْحَمِيْمُ ۚ. يُصْهَرُ بِهٖ مَا فِيْ بُطُوْنِهِمْ وَالْجُلُوْدُ ۗ. وَلَهُمْ مَّقَامِعُ مِنْ حَدِيْدٍ . كُلَّمَآ اَرَادُوْٓا اَنْ يَّخْرُجُوْا مِنْهَا مِنْ غَمٍّ اُعِيْدُوْا فِيْهَا وَذُوْقُوْا عَذَابَ الْحَرِيْقِ ࣖ

"Inilah dua golongan (mukmin dan kafir) yang bertengkar. Mereka bertengkar tentang Tuhan mereka. Bagi orang-orang yang kufur dibuatkan pakaian dari api neraka. Ke atas kepala mereka akan disiramkan air yang mendidih. Dengan (air mendidih) itu akan diluluhlantakkan apa yang ada dalam perut mereka dan (juga) kulit (mereka). Untuk mereka (azab berupa) palu (godam) dari besi. Setiap kali hendak keluar darinya (neraka) karena tersiksa, mereka dikembalikan (lagi) ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan,) Rasakanlah azab (neraka) yang membakar ini!" (QS. Al Ḥajj: 19-22)

Ayat Al-Qur'an tentang Gambaran Siksa Neraka (9)

لَا يَذُوْقُوْنَ فِيْهَا بَرْدًا وَّلَا شَرَابًاۙ. اِلَّا حَمِيْمًا وَّغَسَّاقًاۙ. جَزَاۤءً وِّفَاقًاۗ

"Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah, sebagai pembalasan yang setimpal." (QS. An-Naba': 24-26)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer