Sukses


5 Contoh Amanat Pembina Upacara Singkat Berbagai Tema

Bola.com, Jakarta - Dalam setiap kegiatan upacara di lingkungan sekolah, amanat pembina upacara memegang peran penting dalam memberikan arahan, motivasi, dan inspirasi kepada seluruh peserta.

Sebagai wakil dari pihak sekolah, amanat tersebut tidak hanya sekadar menyampaikan pesan-pesan formal, melainkan juga menjadi momen untuk menyentuh hati dan memotivasi para hadirin.

Melalui amanat upacara, para pembina dan pengajar diharapkan mampu memberikan teladan yang baik kepada seluruh peserta upacara, terutama siswa.

Selain itu, amanat pembina upacara menjadi sarana untuk mengingatkan serta memotivasi siswa-siswi untuk tetap bersemangat dalam mengejar cita-cita dan meraih prestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Berikut contoh amanat pembina upacara singkat yang bisa jadi referensi untuk disampaikan, Jumat (23/2/2024).

2 dari 6 halaman

Contoh Amanat Pembina Upacara

                                   Semangat Belajar dan Berprestasi

 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Anak-anak yang saya cintai,

Hari ini, kita berkumpul kembali dalam rangka mengawali hari dengan semangat baru dan tekad yang kuat untuk meraih prestasi di sekolah. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta'ala, yang telah memberikan kita kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Anak-anak, pendidikan adalah jalan menuju masa depan yang cerah. Dengan ilmu pengetahuan, kalian akan mampu membuka pintu-pintu kesuksesan dan meraih impian-impian yang besar. Namun, untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan semangat belajar yang tinggi dan tekad yang kuat untuk terus berprestasi.

Setiap hari di sekolah adalah kesempatan yang berharga untuk mengisi diri dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat. Jangan sia-siakan waktu yang telah Allah berikan untuk belajar. Jadikan setiap pelajaran sebagai tantangan yang harus dihadapi dengan semangat dan kegigihan yang tinggi.

Anak-anak yang saya sayangi,

Prestasi bukanlah sesuatu yang datang dengan sendirinya, melainkan hasil dari kerja keras, ketekunan, dan kesungguhan. Dalam meraih prestasi, kita harus siap menghadapi berbagai rintangan dan tantangan. Namun, percayalah bahwa setiap usaha yang kita lakukan tidak akan pernah sia-sia.

Ingatlah bahwa kalian memiliki potensi yang besar untuk meraih prestasi gemilang. Jadilah pribadi yang percaya diri, pantang menyerah, dan selalu siap belajar dari setiap pengalaman. Bersainglah dengan sportivitas dan tetaplah mengutamakan kerja sama serta kebersamaan dalam meraih kesuksesan.

Anak-anakku yang tercinta,

Saya berharap, melalui semangat belajar dan berprestasi yang tinggi, kalian akan menjadi generasi penerus yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing tinggi. Jadikanlah setiap peluang sebagai momen untuk mengembangkan potensi diri dan memberikan yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga, dan bangsa.

Terakhir, saya mengajak kita semua untuk bersyukur atas nikmat pendidikan yang telah Allah berikan kepada kita. Mari kita manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan tetaplah berusaha keras untuk mencapai cita-cita dan impian kita.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi kalian semua.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 6 halaman

Contoh Amanat Pembina Upacara

                                      Berkembang Menjadi Pribadi yang Berkualitas

 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Anak-anak yang saya cintai,

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta'ala, yang telah memberikan kita kesempatan untuk berkumpul dalam rangka memulai hari ini dengan semangat yang baru. Selawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, yang telah menjadi teladan bagi kita dalam menjalani kehidupan yang bermakna.

Anak-anak, setiap langkah yang kalian ambil di sekolah adalah langkah menuju masa depan yang cerah. Saat ini adalah waktu yang berharga untuk kalian berkembang menjadi pribadi yang berkualitas, yang memiliki kecerdasan intelektual, moral, dan sosial yang tinggi.

Pendidikan adalah bekal yang akan menuntun kalian menuju keberhasilan di masa depan. Namun, pendidikan bukan hanya sebatas pelajaran di dalam kelas, melainkan juga pembentukan karakter dan kepribadian yang baik. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan setiap peluang yang ada di sekolah untuk mengembangkan diri kita secara menyeluruh.

Anak-anakku yang tercinta,

Dalam proses pembelajaran, kalian akan dihadapkan pada berbagai tantangan dan rintangan. Namun, janganlah pernah menyerah dalam menghadapinya. Jadikan setiap tantangan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang. Kalian memiliki potensi yang besar untuk meraih prestasi gemilang, asalkan memiliki tekad dan semangat yang kuat.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga sikap hormat dan sopan santun terhadap guru, teman, dan seluruh anggota sekolah. Hormati perbedaan pendapat, jalinlah kerja sama yang baik, dan tetaplah berpegang pada nilai-nilai kejujuran, integritas, dan tanggung jawab.

Anak-anakku yang penuh potensi,

Saya percaya bahwa kalian adalah generasi penerus yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing tinggi. Mari kita jadikan setiap hari di sekolah sebagai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berbudi pekerti luhur, berwawasan luas, dan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan bangsa.

Terakhir, saya ingin mengingatkan kalian untuk selalu bersyukur atas nikmat pendidikan yang kita miliki. Jadikanlah pendidikan sebagai ladang untuk mengejar mimpi dan meraih cita-cita. Teruslah berjuang, belajar, dan berkembang menjadi pribadi yang berkualitas dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Terima kasih atas perhatian dan kehadiran kalian semua.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 dari 6 halaman

Contoh Amanat Pembina Upacara

                                            Membangun Karakter yang Mulia

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Anak-anak yang saya sayangi,

Hari ini, kita berkumpul dalam kebersamaan yang penuh kebahagiaan di sekolah kita tercinta. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta'ala, yang telah memberikan kita nikmat kesehatan dan kesempatan untuk belajar di lingkungan yang aman dan nyaman. Selawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, yang telah menjadi teladan bagi seluruh umat manusia.

Anak-anakku yang berharga,

Hari ini, saya ingin mengajak kita semua untuk merenungkan betapa pentingnya membangun karakter yang mulia dalam kehidupan kita. Karakter adalah hal yang paling mendasar dalam diri setiap individu. Ia mencerminkan siapa kita sebenarnya, bagaimana kita berperilaku, dan bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain di sekitar kita.

Di sekolah ini, kita tidak hanya belajar tentang matematika, ilmu pengetahuan alam, atau bahasa, tetapi juga tentang bagaimana menjadi pribadi yang baik dan bertanggung jawab. Mari kita jadikan setiap hari di sekolah sebagai kesempatan untuk mengasah dan memperbaiki karakter kita.

Anak-anakku yang tercinta,

Dalam membangun karakter yang mulia, ada beberapa nilai yang perlu kita tanamkan dalam diri kita. Pertama, mari kita tanamkan nilai kejujuran. Jadilah orang yang selalu jujur dalam segala hal, baik itu dalam urusan sekolah, keluarga, maupun dalam pergaulan sehari-hari.

Kedua, mari kita tanamkan nilai disiplin. Disiplin adalah kunci keberhasilan dalam mencapai cita-cita dan meraih prestasi. Mari kita rajin dan tekun dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah serta patuhi aturan-aturan yang ada.

Ketiga, mari kita tanamkan nilai tolong-menolong dan kerja sama. Kita tidak bisa meraih kesuksesan sendirian. Mari kita saling membantu dan mendukung satu sama lain dalam menghadapi segala tantangan.

Anak-anakku yang penuh potensi,

Saya yakin, dengan membangun karakter yang mulia, kalian akan menjadi generasi yang cerdas, berbudi pekerti luhur, dan bermanfaat bagi agama, bangsa, dan negara. Mari kita jadikan sekolah ini sebagai tempat untuk mengembangkan diri dan menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.

Terakhir, saya ingin mengajak kita semua untuk bersyukur atas nikmat pendidikan yang kita terima. Jadikanlah setiap pelajaran dan setiap pengalaman di sekolah sebagai bekal untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Terima kasih atas perhatian dan kehadiran kalian semua.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5 dari 6 halaman

Contoh Amanat Pembina Upacara

                                        Menjaga Kebersihan Lingkungan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Anak-anak yang saya sayangi,

Hari ini, kita berkumpul kembali dalam semangat kebersamaan di sekolah tercinta kita. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta'ala, yang telah memberikan kita kesempatan untuk belajar dan berkembang di lingkungan yang bersih dan sehat. Selawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, yang telah mengajarkan kepada kita pentingnya menjaga kebersihan.

Anak-anakku yang berharga,

Hari ini, saya ingin mengajak kita semua untuk merenungkan betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan di sekolah ini. Kebersihan bukanlah sekadar tuntutan, melainkan juga tanggung jawab setiap individu untuk menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan sehat.

Menjaga kebersihan lingkungan adalah investasi untuk kesehatan dan kesejahteraan kita semua. Dengan lingkungan yang bersih, kita dapat mencegah penularan penyakit, meningkatkan kenyamanan belajar, dan menciptakan suasana yang kondusif untuk tumbuh kembangnya potensi diri setiap siswa.

Saudara-saudara,

Setiap dari kita memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan lingkungan ini. Mulailah dari diri sendiri dengan disiplin membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan toilet dan fasilitas umum, serta tidak merusak atau mencemarkan lingkungan sekolah.

Selain itu, mari kita jalin kerja sama dan gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan. Bersama-sama, kita bisa melakukan berbagai kegiatan seperti membersihkan kelas, halaman sekolah, atau bahkan melakukan kegiatan penghijauan untuk menjaga keindahan lingkungan.

Anak-anakku yang penuh potensi,

Saya yakin, dengan menjaga kebersihan lingkungan, kita akan menjadi siswa yang lebih bertanggung jawab, peduli, dan sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat. Mari kita jadikan kebersihan lingkungan sebagai gaya hidup kita sehari-hari, bukan hanya sebagai tuntutan dari pihak sekolah.

Terakhir, saya mengajak kita semua untuk bersyukur atas nikmat lingkungan yang bersih dan sehat yang telah Allah berikan kepada kita. Jadikanlah kebersihan lingkungan sebagai cermin dari kesadaran dan kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar.

Terima kasih atas perhatian dan kehadiran kalian semua.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

6 dari 6 halaman

Contoh Amanat Pembina Upacara

                                                 Menghargai Perbedaan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Anak-anak yang saya cintai,

Hari ini, kita berkumpul kembali dalam semangat kebersamaan di lingkungan sekolah kita yang tercinta. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta'ala, yang telah memberikan kita kesempatan untuk belajar, bertumbuh, dan berkembang di tempat yang aman dan nyaman. Selawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, yang telah menjadi teladan dalam menyikapi perbedaan.

Anak-anakku yang saya sayangi,

Hari ini, saya ingin mengajak kita semua untuk merenungkan betapa pentingnya menghargai perbedaan di antara kita. Sebagai siswa-siswi di sekolah ini, kita datang dari berbagai latar belakang, budaya, dan kepercayaan yang berbeda-beda. Namun, perbedaan tersebut bukanlah penghalang untuk kita saling menghormati dan hidup berdampingan dengan damai.

Menghargai perbedaan bukan hanya sekadar tuntutan, melainkan juga merupakan sikap yang menghormati martabat setiap individu. Dengan menghargai perbedaan, kita memperkaya diri dengan berbagai pandangan, pengalaman, dan keunikan yang dimiliki oleh setiap individu di sekitar kita.

Setiap dari kita memiliki tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah terhadap perbedaan. Mari kita jauhi sikap-sikap diskriminatif, stereotip, atau prasangka terhadap sesama. Sebaliknya, mari kita bangun toleransi, pengertian, dan rasa empati terhadap orang lain.

Selain itu, mari kita jalin persahabatan dan kerja sama yang kukuh di antara kita, tanpa memandang perbedaan yang ada. Kita semua adalah bagian dari satu komunitas sekolah yang besar, dan kita harus saling mendukung dan menghargai satu sama lain.

Anak-anakku yang saya banggakan,

Saya yakin, dengan menghargai perbedaan, kita akan menjadi siswa-siswi yang lebih dewasa, bijaksana, dan memiliki sikap yang inklusif dalam pergaulan sehari-hari. Mari kita jadikan sikap menghargai perbedaan sebagai gaya hidup kita sehari-hari, bukan hanya sebagai tuntutan dari pihak sekolah.

Terakhir, saya mengajak kita semua untuk bersyukur atas nikmatnya hidup dalam keberagaman yang indah ini. Jadikanlah menghargai perbedaan sebagai bentuk penghargaan kita terhadap kekayaan budaya dan keberagaman yang ada di sekitar kita.

Terima kasih atas perhatian dan kehadiran kalian semua.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Baca artikel seputar upacara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer