Sukses


6 Ayat Al-Qur'an tentang Zina yang Perlu Dicermati

Bola.com, Jakarta - Zina adalah hubungan intim antara dua orang yang bukan suami istri. Jadi, zina merupakan perbuatan yang dilakukan di luar ikatan pernikahan yang sah.

Zina dalam Islam termasuk perbuatan dosa besar. Zina juga termasuk kategori maksiat yang merusak moralitas dan tatanan keluarga, serta memicu berbagai permasalahan sosial di masyarakat.

Pada hakikatnya, zina adalah dosa yang harus dihindari dan mendapatkan hukuman yang tegas, baik di dunia maupun akhirat.

Hukuman bagi pelaku zina di dunia sangatlah keras. Orang yang berzina dihukum dengan hukuman rajam bagi yang sudah menikah, dan hukuman cambuk bagi yang belum menikah, tergantung keadaan dan bukti yang ada.

Itulah mengapa, umat muslim diperintahkan untuk menjauhi perbuatan zina dan memegang teguh nilai-nilai keagamaan serta tata krama yang baik.

Dalam Al-Qur'an, zina dijelaskan sebagai perbuatan yang keji dan buruk. Untuk lebih jelasnya, perlu memahami ayat tentang zina.

Berikut enam ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentang zina, perlu diteladani umat muslim, Kamis (29/2/2024).

2 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Zina

Ayat Al-Qur'an tentang Zina (1)

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

"Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk." (QS. Al Isra: 32)

Ayat Al-Qur'an tentang Zina (2)

وَالَّذِيْنَ لَا يَدْعُوْنَ مَعَ اللّٰهِ اِلٰهًا اٰخَرَ وَلَا يَقْتُلُوْنَ النَّفْسَ الَّتِيْ حَرَّمَ اللّٰهُ اِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُوْنَۚ وَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ يَلْقَ اَثَامًا ۙ ٦٨

"Dan, orang-orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sembahan lain, tidak membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina. Siapa yang melakukan demikian itu niscaya mendapat dosa." (QS. Al Furqan: 68)

3 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Zina

Ayat Al-Qur'an tentang Zina (3)

يُّضٰعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَيَخْلُدْ فِيْهٖ مُهَانًا ۙ ٦٩

"Baginya akan dilipatgandakan azab pada hari kiamat dan dia kekal dengan azab itu dalam kehinaan." (QS. Al Furqan: 69)

Ayat Al-Qur'an tentang Zina (4)

اَلزَّانِيَةُ وَالزَّانِيْ فَاجْلِدُوْا كُلَّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖوَّلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۚ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَاۤىِٕفَةٌ مِّنَ الْمُؤْمِنِيْنَ ٢

"Pezina perempuan dan pezina laki-laki, deralah masing-masing dari keduanya 100 kali dan janganlah rasa belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (melaksanakan) agama (hukum) Allah jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Hendaklah (pelaksanaan) hukuman atas mereka disaksikan oleh sebagian orang-orang mukmin." (QS. An Nur:2)

4 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Zina

Ayat Al-Qur'an tentang Zina (5)

الزَّانِي لَا يَنْكِحُ إِلَّا زَانِيَةً أَوْ مُشْرِكَةً وَالزَّانِيَةُ لَا يَنْكِحُهَا إِلَّا زَانٍ أَوْ مُشْرِكٌ ۚ وَحُرِّمَ ذَٰلِكَ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ

"Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang beriman." (QS. An Nur: 3)

Ayat Al-Qur'an tentang Zina (6)

وَالَّذِيْنَ يَرْمُوْنَ اَزْوَاجَهُمْ وَلَمْ يَكُنْ لَّهُمْ شُهَدَاۤءُ اِلَّآ اَنْفُسُهُمْ فَشَهَادَةُ اَحَدِهِمْ اَرْبَعُ شَهٰدٰتٍۢ بِاللّٰهِ ۙاِنَّهٗ لَمِنَ الصّٰدِقِيْنَ

"Dan orang-orang yang menuduh istrinya (berzina), padahal mereka tidak mempunyai saksi-saksi selain diri mereka sendiri maka kesaksian masing-masing orang itu ialah empat kali bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa sesungguhnya dia termasuk orang yang berkata benar." (QS. An Nur: 6)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer