Sukses


9 Dalil tentang Zina yang Bisa Ditanamkan dalam Diri

Bola.com, Jakarta - Umat muslim dianjurkan keras untuk tidak mendekati zina. Zina merupakan satu di antara perbuatan terlarang dalam Islam, bahkan Allah Swt. akan melaknat para pelaku zina.

Zina adalah hubungan intim antara dua orang yang bukan suami istri. Jadi, zina merupakan perbuatan yang dilakukan di luar ikatan pernikahan yang sah.

Zina dalam Islam termasuk perbuatan dosa besar. Zina juga termasuk kategori maksiat yang merusak moralitas dan tatanan keluarga, serta memicu berbagai permasalahan sosial di masyarakat.

Hukuman bagi pelaku zina di dunia sangatlah keras. Orang yang berzina dihukum dengan hukuman rajam bagi yang sudah menikah, dan hukuman cambuk bagi yang belum menikah, tergantung keadaan dan bukti yang ada.

Itulah mengapa, umat muslim diperintahkan untuk menjauhi perbuatan zina dan memegang teguh nilai-nilai keagamaan serta tata krama yang baik.

Berikut sembilan dalil tentang zina yang bisa ditanamkan pada diri umat muslim, Jumat (1/3/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dalil tentang Zina

Dalil tentang Zina (1)

اَلزَّانِيَةُ وَالزَّانِيْ فَاجْلِدُوْا كُلَّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖوَّلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۚ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَاۤىِٕفَةٌ مِّنَ الْمُؤْمِنِيْنَ ٢

"Pezina perempuan dan pezina laki-laki, deralah masing-masing dari keduanya 100 kali dan janganlah rasa belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (melaksanakan) agama (hukum) Allah jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Hendaklah (pelaksanaan) hukuman atas mereka disaksikan oleh sebagian orang-orang mukmin." (QS. An Nur:2)

Dalil tentang Zina (2)

“Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat yaitu diangkatnya ilmu dan kebodohan nampak jelas, dan banyak yang minum khamr dan banyak orang berzina secara terang-terangan." (HR. Bukhari, Muslim)

Dalil tentang Zina (3)

"Janganlah seorang laki-laki itu berkhalwat (menyendiri) dengan seorang wanita kecuali ada mahram yang menyertai wanita tersebut." (HR. Bukhari, Muslim)

3 dari 4 halaman

Dalil tentang Zina

Dalil tentang Zina (4)

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

"Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk." (QS. Al Isra: 32)

Dalil tentang Zina (5)

"Tidak ada dosa yang lebih berat setelah syirik di sisi Allah dari seorang laki-laki yang menaruh spermanya di dalam rahim wanita yang tidak halal baginya." (HR. Ibnu Abiddunya)

Dalil tentang Zina (6)

"Pezina tidak dikatakan beriman ketika ia berzina." (HR. Bukhari, Muslim)

4 dari 4 halaman

Dalil tentang Zina

Dalil tentang Zina (7)

وَالَّذِيْنَ لَا يَدْعُوْنَ مَعَ اللّٰهِ اِلٰهًا اٰخَرَ وَلَا يَقْتُلُوْنَ النَّفْسَ الَّتِيْ حَرَّمَ اللّٰهُ اِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُوْنَۚ وَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ يَلْقَ اَثَامًا ۙ ٦٨

"Dan, orang-orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sembahan lain, tidak membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina. Siapa yang melakukan demikian itu niscaya mendapat dosa." (QS. Al Furqan: 68)

Dalil tentang Zina (8)

"Jika seseorang itu berzina maka iman itu keluar dari dirinya seakan-akan dirinya sedang diliputi oleh gumpalan awan (di atas kepalanya). Jika dia lepas dari zina maka iman itu akan kembali kepadanya." (HR. Abu Daud, Tirmidzi)

Dalil tentang Zina (9)

يُّضٰعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَيَخْلُدْ فِيْهٖ مُهَانًا ۙ ٦٩

"Baginya akan dilipatgandakan azab pada hari kiamat dan dia kekal dengan azab itu dalam kehinaan." (QS. Al Furqan: 69)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer