Sukses


3 Catatan Dahsyat Fajar / Rian Setelah Juarai All England: Hattrick Indonesia dan Samai Rekor Legendaris

Bola.com, Birmingham - Indonesia berjaya di All England 2024. Tim Merah Putih berhasil membawa pulang dua gelar sekaligus dari turnamen bulutangkis tertua di dunia tersebut. 

Indonesia menyabet gelar pertama melalui Jonatan Christie. Tunggal putra andalan Indonesia itu merengkuh gelar setelah mengalahkan rekan senegaranya, Anthony Sinisuka Ginting. 

Gelar kedua datang dari ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Mereka berhasil mengalahkan ganda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada final All England 2024. Hasil tersebut membuat Fajar/Rian back to back juara di All England.

Dua gelar ini bagaikan oase di tengah gurun mengingat prestasi bulutangkis Indonesia belakangan ini babak belur. 

Ada beberapa catatan menakjubkan yang tertoreh setelah Fajar/Rian menjuarai All England 2024

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

1. Indonesia Hattrick Gelar Ganda Putra All England

Berkat kemenangan Fajar/Rian, Indonesia berhasil mencatatkan hattrick gelar All England. Semuanya dari sektor ganda putra. 

Pada All England 2022, Indonesia merebut titel All England melalui Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Sepak terjang mereka sangat istimewa karena langsung juara pada momen debut di All England. 

Bagas/Fikri memenangi duel All Indonesian Final di Utilita Arena, Birmingham, Minggu (20/3/2022) malam WIB 21-19 dan 21-13.

Sementara pada 2023, Fajar/Rian yang berhasil naik podium utama. Pada 2023, Fajar/Rian berhasil menjadi kampiun All England dengan mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan 21-17-21-14 di laga final.

Fajar/Rian mengulangi prestasi apik tahun lalu dengan kembali menyabet gelar All England pada 2024. 

 

 

3 dari 4 halaman

2. Samai Rekor Kevin / Marcus dan Ricky / Rexy

Fajar/Rian menjadi ganda putra ketiga dari Indonesia yang berhasil mempertahankan gelar di All England alias membukukan back to back. 

Ganda putra lainnya yang lebih dulu membukukan prestasi gemilang tersebut adalah Ricky Soebagdja/Rexy Mainaky pada 1995 dan 1996, kemudian Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo pada 2017 dan 2018. 

 

4 dari 4 halaman

3. Pecah Rekor Setelah Satu Dekade

Indonesia berhasil membawa dua gelar dari All England 2024, yaitu melalui Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. 

Ini kali pertama dalam satu dekade terakhir Indonesia berhasil merengkuh dua titel di All England. 

Terakhir kali Indonesia membukukan prestasi serupa adalah pada 2014. Saat itu, Indonesia membawa pulang gelar lewat Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra) and Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran). 

Sumber: PBSI, Badminton Talk

Video Populer

Foto Populer