Sukses


8 Jenis Makanan yang Dapat Mengatasi Rasa Kantuk

Bola.com, Jakarta - Ketika merasakan rasa kantuk yang datang tiba-tiba, sering kali kita cenderung mencari sarana cepat untuk menghilangkannya. Satu di antara cara yang sering diandalkan adalah dengan mengonsumsi suatu makanan.

Mengonsumsi makanan yang sehat tidak hanya membantu kita meraih energi, tetapi juga dapat membantu mengatasi kantuk yang datang. 

Jenis makanan yang mengandung protein tinggi dapat membantu mengatasi kantuk. Protein tinggi membantu meningkatkan kadar energi secara bertahap dan tahan lama dalam tubuh.

Beberapa contoh makanan yang kaya protein adalah daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu. 

Selain itu, makanan yang kaya akan serat berguna dalam mengatasi kantuk. Serat mengandung karbohidrat kompleks yang lambat dicerna oleh tubuh, sehingga memberikan energi secara bertahap.

Beberapa contoh makanan tinggi serat adalah biji-bijian, sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Masih ada makanan lainnya yang bisa membantu kamu dalam mengatasi rasa kantuk. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kamu bisa menyimak artikel ini.

Berikut delapan jenis makanan yang dapat mengatasi rasa kantuk, Selasa (26/3/2024).

2 dari 4 halaman

Jenis Makanan yang Dapat Mengatasi Rasa Kantuk

1. Almond

Almond mengandung magnesium dan vitamin B, yang membantu merangsang produksi serotonin, neurotransmitter yang bertanggung jawab dalam mengatur suasana hati dan tidur. 

Almond juga kaya akan asam amino triptofan yang dapat membantu membentuk hormon melatonin yang membantu mengatur siklus tidur.

Makan segenggam almond dapat memberikan energi dan membantu merasa lebih terjaga.

2. Pisang

Pisang mengandung karbohidrat kompleks yang memicu pelepasan insulin, yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi kelelahan.

Pisang juga mengandung vitamin B6 dan magnesium, yang membantu memproduksi hormon melatonin yang memengaruhi ritme siklus tidur.

Konsumsi pisang dapat memberikan energi dan membantu mengatasi rasa kantuk.

3. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat dan karbohidrat kompleks, yang memberikan energi secara bertahap dan menjaga kenyang lebih lama. Oatmeal juga mengandung vitamin B kompleks dan magnesium yang membantu mengatur produksi energi dan mengurangi kelelahan.

Konsumsi oatmeal sebagai sarapan dapat membantu menjaga tubuh tetap terjaga sepanjang hari.

3 dari 4 halaman

Jenis Makanan yang Dapat Mengatasi Rasa Kantuk

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung kafein yang dapat merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan kewaspadaan mental dan fisik.

Teh hijau juga mengandung L-theanine, asam amino yang dapat meningkatkan produksi dopamin dan serotonin, yang memengaruhi suasana hati dan energi. Minum teh hijau dapat membantu merasa segar dan terjaga.

5. Dark cokelat

Dark cokelat mengandung stimulan kafein dan teobromin, yang dapat merangsang sistem saraf dan meningkatkan energi. Dark cokelat juga mengandung flavonoid, yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kewaspadaan.

Mengonsumsi dark cokelat dalam jumlah yang wajar dapat membantu mengurangi kantuk dan meningkatkan kinerja mental.

6. Apel

Apel mengandung serat dan karbohidrat kompleks, yang memberikan energi secara bertahap dan menjaga kenyang lebih lama. Apel juga kaya akan vitamin C, yang dapat membantu menghilangkan rasa lelah.

Konsumsi apel dapat memberikan energi dan mengatasi rasa kantuk.

4 dari 4 halaman

Jenis Makanan yang Dapat Mengatasi Rasa Kantuk

7. Yoghurt

Yogurt mengandung protein, kalsium, dan vitamin B12, yang membantu memproduksi energi dan menjaga kesehatan sistem saraf. Yoghurt juga mengandung asam amino triptofan, yang membantu memproduksi hormon melatonin yang membantu mengatur siklus tidur.

Makan yoghurt sebagai camilan dapat memberikan energi dan membantu mengatasi kantuk.

8. Telur

Telur mengandung protein tinggi, yang membantu menjaga kenyang lebih lama dan meningkatkan energi. Telur juga mengandung vitamin B kompleks, yang membantu memproduksi energi.

Mengonsumsi telur sebagai sarapan atau camilan dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan.

 

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer