Sukses


7 Amalan saat Turun Hujan yang Bisa Dikerjakan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Amalan saat hujan sangat penting untuk dipahami oleh setiap muslim. Hujan merupakan satu di antara nikmat Allah yang turun dari langit untuk memberikan manfaat bagi semua makhluk-Nya di muka bumi.

Oleh karena itu, dalam Islam terdapat beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan saat hujan turun.

Satu di antara amalan yang dianjurkan saat hujan adalah membaca doa khusus saat air hujan pertama kali turun.

Doa ini merupakan ungkapan rasa syukur dan pengharapan kepada Allah atas nikmat hujan yang telah diberikan.

Dengan membaca doa ini, umat Islam diingatkan untuk senantiasa mengadu dan bergantung sepenuhnya kepada Allah dalam setiap keadaan.

Selain itu, saat hujan turun, seseorang juga dianjurkan untuk menggunakan kesempatan tersebut untuk berzikir dan memperbanyak amalan ibadah.

Dengan melakukan amalan-amalan tersebut saat hujan turun, umat Islam diharapkan bisa memperoleh pahala dan berkah yang Allah telah tetapkan Ada beberapa amalan yang bisa dikerjakan umat muslim saat hujan..

Berikut tujuh amalan saat turun hujan menurut agama Islam, Kamis (28/3/2024).

 

 

2 dari 3 halaman

Amalan saat Turun Hujan Menurut Agama Islam

1. Mengucapkan Istighfar

Saat hujan, umat muslim dianjurkan untuk banyak-banyak mengucapkan istighfar, yaitu memohon ampunan kepada Allah Swt.

Dalam situasi hujan, mengingatkan diri sendiri tentang dosa-dosa yang telah dilakukan dan memohon ampunan dapat membantu meningkatkan kesadaran akan dosa dan keistimewaan hujan sebagai nikmat dari Allah Swt.

2. Berlindung dalam Rumah

Allah Swt. menciptakan hujan sebagai rahmat-Nya, sehingga saat hujan, umat muslim dianjurkan untuk berlindung dalam rumah.

Dengan berlindung dalam rumah, kita dapat menikmati keindahan hujan dan selamat dari kemungkinan adanya bahaya atau penyakit yang dapat ditimbulkan saat hujan.

3. Membaca Doa

Membaca doa saat hujan juga merupakan amalan yang dianjurkan dalam Islam. Doa ini dimaksudkan untuk memohon kepada Allah Swt agar diberikan keberkahan dan manfaat dari hujan yang turun.

4. Menundukkan Kepala

Saat hujan, umat muslim juga dianjurkan untuk menundukkan kepala sebagai tanda rasa hormat dan menghargai kebesaran Allah Swt. yang menciptakan hujan sebagai satu di antara nikmat-Nya.

 

3 dari 3 halaman

Amalan saat Turun Hujan Menurut Agama Islam

5. Meningkatkan Rasa Syukur

Amalan saat hujan juga meliputi meningkatkan rasa syukur kepada Allah Swt. atas nikmat hujan yang diberikan-Nya.

Dalam Islam, diharamkan bagi umat muslim untuk mengeluh atau mengungkapkan ketakpuasan ketika hujan turun.

6. Mengambil Berkah Hujan

Ketika hujan turun dianjurkan untuk mengambil berkah hujan dengan membasahi tubuh kita dengan air hujan karena hujan adalah rahmat (Sebagian ulama ini dilakukan saat kali pertama hujan turun). Dalam sebuah hadis disebutkan:

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu berkata, “hujan turun membasahi kami (para Sahabat) dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wasallam, maka Rasululullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wasallam membuka bajunya, sehingga hujan mengguyur beliau, maka kami bertanya, ‘Wahai Rasulullah untuk apa engkau berbuat seperti ini?’

7. Meningkatkan Ibadah

Saat hujan turun, umat muslim juga dianjurkan untuk meningkatkan ibadah kepada Allah Swt. Hujan dapat menjadi momen yang baik untuk beribadah seperti membaca Al-Qur'an, berdoa, atau melakukan zikir.

Dalam situasi hujan, umat muslim dapat memanfaatkannya sebagai waktu yang baik untuk memperbaiki hubungan dengan Allah Swt.

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer