Sukses


Bacaan Doa Perjalanan Jauh yang Bisa Dibaca saat Mudik Lebaran

Bola.com, Jakarta - Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi tahunan yang selalu dinanti-nanti oleh para perantau di Indonesia, khususnya bagi umat muslim.

Di momen spesial ini, mereka berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga tercinta setelah merantau.

Mudik Lebaran bukan sekadar perjalanan pulang kampung, tetapi sarat makna dan tradisi. Bagi perantau, mudik Lebaran menjadi momen untuk melepas rindu, berbagi cerita, dan menjalin kembali silaturahmi dengan keluarga.

Di samping itu, mudik Lebaran tak hanya mempererat hubungan keluarga, tetapi juga menjadi simbol persatuan dan kebersamaan bangsa Indonesia.

Nah, sebelum kamu hendak mudik Lebaran untuk pulang ke kampung halaman, sebaiknya membaca doa. Hal ini dilakukan agar mendapat keselamatan dan perlindungan dari Allah Swt. dalam perjalanan mudik Lebaran.

Berikut bacaan doa perjalanan jauh yang bisa dibaca saat mudik Lebaran agar selamat sampai tujuan, Selasa (2/4/2024).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Perjalanan Jauh yang Bisa Dibaca saat Mudik Lebaran

Bacaan Doa yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim (1)

"Allahumma antas shaahibu fis safari wal khaliifata fil ahli, allahumma ashbahnaa bi nushhika waqbilnaa bi dzimmatin, allahumma azwilnal ardha wa hawwin 'alainas safara, allahumma inni a’uudzu bika min wa’tsaa-i wa ka-aabatil munqalabi."

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan pengurus keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lelahnya perjalanan sedihnya pemandangan dan kepulangan buruknya dalam harta dan keluarga."

Bacaan Doa yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim (2)

"Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku kepada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja."

Bacaan Doa yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim (3)

"Alhamdulillahil ladzi sakhkhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila rabbina lamunqalibun."

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami lah kami akan kembali."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Perjalanan Jauh yang Bisa Dibaca saat Mudik Lebaran

Bacaan Doa yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim (4)

"Subhaanalladzii sakhhorolana hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina wa innaa ilaa rabbina lamunqolibuuna. Allahumma innaa nasaluka fii safarina hadzal birro wattaqwaa waminal 'amali maa tardho. Allahumma hawwin 'alaina safarana hadzaa wathwi'anna bu'dahu. Allahumma antash shoohibu fissafari wal khalifatu filahli. Allahumma innii a'uudzubika min wa'tsaaissafari wakaabatilmandhori wasuuuilmunqolabi filmaali wal ahli."

Artinya: "Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya. Sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, takwa dan amal yang Engkau rida dalam perjalanan kami ini."

Bacaan Doa yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim (5)

"Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim."

Artinya: "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Mahapengampun lagi Mahapenyayang."

Bacaan Doa yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim (6)

"Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli."

Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

Bacaan Doa yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim (7)

"A'udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa khalaq."

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Perjalanan Jauh yang Bisa Dibaca saat Mudik Lebaran

Bacaan Doa yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim (8)

"Allaahumma rabbas samaawaatis sab’i wamaa adhlalna wal aradiinas sab’i wamaa aqlalna warabbasy syayaathiini wamaa adhlalna warabbar riyaahi wamaa dzaraina as-aluka khaira haadzihil qaryati wakhaira ahlihaa wakhaira maa fiihaa, wana’uudzu bika min syarri haa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa."

Artinya: "Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syetan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang diembuskannya, aku mohon kepadaMu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya." (HR. Hakim, Ibnu Hikam, Baihaqi)

Bacaan Doa yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim (9)

"A'udzu bikalimatillahi taammati min syarri maa khalaq."

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya." (HR. Muslim)

Bacaan Doa yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim (10)

"Allahummalthuf bi fi taisiri kulli 'asir fa inna taisira kulli 'asirin 'alaika yasir, wa as alukal yusra wal mu'afata fid dunya wal akhirati."

Artinya: "Ya Allah, lunakkanlah kepadaku dalam memudahkan setiap sesuatu yang sulit karena memudahkan setiap sesuatu yang sulit bagi-Mu sangat mudah, dan aku memohon kepada-Mu kemudahan dan kesehatan di dunia dan akhirat."

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer