Sukses


7 Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Bola.com, Jakarta - Rasa takut naik pesawat adalah hal yang umum dialami oleh banyak orang. Ketakutan ini mungkin disebabkan berbagai faktor seperti ketinggian, kecepatan, maupun baru pertama kali naik pesawat.

Namun, penting bagi kita untuk bisa mengatasi rasa takut ini agar kita bisa mengalami pengalaman terbang yang menyenangkan dan aman.

Untuk mengatasi rasa takut naik pesawat, pertama-tama kita perlu memahami dan mengenal lebih dalam tentang pesawat terbang.

Melakukan riset dan membaca tentang bagaimana pesawat terbang bekerja serta prosedur keselamatan yang ada juga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang terjadi saat kita berada di dalam pesawat.

Masih ada cara lainnya yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa takut naik pesawat. Bagaimana caranya?

Berikut tujuh cara mengatasi rasa takut naik pesawat yang bisa dilakukan, Kamis (4/4/2024).  

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

1. Edukasi Dirimu

Satu di antara cara terbaik untuk mengatasi rasa takut naik pesawat adalah dengan mempelajari lebih dalam tentang bagaimana pesawat terbang dan sistem keselamatan yang ada di dalamnya.

Mengetahui bahwa pesawat adalah sarana transportasi yang aman dan didukung oleh teknologi canggih dapat membantu menenangkan pikiranmu.

2. Kenali Faktor Penyebab Takut

Mengetahui akar masalah yang membuatmu takut naik pesawat, seperti ketakutan akan kecelakaan atau ketakutan terjebak di dalam pesawat, dapat membantumu mengatasi rasa takut tersebut dengan bantuan terapi atau teknik relaksasi.

3. Gunakan Teknik Relaksasi

Penerapan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam dan meditasi dapat mengurangi kecemasan saat naik pesawat.

Melakukan latihan pernapasan atau meditasi sebelum dan selama penerbangan dapat membantu menenangkan pikiranmu dan meredakan stres yang muncul.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

4. Dampingan

Memiliki seseorang yang bisa mendampingimu saat naik pesawat dapat memberikan rasa dukungan dan keamanan.

Meminta teman atau anggota keluarga untuk ikut bersamamu bisa membantu meringankan kecemasan dan rasa takut yang mungkin muncul.

5. Arahkan Pikiranmu

Melenyapkan pikiran negatif dan rasa takut dengan mengalihkan perhatianmu. Bawa buku, musik, atau mainan kecil yang dapat membantumu teralihkan dari pikiran-pikiran yang membuatmu cemas.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

6. Gunakan Alat Bantu

Menggunakan alat bantu seperti earphone atau kacamata tidur untuk membantu meredakan ketegangan dan memastikan bahwa kamu nyaman selama penerbangan.

7. Jalani Terapi

Jika rasa takutmu terhadap naik pesawat sangat parah, sebaiknya kamu mencari bantuan terapi profesional. Terapis yang berpengalaman dapat membantu memberikan strategi dan teknik pembantu yang lebih mendalam untuk mengatasi rasa takutmu.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer