Sukses


Lifter Rizky Juniansyah Tak Menyangka Lolos ke Olimpiade 2024 dan Pecah Rekor, Girang Bukan Kepalang

Bola.com, Jakarta - Lifter Rizky Juniansyah menjadi atlet kesembilan yang memastikan lolos ke Olimpiade 2024 Paris setelah tampil di IWF World Cup di Phuket, Thailand, Kamis (4/4/2024). Ia mengaku tak menyangka bisa mengamankan tiket ke Paris. 

Turun di kelas 73kg, Rizky berhasil meraih angkatan snatch 164kg dan 201kg untuk clean and jerk dengan total angkatan 365kg. Catatan itu sekaligus memastikan Rizky sebagai wakil Indonesia di kelas 73kg putra saat tampil di Paris 2024.

Rizky mengaku tidak menyangka bisa lolos ke Olimpiade 2024 Paris mewakili Indonesia karena sempat vakum latihan selama 5 bulan pasca-operasi.

“Alhamdulillah tidak menyangka bisa sesenang ini. Semua karena kuasa Allah. Perjuangan di latihan dan setelah operasi usus buntu tidak latihan 5 bulan bisa fight di sini, pecah rekor,” ujar Rizky, melalui rilis dari NOC Indonesia yang diterima Bola.com

“Saya tadi mau lepas saja tadi, fokus tujuannya apa. Saya angkat juga dibawa happy saja, apalagi ini kan kualifikasi terakhir jadi habis-habisan,” imbuh Rizky.

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jangan Terlena

Rizky sukses merebut dua medali emas dan satu perak kelas 73 kg pada Piala Dunia Angkat Besi atau IWF World Cup 2024 yang berlangsung di Phuket, Thailand.

Dengan hasil ini, Rizky meraih tiket ke Olimpiade 2024 Paris dengan menyingkirkan lifter peraih perunggu Olimpiade 2020 Tokyo, Rahmat Erwin Abdullah. Rahmat Erwin harus puas dengan meraih 1 perak dan 2 perunggu pada event seleksi menuju pesta olahraga akbar empat tahunan dunia tersebut.

“Persaingan yang sangat ketat dan luar biasa ditunjukkan kedua lifter terbaik Indonesia di kompetisi level dunia. Tentu kita sangat bangga. Siapa pun yang lolos tentu sama-sama mewakili Indonesia dan punya tugas untuk menjaga Merah Putih di Paris 2024 nanti,” kata Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), melalui rilis yang diterima Bola.com, Jumat (5/4/2024). 

“Selamat untuk Rizky sudah bisa menunjukkan kelasnya, jangan terlena dan peak performancenya dijaga sampai di Paris nanti. Untuk Erwin, ini adalah olahraga, semua hal bisa terjadi. Tetap semangat, perjuangan belum berakhir di sini, Los Angeles 2028 sudah terlihat begitu dekat,” imbuhnya

 

 

3 dari 3 halaman

Strategi Berjalan Baik

Sementara itu, Pelatih Timnas Angkat Besi Dirja Wihardja, menjelaskan Rizky mampu mengalahkan Rahmat Erwin baik dari snatch, clean and jerk, maupun total angkatan.

Selain itu, hasil di Phuket juga membuat Rizky berhasil membuat catatan rekor dunia baru untuk angkatan total yang sebelumnnya diraih Rahmat Erwin lewat 363kg di Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Tashkent, Uzbekistan.

“Aturan Olimpiade itu satu kelas hanya boleh diisi oleh satu atlet dari satu negara yang diambil dari yang terbaik di total angkatannya dan itu Rizky,” ungkap Dirja.

“Di olahraga ada menang dan kalah, siapa yang terbaik dia yang dapat tiket. Rizky memang punya target kalau mau lolos harus bisa mengalahkan Rahmat, strategi sudah berjalan sejak latihan,” lanjutnya.

Total, sudah sembilan atlet dipastikan lolos ke Paris 2024. Mereka adalah dua atlet dari panahan, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmad Adi Mulyono dari sports climbing, Rifda Irfanaluthfi (Artistic Gymnastics), Fathur Gustafian (Menembak), Rio Waida (Surfing), Eko Yuli Irawan dan Rizky Juniansyah dari angkat besi.

 

 

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer