Sukses


7 Penyebab Gelisah tanpa Sebab yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Gelisah adalah kondisi perasaan cemas, khawatir, dan tidak nyaman yang dapat dirasakan tanpa alasan yang jelas.

Meski semua orang memiliki rasa gelisah dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa individu yang mengalami gelisah tanpa sebab.

Penyebab gelisah tanpa sebab sering kali sulit diidentifikasi, tetapi beberapa faktor dapat memengaruhinya.

Satu di antara penyebab gelisah tanpa sebab adalah gangguan kecemasan umum. Gangguan kecemasan umum adalah kondisi di mana seseorang cemas secara berlebihan dan tidak rasional terhadap berbagai situasi atau hal-hal sehari-hari.

Pada individu dengan gangguan kecemasan umum, gelisah dapat terjadi tanpa adanya pemicu yang jelas.

Selain itu, faktor genetik dapat berperan dalam menyebabkan gelisah tanpa sebab. Pada sebagian individu, keluarga dengan riwayat gangguan kecemasan atau depresi memiliki risiko lebih tinggi mengalami gelisah tanpa sebab.

 Berikut tujuh penyebab gelisah tanpa sebab yang perlu diketahui, Jumat (19/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Gelisah tanpa Sebab

1. Gangguan keseimbangan kimia otak

Ketidakseimbangan kimia otak dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan tingkat kecemasan yang tidak terkendali.

Ini bisa terjadi akibat perubahan hormon, gangguan kesehatan mental, dan efek samping dari obat-obatan tertentu.

2. Stres dan tekanan emosional

Beban stres berlebihan atau tekanan emosional yang kronis dapat menyebabkan gelisah tanpa sebab. Rasa cemas yang berkepanjangan dapat mengacu pada perasaan yang muncul secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas.

3. Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan seperti gangguan panik, gangguan kecemasan generalisasi, atau fobia dapat menyebabkan gelisah tanpa sebab.

Kondisi ini diasosiasikan dengan perasaan yang berlebihan terkait kekhawatiran, ketakutan, dan ketegangan yang terus-menerus.

3 dari 4 halaman

Penyebab Gelisah tanpa Sebab

4. Trauma atau pengalaman traumatis

Pengalaman traumatis seperti kehilangan orang terkasih, kecelakaan, atau kekerasan dapat memicu kecemasan berlebihan dan gelisah tanpa sebab, yang mengganggu pikiran dan emosi.

5. Perubahan hormon pada wanita

Wanita yang mengalami perubahan hormon akibat menstruasi, kehamilan, atau menopause bisa mengalami gelisah tanpa sebab.

Fluktuasi hormon dapat memengaruhi suasana hati dan tingkat kecemasan seseorang.

4 dari 4 halaman

Penyebab Gelisah tanpa Sebab

6. Gangguan tidur atau gangguan pola tidur

Kekurangan tidur atau tidur yang tidak nyenyak juga dapat menyebabkan gelisah tanpa sebab. Gangguan tidur yang kronis bisa memengaruhi keseimbangan kimia otak dan dapat meningkatkan risiko terjadinya kecemasan.

7. Riwayat keluarga

Faktor genetik dapat berperan dalam penyebab gelisah tanpa sebab. Jika ada anggota keluarga yang menderita gangguan kecemasan atau gangguan suasana hati, risiko seseorang mengalami gelisah tanpa sebab bisa menjadi lebih tinggi.

 

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer