Sukses


Bacaan Doa agar Selalu Sabar dan Diberi Ketenangan Hati

Bola.com, Jakarta - Selalu sabar dan memiliki ketenangan hati adalah hal penting dalam menghadapi berbagai tantangan dan cobaan hidup.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang penuh kekhawatiran, stres, dan tekanan, kita sering merasa lelah dan hilang kesabaran.

Itulah mengapa, dengan membaca doa agar selalu sabar dan diberi ketenangan hati, umat muslim dapat mendapatkan kekuatan dalam menghadapi segala sesuatu.

Membaca doa menjadi satu di antara cara untuk menyampaikan harapan dan permohonan kepada Tuhan.

Melalui doa ini, kita bisa memohon kepada-Nya agar diberikan kesabaran dan ketenangan hati dalam menghadapi masalah.

Kita bisa menyampaikan keluh kesah, kekhawatiran, dan kelelahan kita kepada-Nya, sekaligus meminta pertolongan dan petunjuk-Nya dalam menghadapinya.

Berikut bacaan doa agar selalu sabar dan diberi ketenangan hati, Selasa (23/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Selalu Sabar dan Diberi Ketenangan Hati

Doa Ketenangan Hati 

Banyak cara untuk mendapatkan ketenangan hati. Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk menghalau kecemasan.

Satu di antaranya adalah dengan membaca doa diberikan ketenangan hati. Doa ini bisa membantu menenangkan hati umat muslim di saat gundah.

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni wal ‘ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya:

"Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta dukacita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."

Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati

Doa diberi kesabaran dan ketenangan hati selanjutnya dikutip dari surah Thaha ayat 25-28. Doa agar hati tenang yang satu ini pernah diamalkan oleh Nabi Musa a.s. ketika beliau menghadapi Raja Fir'aun. Berikut bacaan doanya:

Rabbish rahli sadri, wayassirli amri, wahlul 'uqdatam millisani, yafqahu qauli.

Artinya:

"Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka paham ucapanku.

Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati 

Masih banyak bacaan doa agar diberi kesabaran dan ketenangan hati. Berikut doa yang diambil dari surah Al-Baqarah ayat 250. Doa ini pernah diamalkan oleh tentara Talut ketika melawan tentara Jalut.

Rabbanaa afrigh 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Selalu Sabar dan Diberi Ketenangan Hati

Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati saat Sakit 

Banyak doa diberi kesabaran dan ketenangan hati yang dapat umat muslim panjatkan. Satu di antaranya adalah doa diberi kesabaran dan ketenangan hati ketika sedang sakit.

Doa ini dikutip dari Al-Qur'an surah Al-Anbiya ayat 83, yang merupakan doa yang dibaca Nabi Ayub a.s. saat sedang menerima ujian penyakit kulit yang parah.

Inni massaniya adh-dhurrh wa antra arhamur-rahimin

Artinya:

"(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang."(QS. al-Anbiya: 83)

Kamu juga bisa mengamalkan bacaan doa diberi kesabaran dan ketenangan hati yang dipanjatkan Nabi Daud a.s. di

Surah Al-Baqarah ayat 250

Doa diberi kesabaran dan ketenangan hati berikut dikutip dari Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 250.

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Artinya:

"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer