Sukses


Doa agar Memiliki Akhlak yang Baik, Jadikan Muslim yang Taat

Bola.com, Jakarta - Doa merupakan satu di antara ibadah yang penting dalam Islam. Banyak doa yang diajarkan bagi umat muslim agar memiliki akhlak yang baik.

Bacaan doa tersebut memiliki kekuatan untuk membentuk kepribadian dan sikap hidup yang positif. Dalam Islam, akhlak yang baik sangat ditekankan karena dapat menjadi faktor penentu kesuksesan hidup seseorang di dunia maupun di akhirat.

Bacaan doa agar memiliki akhlak yang baik memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca doa ini secara rutin, dapat membantu seseorang lebih peka terhadap sikap dan perilaku yang baik serta menghindari perbuatan yang buruk.

Akhlak yang kurang baik pun harus senantiasa selalu diperbaiki agar memiliki kehidupan yang baik di dunia dan akhirat.

Berikut doa agar memiliki akhlak yang baik, bisa jadikan muslim yang taat, Rabu (24/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Doa agar Memiliki Akhlak yang Baik

Hadis Doa Memohon Diperbaiki Akhlak 

Dalam Kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Ghazali, sebagaimana hadis riwayat Imam Muslim, doa memohon diperbaiki akhlak ini juga dibaca Rasulullah saw. dalam pembukaan ibadah salatnya.

وكان من دعائه صلى الله عليه و سلم في افتتاح الصلاة اَللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ

Artinya:

"Salah satu doa Rasulullah saw. di awal pembukaan salat adalah berbunyi, 'Allahummahdini li ahsanil akhlaq. La yahdi li ahsaniha illa anta. Washrif ‘anni sayyi-aha. La yashrifu ‘anni sayyi-aha illa anta'." (HR Muslim)

Bacaan doa memohon diperbaiki akhlak ini berisi permohonan agar Allah Swt. senantiasa membimbing kita untuk berakhlak mulia, termasuk kondisi ditimpa musibah. Sebab, biasanya akhlak kita akan diuji ketika ditimpa musibah.

Doa ini juga sebagai usaha untuk memperbaiki diri sendiri agar bisa keluar dari akhlak tercela.

3 dari 3 halaman

Doa agar Memiliki Akhlak yang Baik

Doa Memohon Diperbaiki Akhlak 

Umat muslim dapat berusaha memperbaiki akhlak diri sendiri dengan memanjatkan doa yang diajarkan Rasulullah saw.

Berikut bunyi doa memohon diperbaiki akhlak:

"Allahummahdini li ahsanil akhlaq. La yahdi li ahsaniha illa anta. Washrif ‘anni sayyi-aha. La yashrifu ‘anni sayyi-aha illa anta."

Artinya:

"Ya Allah, bimbinglah diriku pada akhlak paling terpuji karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlak yang buruk karena sungguh tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau."

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer