Sukses


Kumpulan Doa Orang Tua untuk Anak yang Bisa Dipanjatkan Setiap Hari

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa untuk anak penting untuk diketahui setiap orang tua. Doa merupakan ungkapan paling tulus dari hati orang tua untuk anak-anaknya.

Doa menjadi sumber kekuatan orang tua di tengah kegelisahan dan kekhawatiran akan masa depan anak-anaknya.

Doa-doa ini mencerminkan harapan orang tua untuk keselamatan, kesehatan, kebaikan dan kebahagiaan anak-anak mereka.

Setiap kata dalam doa menjadi ungkapan dari rasa cinta yang mendalam, serta keinginan untuk melihat anak-anak tumbuh menjadi individu yang baik dan bermanfaat bagi dunia.

Dalam doa yang dipanjatkan orang tua, terdapat juga harapan akan kesuksesan dan perlindungan terhadap anak-anak dalam segala hal yang mereka lakukan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi kumpulan doa yang dipanjatkan oleh orang tua untuk anak-anak mereka. Para orang tua bisa mengamalkan doa-doa tersebut setiap hari.

Berikut kumpulan doa orang tua untuk anak yang bisa dipanjatkan secara rutin, disadur dari Dream, Selasa (30/4/2024).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Doa Orang Tua untuk Anak

1. Doa Kebaikan untuk Anak agar Diberi Keimanan dan Ketakwaan

Doa kebaikan untuk anak yang pertama dipanjatkan agar anak senantiasa beriman dan bertakwa kepada Allah Swt.

Berikut doa kebaikan untuk anak yang perlu dipanjatkan agar anak menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa. Doa ini dikutip dari surah Al-Furqan ayat 74:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَاما

Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama.

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqon: 74)

2. Doa Kebaikan untuk Anak agar Saleh dan Salihah

Setiap orang tua pasti menginginkan diberi keturunan yang baik, saleh, salihah dan bermanfaat untuk sesama makhluk. Agar anak menjadi pribadi yang salih atau salihah, para orang tua wajib mengamalkan doa kebaikan untuk anak berikut ini:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Allahummaj‘al awladana awladan sholihiin haafidzhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang saleh salihah, orang-orang yang hafal Al-Quran dan sunah, orang-orang yang paham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.”

 

3 dari 6 halaman

Doa Orang Tua untuk Anak

3. Doa Kebaikan untuk Anak (Doa Nabi Zakaria a.s.)

Doa kebaikan untuk anak yang satu ini dikenal dengan sebutan doa Nabi Zakaria. Sebab doa ini pernah dipanjatkan oleh Nabi Zakaria yang meminta keturunan kepada Allah Swt.

Padahal saat itu usia Nabi Zakaria sudah tua. Allah Swt. mengabulkan doanya dan akhirnya Nabi Zakaria diakruniai seorang putra yang saleh bernama Yahya yang juga menjadi seorang utusan Allah Swt.

Berikut doa kebaikan untuk anak agar menjadi saleh:

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Rabbi habli milladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka sami’ud du’a.

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imran: 38)

4. Doa Kebaikan untuk Anak (Doa Nabi Ibrahim AS)

Kisah para nabi sangat bagus dijadikan teladan oleh umat Islam, terutama doa-doa kebaikan yang mereka panjatkan. Satu di antaranya adalah doa kebaikan untuk anak yang dibaca Nabi Ibrahim a.s.

Nabi Ibrahim selalu berdoa kepada Allah Swt. untuk kebaikan anaknya. Nabi Ibrahim a.s. dianugerahi dua putra yang saleh bernama Nabi Ismail a.s. dan Nabi Ishaq a.s. Doa kebaikan untuk anak saleh yang satu ini tercatat dalam surah Ibrahim ayat 40:

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

Robbij’alni muqiimash-sholati wa min dzurriyyati rabbana wa taqobbal du’a’.

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

 

4 dari 6 halaman

Doa Orang Tua untuk Anak

5. Doa Kebaikan untuk Anak agar Berbakti kepada Orang Tua

Anak yang berbakti kepada kedua orang tua adalah suatu kebanggan yang tiada kira. Tentu saja kebaktian anak ini berangkat dari Pendidikan dasar dan doa-doa yang dipanjatkan oleh orang tua.

Satu di antaranya doa kebaikan untuk anak agar berbakti kepada orang tua berikut ini:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma bariklii fii awladii, walaa tadhurruhum, wa waffiqhum li tho’atika, war zuqnii birrahum.

Artinya: “Ya Allah berilah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan marabahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.”

6. Doa Kebaikan untuk Anak agar Mendapatkan Keberkahan

Anak yang saleh dan salehah tentu akan mendatangkan berkah bagi suatu keluarga. Para orang tua sebaiknya memanjatkan doa kebaikan untuk anak.

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizki) yang Engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.”

 

 

5 dari 6 halaman

Doa Orang Tua untuk Anak

7. Doa Kebaikan untuk Anak agar Memahami Agama dengan Benar

Berikut bacaan doa kebaikan untuk anak agar memahami agama dengan benar:

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma faqqihhu fiddiini wa ‘allimhut ta’wiila.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepahaman baginya dalam urusan agama dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat Al-Quran).” (HR. Bukhari).

8. Doa Kebaikan untuk Anak Agar Dilindungi Allah Swt.

Berikut doa kebaikan untuk anak agar senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah Swt. yang dapat kamu panjatkan:

أُعِيْذُهُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’iidzu hu bikalimaatillahit taammati min kulli syaithoniw wahaammatiw wamin kulli ‘ainil laammah.

Artinya: “Aku memohon perlindungan baginya (menyebutkan nama anak) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.” (HR. Abu Daud 3371 dan dishahihkan al-Albani, diriwayatkan pula oleh Bukhari dan Tirmidzi).

 

6 dari 6 halaman

Doa Orang Tua untuk Anak

9. Doa Kebaikan untuk Anak agar Sehat dan Cerdas

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya sehat, cerdas dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Agar anak tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan pandai mengamalkan ilmunya, bacalah doa kebaikan untuk anak berikut ini:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal.”

10. Doa Kebaikan untuk Anak agar Dapat Meneruskan Agama Islam

Syekh Wahbah Az-Zuhaili dalam kitab At-Tafsir Al-Munir menjelaskan bahwa doa berikut mengajarkan kepada kita agar berdoa untuk kebaikan diri kita dan keturunan kita untuk dapat meneruskan agama Islam, agama yang tunduk dan pasrah kepada Allah Swt.

Sungguh Allah Swt. mengabulkan doa Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. tersebut dengan diutusnya Nabi Muhammad saw. Berikut bacaan doa kebaikan untuk anak yang dipanjatkan Nabi Ibrahim dan Ismail setelah membangun fondasi Kabah.

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Rabbanaa waj’alnaa muslimaini laka wa min dzurriyyatinaa ummatam muslimatal laka wa arinaa manaasikanaa wa tub’alainaa innaka antat tawwaaburrahiim.

Artinya: "Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Published: 23/3/2023).

Baca artikel seputar doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer