Sukses


Bacaan Doa untuk Menguatkan Iman dan Menjauhkan dari Godaan

Bola.com, Jakarta - Doa merupakan satu di antara ibadah utama dalam agama Islam. Dalam bahasa Arab, doa memiliki arti sebagai permohonan atau pengharapan kepada Allah Swt.

Doa juga merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Dalam Islam, doa memiliki peran penting dalam memperkuat iman serta menjauhkan umat muslim dari godaan yang ada di sekitar mereka.

Peran doa dalam memperkuat iman tidak dapat dianggap remeh. Dalam berbagai ayat Al-Qur'an, Allah Swt. banyak memerintahkan umat muslim untuk berdoa kepada-Nya.

Dalam surah Al-Baqarah ayat 45, Allah berfirman, "Mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk".

Dalam ayat ini, Allah menjelaskan bahwa dengan berdoa, seseorang akan mampu menghadapi segala cobaan dan tantangan yang ada dalam hidupnya.

Selain itu, doa berperan dalam menjauhkan umat muslim dari godaan dan kesesatan. Dalam surah Al-Mu'minun ayat 118, Allah berfirman, "Hendaklah kamu bersabar. Sesungguhnya janji Allah itu adalah benar. Janganlah kehinaan orang-orang yang tidak meyakini (janji)-Nya itu memalingkan kamu dari Allah".

Dalam ayat ini, Allah mengingatkan umat muslim untuk menjaga iman dan selalu mengingat janji-Nya agar tidak terjebak dalam godaan dan kesesatan yang ada di sekitar mereka.

Secara keseluruhan, doa merupakan sarana penting dalam kehidupan seorang muslim. Melalui doa, iman seseorang akan semakin diperkuat dan segala godaan dapat dijauhkan. Maka itu, penting bagi umat muslim untuk senantiasa berdoa kepada Allah Swt. dalam setiap langkah hidupnya.

Berikut bacaan doa untuk menguatkan iman dan menjauhkan dari godaan, Senin (6/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa untuk Menguatkan Iman dan Menjauhkan dari Godaan

Sebagai seorang muslim, banyak godaan untuk terjerumus ke jurang kesesatan. Agar selalu dilindungi dan terhindar dari kesesatan, kamu bisa memanjatkan doa ketetapan iman berikut ini, yang dikutip dari Al-Qu'an surah Al Imran ayat 8:

Rabbana laa tuzigh quluuubanaa ba’da idz hadaitanaa wahablanaa min ladun karahmah innaka antal wahhab.

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Pemberi."

Agar kamu makin teguh dalam memeluk agama Islam, kamu bisa membaca doa ketetapan iman dalam agama, berdasarkan hadis riwayat Imam Ahmad berikut ini:

Allahumma yaa muqallibal qulub tsabbits qalbi ‘ala diinika.

Artinya: "Ya Allah, Zat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku atas agama-Mu."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa untuk Menguatkan Iman dan Menjauhkan dari Godaan

Pendirian seseorang terhadap agama bisa berubah seiring waktu. Godaan setan akan menyelimuti setiap anak Adam. Inilah mengapa penting bagi kamu untuk selalu berdoa dan memohon kepada-Nya agar diberikan pendirian yang teguh terhadap agama yang dianut.

Doa ini juga dikutip dari Al-Qu'an surah Al Imran ayat 147.

Berikut bacaan doa ketetapan iman yang bisa kamu panjatkan setiap selesai salat fardu:

Rabbanagh fir lanaa dzunuu banaa wa israfanaa fii amrinaa watsabbit aqdaa manaa wansurnaaa ‘alal qaumil kaafiriin.

Artinya: " Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang kafir."

 

Selanjutnya, terdapat bacaan doa ketetapan iman dari hadis yang diriwayatkan Imam Muslim no. 2654:

Allahumma yaa musarafal quluubi sarafna quluubana ‘alaa tha‘atika.

Artinya: " Ya Allah, Zat yang mencondongkan hati, condongkanlah hati-hati kami untuk taat kepada-Mu."

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer