Sukses


Bacaan Doa sebelum Menjalani Hari agar Penuh Semangat

Bola.com, Jakarta - Doa merupakan satu di antara praktik spiritual yang dilakukan umat beragama untuk mendapatkan keberkahan dan petunjuk di setiap langkah hidup mereka.

Bacaan doa sebelum menjalani hari merupakan cara untuk memulai hari dengan penuh semangat dan meningkatkan kualitas kehidupan sehari-hari. 

Doa adalah sarana untuk berkomunikasi langsung dengan Tuhan dan memohon petunjuk-Nya dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Dengan membaca doa sebelum memulai hari, kita mengungkapkan rasa syukur atas hidup yang diberikan dan memohon kekuatan serta semangat untuk bisa menghadapi segala tantangan yang akan dihadapi.

Bacaan doa ini juga menjadi momentum untuk merefleksikan tujuan hidup kita serta memfokuskan pikiran dan hati agar terjaga kesemangatannya sepanjang hari.

Berikut bacaan doa sebelum menjalani hari agar penuh semangat, Jumat (10/5/2024).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa sebelum Menjalani Hari agar Penuh Semangat

Agar semangat dalam menjalani hari, tidak ada salahnya sebelum menjalankan aktivitas kita berdoa dan memohon kepada Allah Swt. Jadi, apa pun yang akan kita lakukan selalu diberi rahmat dan keberkahan dari-Nya.

Berikut doa yang bisa dilafalkan untuk menambah semangat di pagi hari:

Allahumma bika ushawilu, wa bika uhawilu, wa bika uqatilu.

Artinya,

"Ya Allah, dengan-Mu aku menerjang, dengan-Mu aku berupaya, dengan-Mu aku berjuang."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa sebelum Menjalani Hari agar Penuh Semangat

Sebenarnya tidak ada doa khusus yang diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam setelah selesai salat Duha. Itulah mengapa dalam kitab-kitab fikih, para ulama sama sekali tidak mencantumkan doa selesai salat Duha.

Namun, ada satu doa selesai salat Duha yang populer dipanjatkan umat muslim di seluruh dunia. Seperti dijelaskan sebelumnya, doa ini bukanlah berasal dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. 

Doa selesai salat Duha ini dicantumkan oleh Asy-Syarwani dalam Syarh Al Minhaj dan disebutkan pula oleh Ad-Dimyathi dalam I’anatuth Thalibiin.

"Allahumma innad dhuha-a dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal 'ismata 'ismatuka.

Allahumma in kana rizqi fis sama-i fa-anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu’assaron fa yassirhu, wa in kana haroman fathohhirhu, wa in kana ba’idan faqorribhu, bihaqqi dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma atayta 'ibadakas sholihin".

 Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya waktu Duha adalah waktu Duha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran duha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh."

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer