Sukses


7 Hadis Melaksanakan Salat Tepat Waktu yang Penting Diresapi

Bola.com, Jakarta - Salat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim. Satu di antara aspek penting dalam menjalankan salat adalah melaksanakannya tepat waktu.

Menunaikan salat tepat waktu merupakan hal yang sangat ditekankan dalam agama Islam.

Menunaikan salat tepat waktu memiliki keutamaan yang besar. Satu di antaranya adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Melaksanakan salat tepat waktu juga merupakan bukti bahwa seseorang memiliki kedisiplinan dalam menjalankan ibadah.

Hal ini akan membentuk karakter yang taat dan patuh terhadap perintah Allah Swt. Oleh karena itu, penting bagi setiap muslim untuk menjaga dan melaksanakan salat tepat waktu sebagai bentuk pengabdian yang tulus kepada-Nya.

Berikut tujuh hadis melaksanakan salat tepat waktu yang penting diresapi umat muslim, Rabu (29/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis Melaksanakan Salat Tepat Waktu

Hadis Melaksanakan Salat Tepat Waktu (1)

"Allah Ta'ala berfirman, 'sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu salat lima waktu, dan Aku berjanji siapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan siapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapat apa yang Aku janjikan'." (HR. Bukhari)

Hadis Melaksanakan Salat Tepat Waktu (2)

"Siapa saja yang menjaga salat maka dia akan mendapatkan cahaya, petunjuk, dan keselamatan pada hari kiamat. Sedangkan yang tidak menjaga salat tidak akan mendapatkan cahaya, petunjuk, dan keselamatan. Dan pada hari kiamat nanti, dia akan dikumpulkan bersama dengan Qarun, Firaun, Haman, dan Ubay bin Khalaf." (HR. Ahmad)

3 dari 4 halaman

Hadis Melaksanakan Salat Tepat Waktu

Hadis Melaksanakan Salat Tepat Waktu (3)

"…Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan salat (saf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan salat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala salat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meski dengan jalan merangkak." (HR. Bukhari)

Hadis Melaksanakan Salat Tepat Waktu (4)

"Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan salat dengan ikhlas karena Allah maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya." (HR. Ahmad)

4 dari 4 halaman

Hadis Melaksanakan Salat Tepat Waktu

Hadis Melaksanakan Salat Tepat Waktu (5)

"Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu salat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barang siapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke surga, dan barang siapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan." (HR. Abu Daud)

Hadis Melaksanakan Salat Tepat Waktu (6)

"Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah salat pada waktunya, berbakti kepada orang tua dan jihad di jalan Allah." (HR. Bukhari)

Hadis Melaksanakan Salat Tepat Waktu (7)

"Jika seandainya ada aliran sungai mengetuk pintu kalian untuk mencuci rumah kalian lima kali dalam sehari, apakah mungkin masih ada kotoran yang tersisa? Para sahabat menjawab, tidak mungkin ada kotoran yang tersisa. Lalu Nabi bersabda, Begitu juga halnya dengan salat lima waktu, Allah akan menghapus dosa kalian dengan salat-salat tersebut," (HR. Al-Bukhari, Muslim, Tirmidzi, An-Nasa'i)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer