Sukses


Cara Mudah Merebus Telur yang Bisa Dicoba di Rumah

Bola.com, Jakarta - Merebus telur adalah satu di antara teknik memasak yang sederhana, tetapi penting dalam kehidupan sehari-hari.

Telur merupakan sumber protein yang baik dan dapat dimasak dengan berbagai cara, termasuk direbus. Proses merebus telur relatif mudah dan cepat, tetapi ada beberapa tips dan trik yang dapat meningkatkan hasil akhirnya.

Dengan menguasai cara yang tepat, kamu dapat memastikan telur yang matang dengan baik, berkulit renyah, dan kuning telur yang tetap lembut.

Pada dasarnya, merebus telur melibatkan memasukkan telur ke air mendidih dan membiarkannya hingga matang sesuai tingkat kematangan yang diinginkan.

Namun, ada beberapa faktor seperti tingkat air rebusan dan waktu perebusan yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan telur sesuai selera. 

Nah, berikut ini enam cara mudah merebus telur yang bisa dicoba di rumah, Kamis (11/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mudah Merebus Telur

1. Memilih Telur yang Tepat

Pilih telur yang segar atau sedikit lebih tua, sekitar satu hingga dua minggu karena telur yang sedikit lebih tua biasanya lebih mudah dikupas setelah direbus.

Telur yang segar cenderung memiliki membran yang lebih ketat sehingga lebih sulit dikupas, sementara telur yang lebih tua memiliki kantong udara yang lebih besar yang memudahkan proses pengupasan.

2. Menyiapkan Panci dan Air

Gunakan panci yang cukup besar sehingga telur dapat terendam sepenuhnya dalam air tanpa saling bertumpuk. Isi panci dengan air dingin hingga menutupi telur sekitar satu inci.

Air dingin membantu memastikan bahwa telur mulai memasak dari suhu yang sama, menghasilkan masakan yang lebih merata.

3 dari 4 halaman

Cara Mudah Merebus Telur

3. Menambahkan Garam atau Cuka

Menambahkan sedikit garam atau cuka ke dalam air dapat membantu mencegah telur retak selama proses perebusan dan membuat cangkang lebih mudah dikupas. Garam atau cuka membantu memperkuat kulit telur sehingga lebih tahan terhadap retakan akibat perubahan suhu yang tiba-tiba.

4. Mendidihkan Air

Panaskan panci di atas kompor dengan api sedang-tinggi hingga air mendidih. Setelah air mendidih, kecilkan api sedikit agar air tetap mendidih tanpa terlalu kuat.

Perebusan yang terlalu kuat dapat menyebabkan telur bergoyang-goyang dan saling berbenturan, yang dapat menyebabkan retakan pada cangkang.

4 dari 4 halaman

Cara Mudah Merebus Telur

5. Mengatur Waktu Perebusan

Setelah air mendidih, rebus telur sesuai tingkat kematangan yang diinginkan. Untuk telur rebus lembut, masak selama 6-7 menit; untuk telur rebus medium, masak selama 8-9 menit; dan untuk telur rebus keras, masak selama 10-12 menit.

Waktu perebusan yang tepat memastikan telur matang sesuai keinginan tanpa terlalu matang atau kurang matang.

6. Pendinginan Cepat

Setelah telur mencapai kematangan yang diinginkan, segera pindahkan telur ke dalam mangkuk berisi air es atau air dingin untuk menghentikan proses memasak.

Pendinginan cepat ini juga membantu memisahkan membran dari cangkang sehingga memudahkan pengupasan telur. Biarkan telur dalam air dingin selama beberapa menit sebelum dikupas atau disimpan.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer