Sukses


    Futsal Putra Bisa Tidak Dipertandingkan di SEA Games 2017

    Bola.com, Jakarta - Dewan Olimpiade Malaysia (MOM) dikabarkan tidak akan memasukkan futsal putra ke daftar cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2017 di Malaysia.

    Sebagai tuan rumah, MOM memang berhak memutuskan cabor apa saja yang akan dipertandingkan di multievent olahraga terbesar di regional Asia Tenggara itu. Hanya, MOM membantah kabar itu.

    Sekjen MOM, Datuk Low Beng Choo, seperti dikutip di Berita Harian, Senin (28/12/2015), menjelaskan belum mengambil keputusan apapun terkait hal ini.

    Beng mengungkapkan saat ini MOM sedang mengevaluasi 39 cabang olahraga setelah mengadakan diskusi bersama semua asosiasi olahraga nasional (NSA) termasuk Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

    Keputusan terkait cabor apa saja yang akan dipertandingkan di SEA Games 2017 baru diumumkan pada 22-24 Februari 2016.

    "Dua tujuan utama jadi tuan rumah adalah jadi tuan rumah yang baik yang mampu menggelar SEA Games terbaik serta jadi juara umum. Tanggung jawab itu yang terberat. Kalaupun sepak bola mampu menyumbang medali emas, belum tentu Malaysia keluar sebagai juara umum. Jadi, semua hal harus dipertimbangkan dulu," jelas Beng.

    Persoalan ini muncul setelah MOM meminta FAM mengajukan cabor di bawah otoritasnya untuk dipertandingkan di SEA Games 2017.

    Seperti dilansir di Berita Harian, Senin (28/12/2015), FAM mengajukan sepak bola putra dan putri serta futsal putra dan putri. Sementara MOM mewajibkan sepak bola putra terdaftar sebagai cabor di SEA Games 2017 dan satu lagi melibatkan wanita, apakah sepak bola atau futsal putri.

    Alasan MOM itu dinilai mengecewakan bagi timnas putra Malaysia. Di sisi lain, MOM menegaskan harus mempertimbangkan cabor apa yang saja berpotensi mendatangkan medali emas demi mencapai target juara umum.

    Sebagai catatan, cabor futsal putra dan putri baru dipertandingkan di ajang SEA Games 2007. Pada 2009 dan 2015, Laos dan Singapura juga memilih tidak mempertandingkan cabor futsal kala SEA Games digelar di negara itu.

    Thailand hingga saat ini tercatat sebagai juara bertahan baik di futsal putra maupun putri di SEA Games edisi 2007, 2011, dan 2013. Sedangkan pencapaian terbaik Indonesia di futsal putra hanyalah di finis di peringkat ketiga atau meraih medali perunggu (SEA Games 2007, 2011, dan 2013) serta finis di urutan keempat untuk timnas futsal putri.

     

    Falcao belum kapok main di Chelsea. Baca berita kompletnya di sini

     

    Video Populer

    Foto Populer