Sukses


    Prediksi Indonesia Vs Thailand: Garuda Menantang Raksasa

    Bola.com, Shah Alam - Laga berat langsung dihadapi Timnas Indonesia U-22 pada pertandingan pertama Grup B sepak bola SEA Games 2017. Menghadapi Thailand di Stadion Shah Alam, Selangor, Selasa (15/8/2017), Timnas Indonesia U-22 bertekad menguasai jalannya laga.

    Thailand memang masih menjadi tim yang dominan dalam perolehan medali emas. Tercatat, sejak SEA Games 1977, Thailand telah mengemas 13 medali emas dari cabang sepak bola.

    Namun, Indonesia dan Thailand tim tercatat sama-sama memperlihatkan permainan menyerang saat pertama kali bertemu di Bangkok pada Kualifikasi Piala Asia U-23 pada akhir Juli 2017. Kedua tim punya semangat untuk berusaha meraih kemenangan di laga yang kemudian berakhir imbang tanpa gol itu.

    Pelatih Luis Milla menganggap pertandingan pertama ini sanga penting bagi Timnas Indonesia U-22. Selain akan menjadi salah satu faktor penentu mentalitas tim menghadapi empat laga selanjutnya, Luis Milla melihat ada kans untuk anak asuhnya meraih hasil yang lebih baik.

    Seperti diungkapkan oleh asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Bima Sakti, Tim Garuda Muda diminta untuk bisa bermain lebih cepat dan terus mengalirkan bola ke depan. Kontrol permainan pun menjadi tuntutan dasar Luis Milla kepada anak asuhnya di laga perdana.

    "Coach Luis meminta agar transisi permainan selalu dilakukan dengan cepat. Coach Luis menegaskan pertandingan ini adalah sebuah laga yang besar dan penting. Meski tak bisa mengontrol bagaimana hasilnya nanti, setidaknya pelatih ingin anak-anak mengontrol permainan dan bekerja keras memberikan yang terbaik di pertandingan ini," ujar Bima Sakti.

    Pemilihan pemain pun akan dilakukan dengan sangat hati-hati oleh Luis Milla agar hasil buruk seperti di laga pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 tidak terulang. Saat itu, Timnas Indonesia U-22 kalah telak 0-3 dari Malaysia.

    2 dari 3 halaman

    Keunggulan Indonesia

    Lini belakang kemungkinan besar akan dipercayakan kepada duet Hansamu Yama Pranata dan Ricky Fajrin di dua posisi pusat pertahanan. Sementara Rezaldi Hehanussa dan Gavin Kwan Adsit akan berada di pos luar pertahanan sembari membantu lini penyerangan saat naik ke depan.

    Evan Dimas Darmono akan menjadi poros di lini tengah, dibantu oleh Muhammad Hargianto dan Septian David Maulana. Sementara di lini serang, Marinus Mariyanto Wanewar tetap menjadi pilihan utama ketimbang Ezra Walian dengan dibantu oleh Febri Hariyadi dari sisi sayap. Sementara satu sisi sayap lain, Luis Milla masih menjajal antara Saddil Ramdani atau Osvaldo Haay.

    Febri Hariyadi yang kemungkinan besar akan diturunkan sejak awal pertandingan pun mengaku sudah memahami permainan Thailand. Menurut pemain asal Persib Bandung itu, Timnas Indonesia U-22 akan membutuhkan kerja ekstra keras untuk bisa mengejar kemenangan di laga pertama.

    "Kami tahu sekuat apa permainan tim lawan, yang jelas dalam pertandingan ini kami tidak menghadapi tim yang lemah. Mereka tim bagus yang memiliki kerja sama yang sangat baik. Kami harus terus menekan dan bekerja ekstra keras untuk bisa menang," ujar Febri.

    3 dari 3 halaman

    Thailand Makin Waspada

    Sementara itu, Thailand yang menyandang status juara bertahan tak mau tertekan pada laga perdana ini. Thailand tak mau meraih hasil imbang seperti pada babak Kualifikasi Piala Asia.

    "Tujuan utama kami adalah untuk mendapatkan poin dari pertandingan pembuka," kata pelatih Worrawoot Srimakka seperti dikuti dari The Nation.

    Thailand dan Indonesia sama-sama agresif, seperti yang mereka perlihatkan pada pertemuan di Bangkok pada 23 Juli. Pada laga kali ini, Worrawoot masih mengandalkan 100 persen pemain yang turun pada babak kualifikasi melawan Indonesia.

    "Saya tidak dapat menentukan kekuatan tim. Saya merasa tim saya bagus dalam semua aspek. Pada titik ini, setiap tim di Asean sama-sama berbahaya. Itu tergantung pada sisi mana yang bisa mengubah peluang lebih baik. Tim yang memanfaatkan peluang mereka dengan lebih baik dapat keluar dari tekanan," tegasnya.

    Prakiraan pemain:

    Timnas Indonesia (4-3-3)

    Kurniawan Kartika Ajie (kiper); Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanussa (belakang); Muhammad Hargianto, Septian David Maulana, Evan Dimas Darmono (tengah); Febri Hariyadi, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar (depan).

    Thailand U-22 (4-2-3-1)

    Nont Muangngam (kiper); Saringkan Promslipa, Shinnaphat Leeaoh, Rattanakorn Maikami, Suriya Singmui (belakang); Worachit Kanitsribumphen, Nopphon Phonkam, Chaiyawat Buran, Phitiwat Sookjitthammakul, Sasalak Haiprakhon (tengah); Chenrop Samphaodi (depan).

    Pelatih: Srimaka Worrawoot

    Video Populer

    Foto Populer