Sukses


Luis Enrique, Sukses Menjawab Keraguan di Awal Musim

Bola.com, Madrid - Luis Enrique menyabet gelar La Liga di musim pertamanya sebagai pelatih Barcelona. Kepastian itu diperoleh setelah anak asuhannya sukses membungkam Atletico Madrid di Vicente Calderon dengan skor 1-0, Minggu (17/5).

Enrique mempersembahkan gelar La Liga ke-23 buat Barcelona dan berpeluang meraih treble musim ini karena Lionel Messi dkk. masih akan bermain di final Copa del Rey dan Liga Champions.

Apa yang dialami Enrique musim ini mirip dengan prestasi yang dicatatkan Pep Guardiola kala menangani Blaugrana di musim perdana, 2008/2009. Ketika itu Guardiola sukses mengakhiri debut di kursi pelatih dengan raihan treble.

Bahkan, keduanya memulai musim dengan anggapan sama: diragukan kemampuannya. Namun, seperti diketahui, Guardiola sukses menorehkan tinta emas di Catalan dan Enrique sudah mempersembahkan titel La Liga.

Seusai mengunci gelar La Liga ke-23, Enrique mengakui debutnya di La Liga cukup berat. Ia mengambil alih tim pasca dilatih Gerardo Martino, yang gagal meraih satu trofi pun di musim sebelumnya. Selain itu, Neymar cs. juga disebutnya kerap memperlihatkan inkonsistensi permainan dalam beberapa bulan sejak kedatangannya.

"Saya berada di sini 10 bulan dan banyak perubahan yang terjadi di tim, baik di staf kepelatihan maupun di skuat, yang sama sekali tak paham soal transisi permainan," ungkap Enrique.

"Tak ada pelatih di mana pun di dunia yang tidak dikritik di musim pertamanya dan saya tahu itu, jadi saya tak bermaksud membuktikan apapun saat ini."

"Kami juga menyadari tidak banyak diberikan waktu, tapi kami melakukan yang terbaik. Sekarang kami masih punya dua gelar untuk dimenangi, tetapi kami sudah meraih satu gelar atas konsistensi yang kami perlihatkan," ujar Enrique dikutip di Daily Mail.

Di bawah komando pelatih berusia 45 itu, Barcelona mulai memperlihatkan transisi permainan. Perlahan meninggalkan umpan-umpan pendek ala Xavi dan menumbuhkan kontribusi Ivan Rakitic, yang lebih senang berlari cepat dengan melempar umpan panjang ke trio mematikan Barca.

Di sisi lain, ketika ditanya selebrasi seperti apa yang akan dilakukan pasca Barcelona memenangi gelar La Liga 2014/2015, Enrique dengan tenang menjawab: "Saya lebih suka selebrasi kalem dan biasa saja. Kami akan beristirahat beberapa hari dan mempersilakan pemain untuk rileks. Lalu kami akan mulai berpikir soal final Copa del Rey," jawabnya.

Selamat Luis Enrique!

Baca Juga :

Pemain Barca Ini Kesal Dibilang Lambat Oleh Enrique

Menang Tipis, Luis Enrique Tetap Sanjung Barcelona

Barca Juara, Ini Komentar Pique

 

Video Populer

Foto Populer