Sukses


Fakta Menarik Pelatih Anyar Real Madrid Rafa Benitez

Bola.com, Madrid - Rafael Benitez resmi menempati posisi pelatih Real Madrid untuk tiga tahun mendatang. Juru racik formasi asal Spanyol akan menempati posisi yang sebelumnya ditempati pelatih asal Italia Carlo Ancelotti.

Kembali ke Madrid sejatinya bukan hal baru bagi mantan pelatih Valencia, Liverpool, dan Napoli ini. Maklum, juru racik formasi berusia 55 tahun justru memulai karier kepelatihannya bersama Madrid walau meraih kesuksesan di klub lain.

Sepanjang kariernya, pria bernama lengkap Rafael Benitez Maudes sudah meraih hampir semua gelar bergengsi. Mulai dari Liga Champions (2004/05), Piala Dunia Antarklub (2010), Piala Super Eropa (2005), dua trofi Liga Europa (2003/04 dan 2012/13), dan dua trofi La Liga (2001/02, 2003/04).

Pelatih berusia 55 tahun itu diyakini bisa menghadapi tekanan di klub sebesar Madrid dengan pengalamannya melatih klub besar di Spanyol, Italia, dan juga Inggris. Berikut fakta menarik dari pria yang besar dari akademi Madrid ini :

Seorang Madridista
Selain memiliki karier yang terbilang gemilang, Benitez punya pengetahuan dan tahu nilai-nilai yang melekat di Madrid karena merupakan produk dari akademi Los Merengues.

Setelah menimba ilmu di akademi tim ibukota dari usia 13 hingga 20 tahun, Benitez kemudian menimba ilmu kepelatihan bersama akademi tim yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini.

Selama sembilan tahun, ia melatih tim usia muda Madrid dan sempat melatih tim Castilla (Madrid B). Pelatih berkacamata ini kemudian promosi ke tim utama sebagai asisten pelatih musim 1993/94 saat Los Merengues ditukangi Vicente Del Bosque.

Benitez meninggalkan Madrid tahun 1995 dan melanjutkan karier di Valladolid, Osasuna, dan Extremadura. Berhasil membawa Tenerife promosi ke La Liga, ia kemudian bergabung ke Valencia tahun 2001. Selama tiga tahun di El Che, ia memenangi dua gelar La Liga dan Piala UEFA (sekarang Europa League).

Raih Gelar Liga Champions

Benitez didapuk sebagai arsitek anyar Liverpool pada musim panas 2004. Di tahun pertamanya, ia berhasil memberikan gelar Liga Champions kepada The Reds.

Benitez menempati kursi pelatih Liverpool selama enam musim dan memberikan beberapa gelar lain kepada Liverpool seperti Piala Super Eropa (2005), Community Shield (2006), dan Piala FA (2006). Pada tahun 2004 dan 2005, Benitez terpilih sebagai UEFA Manager of the Year.

Petualangannya kemudian berlanjut di Inter Milan, dimana berhasil meraih gelar Piala Dunia Antarklub dan Piala Super Italia (2010).

Identik dengan Gelar di Musim Pertama

Setelah petualangan indah bersama Liverpool, Benitez memutuskan kembali ke Negeri Ratu Elizabeth untuk melatih Chelsea tahun 2012. Musim pertamanya di klub London Barat berakhir dengan meraih gelar Liga Europa (2013).

Prestasi apik berhasil mengantarkan sebuah klub meraih gelar di musim perdana diulangi Benitez bersama Napoli. Sama seperti Valencia, Liverpool, dan Chelsea, pelatih asal Spanyol berhasil membawa Napoli meraih trofi Piala Italia (2014).

Baca juga :

Pemain Ini Target Utama Benitez Jika Resmi Tukangi Real Madrid

"Jika Benitez ke Madrid, MU Bisa Pertahankan De Gea"

Zinedine Zidane Akan Asisteni Benitez di Real Madrid?

Video Populer

Foto Populer