Sukses


Alasan Cruyff Nilai Messi Lebih Hebat dibanding Ronaldo

Bola.com, Amsterdam - Legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff memberikan pendapat soal siapa lebih hebat antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Cruyff menilai Messi lebih hebat ketimbang Ronaldo karena mampu menggerakan sebuah tim.

Pertanyaan soal siapa lebih hebat antara Messi dan Ronaldo memang menjadi pertanyaan paling sulit untuk dijawab. Pasalnya, kedua pemain tersebut memiliki prestasi sama baiknya dari sisi klub maupun individu.

Ronaldo sukses mengantarkan Real Madrid meraih La Decima (gelar Liga Champions ke-10) pada musim 2013-2014. Sedangkan Messi pada musim lalu berhasil mengantarkan Barcelona merengkuh treble winners, yakni trofi La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions.

Di segi individu, Ronaldo dan Messi juga tampak sangat mendominasi raihan trofi pemain terbaik di dunia atau Ballon d'Or sejak 2008. Messi berhasil merengkuh empat trofi Ballon d'Or (2009, 2010, 2011,2012). Di sisi lain Ronaldo mengoleksi tiga trofi Ballon d'Or (2008, 2013, 2014).

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat menghadiri penyerahan trofi Ballon d'Or

Kendati memiliki prestasi terbilang seimbang, Cruyff ternyata punya pendapat pribadi soal siapa yang lebih jago antara Messi dan Ronaldo. "Saya selalu lebih menyukai yang bertubuh kecil karena lebih banyak memiliki bakat secara teknik, seperti saya salah satunya," kata Cruyff seperti dikutip Marca.

"Cristiano adalah pemain hebat tapi dia seorang pencetak gol. Dia tidak akan bisa menjadi pemain kreatif yang memiliki tugas membangun tim yang ada disekitarnya, yang bertanggung jawab bagaimana sebuah tim bermain. Tugasnya adalah mengakhiri suatu produk permainan dengan gol," ungkapnya.

"Di sisi lain, Messi lebih banyak sebagai seorang pemain tim. Dia mengumpan bola, mengakhiri produksi permainan dengan assist. Dalam opini saya, itu adalah perbedaan besar antara pemain hebat dengan pemain pencetak gol," jelas Cruyff yang melegenda dengan filosofi Total Football-nya.

Sumber: Marca

Baca juga:

"PSG Klub yang Sempurna Bagi Ronaldo dan Mourinho"

Cristiano Ronaldo Pacari Model 'Bau Kencur'?

Ronaldo Kirim "Kode" ke Rooney

Benitez: Ayo, Cetak Gol Terus Ronaldo

Video Populer

Foto Populer