Sukses


Menang Banding, Fans Barcelona Boleh Bawa Bendera Catalonia

Bola.com, Madrid - Pengadilan Administrasi Madrid menangguhkan larangan pembawaan bendera Catalonia ke dalam stadion Vicente Calderon. Dengan demikian, para pendukung Barcelona bisa membawa bendera Catalonia pada laga final Copa Del Rey kontra Sevilla, Sabtu (21/5/2016).

Delegasi Pemerintah Spanyol sebelumnya mengeluarkan larangan membawa dan mengibarkan bendera Catalonia, Estelada, pada laga final Copa Del Rey. Pasalnya, hal tersebut diartikan sebagai bentuk dukungan kemerdekaan terhadap Catalonia.

Barcelona langsung bergerak cepat mengajukan banding ke Pengadilam Administrasi Madrid agar menangguhkan larangan tersebut. Kubu Camp Nou berpendapat, pelarangan membawa dan mengibarkan bendera Estelada sama saja melanggar kebebasan berekspresi.

Usaha yang dilakukan Los Cules ternyata tak sia-sia. Pengadilan memenangkan banding Barcelona dengan alasan tak ada bukti kuat soal pembawaan dan pengibaran bendera Estelada dengan bentuk simbol separatis untuk memecah belah Spanyol.

"Dalam hal ini, membawa bendera Estelada tak terbukti bisa memicu kekerasan, rasialisme, xenophobia atau bentuk lain dari diskriminasi yang melanggar martabat manusia," bunyi putusan hakim.

Keputusan hakim langsung disambut gembira oleh Barcelona. Klub asuhan Luis Enrique itu berharap kasus seperti ini tak terulang di kemudian hari.

"FC Barcelona puas dengan keputusan pengadilan yang mengizinkan berkibarnya bendera Estelada pada laga final Copa Del Rey di Stadion Vicente Calderon," bunyi pernyataan klub,

"Barcelona menyayangkan terulangnya hal semacam ini yang merupakan bentuk penghinaan terhadap kebebasan berekspresi. Sebab, hal semacam ini tak ada untungnya bagi sepak bola," tutup pernyataan tersebut.

Barcelona melaju ke final Copa Del Rey setelah menyingkirkan Valencia dengan agregat 8-1, sedangkan Sevilla mendepak Celta Vigo dengan agregat 6-2.

Sumber: Football Espana, Barcelona

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini:

  • Sevilla Futbol Club atau lebih dikenal dengan nama Sevilla adalah klub sepak bola asal kota Sevilla, Spanyol
    Sevilla Futbol Club atau lebih dikenal dengan nama Sevilla adalah klub sepak bola asal kota Sevilla, Spanyol
    Sevilla Futbol Club atau lebih dikenal dengan nama Sevilla adalah klub sepak bola asal kota Sevilla, Spanyol

    Sevilla

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Copa del Rey dalam bahasa Spanyol adalah sebuah kompetisi sepak bola tahunan yang diperuntukkan untuk klub-klub sepak bola Spanyol.

    Copa Del Rey

  • Barcelona vs Sevilla

Video Populer

Foto Populer