Sukses


Komposisi Dibelah Dua, Skuat Barcelona Tetap Bergelimang Bintang

Bola.com, Barcelona - Kedatangan Paco Alcacer ke Estadio Camp Nou membuat Barcelona memiliki skuat lengkap di semua lini. Sang pemain baru memiliki tipikal penyerang tengah, dan bakal bersaing dengan Luis Suarez.

Pada sisi lain, Sport.es, Rabu (31/8/2016) mengungkapkan, keberadaan Alcacer membuat Barcelona punya pasukan yang sama kuat meski dibagi dua sekalipun. Artinya, pada setiap posisi, selalu ada pemain yang punya kemampuan setara.

Hal tersebut baru di sisi penggawa senior. Padahal, musim ini Pelatih Luis Enrique Martinez ingin menjajal para pemain muda, terutama dari Barcelona B, untuk mulai mengenal panggung yang sebenarnya. para pemain muda tersebut akan mendapat kesempatan untuk tampil di La Liga maupun Copa del Rey.

Berikut ini rincian posisi lengkap dengan para penghuni dengan level kualitas sama, dan mereka wajib berjibaku untuk mendapatkan posisi starter.

1. Kiper
Nama Marc-Andre Ter Stegen dan Jasper Cillessen menjadi jaminan siapapun yang turun akan memberi ketenangan pada lini belakang. Duo ini memiliki faktor pengalaman dan kemampuan individu yang tak jauh berbeda.

Kabarnya, Pelatih Luis Enrique sudah membagi tugas. Ter Stegen akan lebih banyak bermain di La Liga, sedangkan Cillessen mendapat kesempatan pada ajang Copa del Rey. Sedangkan area Liga Champions akan menjadi arena persaingan ketat kedua kiper.

Di luar dua kiper tersebut, nama Jordi Masip tak bisa dilewatkan begitu saja. Kiper pelapis Stegen dan Cillessen ini bukan minim kualitas. Ia tetap punya skill bagus, namun masih miskin pengalaman. Peluang terbaiknya bermain di level Copa del Rey.

2 dari 4 halaman

Posisi Bek

2. Bek Kanan
Dani Alves pergi ke Juventus. Kondisi tersebut membuat persaingan di sektor ini menjadi lebih sengit. Dua pemain, Sergi Roberto dan Aleix Vidal memilik kemampuan setara. Tak heran, jika tim Barcelona dibagi dua, armada di sektor bek kanan tetap tajam.

Saat ini Sergi Roberto lebih sering dipakai, dengan bermain 3 dari empat pertandingan resmi Barcelona. Ia dianggap masih lebih impresif dibanding Vidal. Namun, bukan berarti nama terakhir tak punya kesempatan.

Vidal akan menjadi kompetitor berat bagi Roberto. Apalagi hampir dipastikan sistem rotasi menjadi prioritas Barcelona, karena mereka berlaga di tiga ajang sekaligus, yakni La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions.

3. Bek Tengah
Pada area ini persaingan dan kombinasi personel lebih kompleks. Pada posisi bek tengah dengan kemampuan kaki kanan, sosok Gerard Pique menjadi andalan. Namun, peran itu juga bisa dilakukan Sergio Busquets ataupun Javier Mascherano.

Sedangkan pada posisi bek tengah dengan kekuatan kaki kiri, tiga kandidat bisa menjadi acuan. Kualitas Javier Mascherano, Jeremy Mathieu dan Samuel Umtiti, tak bisa dibedakan. Saat ini Umtiti menjadi pilihan utama. Pemain anyar dari klub Lyon tersebut mampu menunjukkan kekuatan, kecepatan dan tangguh saat duel udara.

Berbekal itu pula, hampir dipastikan jika Barcelona dibagi dua tim, masing-masing kelompok punya duet bek tangguh yang sama kuat.

4. Bek Kiri
Pada area ini Barcelona punya kekuatan yang sama, yakni Jordi Alba dan Lucas Digne. Keduanya punya sederet kelebihan, yang benefitnya bakal dirasakan Barcelona dalam urusan variasi serangan.

Alba dan Digne juga sudah menunjukkan mereka tak menurunkan intensitas ofensif saat saling bergantian. Saat ini Alba paling sering merumput. Namun, bukan berarti Digne tak berkualitas. Karena itulah, Barcelona tak akan khawatir untuk merotasi posisi bek kiri.

3 dari 4 halaman

Area Tengah

5. Gelandang Bertahan
Area ini murni milik Sergio Busquets. Namun, jika Barcelona dibelah dua, tim yang satu tetap punya sosok penahan serangan sekaligus jembatan dari belakang ke depan. Sang pesaing Busquets adalah Javier Mascherano, dan si anak hilang, Denis Suarez.

6. Gelandang Tengah
Berlatar pola dasar 4-3-3, area tengah Barcelona dibagi menjadi tiga, yakni kanan, tengah dan kiri. Pada posisi kanan, Ivan Rakitic menjadi pilihan utama. Namun, ia tak bisa tenang. Rafinha, dan atau Sergi Roberto, bisa menyodok peran tersebut.

Tengah sisi kiri, Los Azulgrana punya Andres Iniesta. Pemain yang memasuki musim ke-15 bersama Barcelona ini tak tergoyahkan. Faktor teknis dan pengalaman menjadi keunggulan. Titik lemahnya ada pada kebugaran dan vitalitas yang sudah mulai menurun akibat faktor usia. Namun jangan khawatir, sang pengganti sudah ada, yakni Andre Gomez ataupun Denis Suarez. Jika dibutuhkan, Arda Turan juga memegang peran Iniesta.

Area tengah kanan, Lionel Messi menjadi aktor utama. Namun, andai Messi harus lebih didorong ke depan, Sergi Roberto dan Aleix Vidal bisa menjadi faktor pengganti.

4 dari 4 halaman

Basis Penggempur

7. Penyerang Tengah
Pada posisi ini, Luis Suarez dan Paco Alcacer memiliki kualitas setara. Keduanya bakal bekerja keras untuk tampil konsisten, agar memiliki menit bermain lebih banyak. Duo ini sudah terbiasa mengaplikasikan peran sebagai si nomor 9.

Jika Barcelona dibagi dua, Blaugrana tak akan pusing memilih pemain. Pada praktiknya, bisa saja Alcacer dan Suarez bermain bareng. Alcacer bisa menyisir dari sisi kiri. Sedangkan bisa saja Suarez beroperasi dari sayap kanan andai Alcacer dipasang di area target man.

8. Penyerang Sayap
Pergerakan dari sayap kanan bisa dilakukan bergantian antara Messi, Suarez, Sergi Roberto ataupun Aleix Vidal. Sedangkan sisi kiri Neymar menjadi patron utama, dengan Arda Turan sebagai bayang-bayang sepadan.

Khusus Turan, permainan sepanjang 4 laga resmi terakhir bersama Barcelona bakal membuat pusing kepala Pelatih Luis Enrique Martinez. Turan berhasil mencetak 3 gol dan 3 assist kala mendapat mandat untuk menyisir dari sisi kanan lapangan lawan.

Sumber: Sport.es

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer