Sukses


4 Fakta Menarik Setelah Barcelona Tembus Perempat Final

Bola.com, Barcelona - Barcelona berhasil lolos ke perempat final Liga Champions setelah menyingkirkan Paris Saint-Germain dengan agregat 6-5. Lolosnya Barca merupakan pencapaian gemilang, karena berhasil mengejar defisit empat gol dari PSG.

Los Cules dibuat tak berkutik ketika bertandang ke markas Les Parisiens di Parc des Princes pada laga leg pertama 16 besar Liga Champions, 14 Februari 2017. Blaugrana takluk empat gol tanpa balas dari Paris Saint-Germain.

Dengan kekalahan tersebut, Barcelona wajib menang dengan selisih lima gol jika ingin lolos ke perempat final. Namun, hal tersebut bukan perkara mudah. Sebab, belum ada satupun klub yang mampu menang setelah tertinggal empat gol pada leg pertama fase knock-out Piala/Liga Champions.

Meski begitu, skuat asuhan Luis Enrique itu mampu membalikkan anggapan. Tampil menekan sejak menit awal, Barcelona berhasil membungkam PSG dengan skor 6-1.

Keenam gol Barca disarangkan Luis Suarez pada menit ke-3, Layvin Kurzawa yang melakukan gol bunuh diri menit ke-40, Lionel Messi menit ke-50, Neymar menit ke-88 dan 90+1', serta Sergi Roberto menit ke-90+5'. Sementara itu, gol tunggal PSG dicetak Edinson Cavani (62').

Bagi Barcelona, ini adalah untuk kelima kalinya secara beruntun lolos ke perempat final Liga Champions. Selain Los Cules, klub lain yang mampu melenggang ke babak delapan besar dalam lima musim terakhir adalah Real Madrid dan Bayern Munchen.

Selain Barcelona menang 6-1 sekaligus lolos ke perempat final, sejumlah fakta menarik juga tercipta pada pertandingan ini. Berikut ini empat fakta menarik setelah Barca melenggang ke perempat final Liga Champions.

2 dari 5 halaman

Barcelona Ukir Sejarah di Liga Champions

Berhasil lolos ke perempat final Liga Champions musim ini dengan keunggulan agregat 6-5, membuat Barca mengukir sejarah. Blaugrana menjadi klub pertama yang sukses menang setelah tertinggal empat gol pada leg pertama fase knock-out Piala/Liga Champions.

Selain itu, Barcelona juga mencatatkan pencapaian gemilang di bawah asuhan Luis Enrique. Pelatih asal Spanyol itu berhasil membawa Barca meraih 15 kemenangan beruntun pada laga kandang di ajang Liga Champions.

3 dari 5 halaman

Luis Suarez Rajin Cetak Gol di Camp Nou

Tambahan satu gol membuat Suarez kini telah mengoleksi 27 gol dari 38 pertandingan di seluruh ajang kompetisi musim ini. Dari 27 gol tersebut, tiga di antaranya disarangkan pemain asal Uruguay itu di ajang Liga Champions.

Bukan hanya itu, Luis Suarez juga paling rajin mencetak gol di Camp Nou. Sejauh ini, dia telah mengoleksi 65 gol dari 64 pertandingan di seluruh ajang kompetisi bersama El Barca yang dihelat di Camp Nou.

Gol Suarez saat laga baru berjalan 2:36 detik, merupakan gol tercepat kedua Barcelona pada fase knock-out Liga Champions. Lesatan Andres Iniesta ke gawang Shakhtar Donetsk pada 1:38 detik dalam laga leg pertama perempat final Liga Champions 2010-2011, masih menjadi gol tercepat Barca.

4 dari 5 halaman

Lionel Messi Samai Torehan Cristiano Ronaldo

La Pulga mencetak satu gol ke gawang Paris Saint-Germain pada menit ke-50 lewat eksekusi penalti. Tambahan satu gol lewat titik putih tersebut membuat Messi menyamai torehan Cristiano Ronaldo, yakni 11 gol penalti pada ajang Liga Champions.

Messi juga kini terlibat dalam 13 gol Barcelona di Liga Champions, dengan rincian 11 gol dan dua assist. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan pemain lainnya.

Dia pun berhasil mendulang 37 gol pada fase knock-out Liga Champions. Namun, jumlah gol kapten timnas Argentina itu masih kalah dibandingkan Ronaldo yang mendulang 44 gol pada babak gugur.

5 dari 5 halaman

Jumlah Gol Edinson Cavani di Liga Champions Sama dengan Zlatan Ibrahimovic

Cavani benar-benar menjadi momok bagi gawang Barcelona. Setelah mencetak satu gol pada pertemuan pertama di Parc des Princes, 14 Februari 2017, penyerang timnas Uruguay ini kembali membobol gawang El Barca pada leg kedua.

Edinson Cavani mencatatkan namanya di papan skor menit ke-62. Umpan Layvin Kurzawa mampu dikonversikan Cavani menjadi gol dengan tendangan. Sayang, gol Cavani gagal membawa PSG lolos ke perempat final setelah kalah agregat 1-6 dari Barca.

Meski begitu, mantan pemain Napoli tersebut kini telah menyumbangkan 20 gol buat Paris Saint-Germain di Liga Champions. Dia menyamai torehan Zlatan Ibrahimovic yang berstatus sebagai top scorer sepanjang masa Les Parisiens.

Sumber: Opta, Sky Sports Statto

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer