Sukses


5 Hal yang Belum Banyak Diketahui Soal Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen

Bola.com, Jakarta - Barcelona memiliki sosok penjaga gawang tangguh dalam diri Marc-Andre ter Stegen. Kiper berusia 28 tahun itu sudah memperkuat Barcelona sejak tahun 2014. Sejak didatangkan dari Borussia Monchengladbach, kiper berkebangsaan Jerman itu sudah tampil membela Barcelona di 141 pertandingan.

Bersama dengan tim asal Catalan itu, Stegen meraih sejumlah kesuksesan. Empat gelar La Liga dan Copa del Rey (2014/2015, 2015/2016, 2017/2018, 2018/2019), dua Supercopa de Espana (2016, 2018), Liga Champions 2015, Super Cup 2015 dan FIFA Club World Cup 2015 adalah sederet trofi yang sudah diraih Stegen bersama Barcelona.

Ada sejumlah fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui orang soal Stegen, terkait dengan posisinya sebagai kiper, kehidupannya di Barcelona, dan kiprahnya di Timnas Jerman. Berikut lima fakta menarik soal Stegen:

 

 

 

 

 

2 dari 6 halaman

1. Memulai Karier Sebagai Striker

Marc-Andre ter Stegen memulai karier sepak bolanya sebagai striker alias penyerang. Ia didaftarkan oleh sang kakek ke akademi sepak bola Borussia Monchengladbach saat berumur empat tahun dan terus bermain di posisi striker hingga berusia 10 tahun.

Perubahan posisi terjadi ketika ia harus menggantikan posisi kiper di timnya yang cedera. Sejak saat itu, Stegen terus bermain di posisi kiper hingga sekarang.

3 dari 6 halaman

2. Kerap Naik Kendaraan Umum di Barcelona

Kota Barcelona begitu dicintai oleh Stegen yang tinggal di distrik Gracia. Tidak seperti layaknya bintang sepak bola yang beken, Stegen cukup sering terlihat di jalanan kota Barcelona.

Sehari-hari, Stegen tak ragu untuk naik transportasi umum atau skuter elektriknya di jalanan kota Barcelona. Padahal, biasanya bintang sepak bola lebih akrab dengan mobil mewah saat bepergian. Jadi jangan kaget kalau sewaktu-waktu Anda berada di Barcelona dan kebetulan bertemu dengan Stegen di jalan atau angkutan umum ya.

4 dari 6 halaman

3. Punya Darah Belanda

Marc-Andre ter Stegen adalah pemain berkebangsaan Jerman asli. Namun nama belakangnya, yaitu ter Stegen, terdengar tidak umum karena merupakan nama berbau Belanda.

Rupanya pemain berusia 28 tahun itu memang memiliki darah Belanda. Tambahan lagi, ia dilahirkan dan memiliki rumah di kota Monchengladbach yang hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari perbatasan Jerman dan Belanda. Jadi ia sebetulnya memang tak asing dengan Belanda.

5 dari 6 halaman

4. Belum Pernah Bermain di Piala Dunia dan Eropa

Marc-Andre ter Stegen memiliki koleksi sejumlah trofi bergengsi yang diraih bersama Barcelona. Namun ironisnya, ia belum pernah bermain buat Timnas Jerman di turnamen besar seperti Piala Dunia dan Piala Eropa.

Saat ini kiper Bayern Munchen, Manuel Neuer, masih menjadi pilihan utama untuk mengawal gawang Timnas Jerman di turnamen besar. Akibatnya, Stegen lebih banyak menjadi kiper pelapis dan baru tampil sebanyak 24 kali buat Timnas Jerman di pertandingan persahabatan, kualifikasi, UEFA Nations League, dan Piala Konfederasi.

6 dari 6 halaman

5. Mencatat Dua Assist

Meskipun bermain sebagai kiper, Marc-Andre ter Stegen bisa menorehkan dua umpan berbuah gol (assist) pada musim kompetisi 2019/2020. Sebuah catatan yang lumayan buat kiper.

Assist pertama diberikan pada Antoine Griezmann kala Barcelona menjamu Real Mallorca dan menang 5-2 di bulan Agustus. Sementara assist yang kedua diberikan kepada Luis Suárez dalam pertandingan melawan tuan rumah Getafe pada bulan September. Kala itu Barcelona mampu menang dengan skor 2-0.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer