Sukses


Klasemen Liga Spanyol Jelang El Clasico Real Madrid Vs Barcelona: Menang, Silahkan ke Puncak

Bola.com, Jakarta - Pemenang dalam El Clasico akhir pekan nanti akan menduduki puncak klasemen sementara menjelang musim berakhir. Real Madrid dan FC Barcelona akan menghadapi pertandingan ini dengan rekor luar biasa, keduanya belum pernah kalah di La Liga sejak pertengahan Januari silam. 

Atletico Madrid menduduki puncak klasemen Liga Spanyol dalam beberapa bulan terakhir, namun tim asuhan Diego Simeone tersebut sering terpeleset akhir-akhir ini, termasuk kekalahan 0-1 dari Sevilla, pekan lalu.

Hasil tersebut membuat Barcelona hanya terpaut satu poin dari puncak klasemen, terlebih setelah mereka menang 1-0 atas Real Valladolid, pekan lalu. Tim asuhan Ronald Koeman tersebut berhasil menang 16 kali dan imbang tiga kali dalam 19 pertandingan La Liga terakhirnya.

Kapten Blaugrana, Lionel Messi, mencatatkan performa luar biasa sejauh ini, dan mencatatkan 23 gol dan 8 asis di 26 penampilannya di La Liga musim ini. Messi juga memperlihatkan performa luar biasa sejak jeda musim dingin, dengan mencetak 16 gol sejak 1 Januari. Messi memecahkan rekor gol terbanyak (18 gol) dan asis terbanyak (9 asis) di 28 penampilannya di El Clasico – walaupun gol terakhirnya terjadi pada tahun 2018.

Ousmane Dembele mencetak gol kemenangan Barcelona atas Valladolid, dengan gol di menit akhir, sekaligus mencatatkan gol ke-5 musim ini. Sejauh musim ini, 18 pemain Blaugrana berhasil mencetak gol, termasuk pemain AS, Sergino Dest, yang mencetak dua gol dalam kemenangan 6-1 atas Real Sociedad baru-baru ini.

Real Madrid ada di peringkat tiga dengan raihan 63 poin, dan kemenangan 2-0 atas Eibar pekan lalu membuat Madrid mencatatkan sembilan kemenangan dan dua imbang dalam 11 pertandingan La Liga terakhirnya. Tim asuhan Zinedine Zidane ini sudah kembali ke performa terbaiknya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 5 halaman

Performa Pemain dari Kedua Tim

Karim Benzema akan menghadapi pertandingan ini dengan catatan performa luar biasa, mencetak delapan gol di enam pertandingan La Liga terakhirnya untuk mencatatkan 18 gol musim ini.

Gelandang Casemiro juga memberikan pengaruh luar biasa – dengan lima gol dan dua asis sejauh ini – termasuk juga asis untuk gol Marco Asensio melawan Elche, pekan lalu.

Asensio dan Vinicius Junior (dua gol) juga mencetak gol di kemenangan 3-1 Madrid atas Liverpool di ajang Liga Champions, tengah pekan ini.

 

3 dari 5 halaman

Ketersediaan Pemain

Kedua pelatih harus berhadapan dengan rentetan cedera di musim 2020/2021. Real Madrid tidak akan diperkuat oleh Sergio Ramos dan Dani Carvajal dalam pertandingan nanti, dan Raphaël Varane juga harus absen karena COVID-19, namun gelandang Fede Valverde dan Eden Hazard dapat kembali tampil.

Koeman juga berharap Sergio Roberto dan Gerard Piqué dapat tampil di El Clasico, meskipun Philippe Coutinho dan Ansu Fati harus absen karena cedera.

 

4 dari 5 halaman

Head-to-head

Real Madrid berhasil menang di dua El Clasico terakhir – 3-1 di Camp Nou, Oktober lalu, dan 2-0 di Bernabeu musim lalu, mengakhiri catatan empat kemenangan Barcelona di stadion tersebut. Los Blancos kini memimpin dalam catatan sejarah pertandingan ini, dengan 74 kemenangan berbanding 72 milik Barcelona, dan 35 hasil imbang tercipta di pertandingan ini sejak musim 1929/1930.

Penggemar masih belum boleh hadir di stadion karena protokol kesehatan, untuk menonton pertandingan ini yang untuk pertama kalinya dihelat di Stadion Alfredo di Stéfano di komplek latihan Real Madrid, karena Stadion Santiago Bernabéu sedang direnovasi. Namun jutaan penggemar di seluruh dunia akan terus menonton pertandingan terbesar sepak bola ini.

5 dari 5 halaman

Pemenang El Clasico Akan Naik ke Puncak Klasemen

Video Populer

Foto Populer