Sukses


Rapor Pemain Barcelona Saat Dikalahkan Real Madrid di Semifinal Piala Super Spanyol: Jujur, Enggak Buruk Sih

Bola.com, Jakarta - Barcelona sudah berjuang ekstra keras ketika dikalahkan Real Madrid dalam duel semifinal Piala Super Spanyol 2022, King Fahd International Stadium, Kamis (13/1/2022).

Pertandingan di Riyadh, Arab Saudi itu berlangsung seru sesuai ekspektasi. Barcelona bermain sangat baik, meski akhirnya harus menyerah kalah dengan skor 2-3.

Kejar-kejaran gol jadi sajian utama El Clasico kali ini. Madrid unggul lebih dahulu lewat Vinicius Junior (25') di babak pertama, tapi Barca bisa menyamakan kedudukan melalui Luuk de Jong (41').

Hal yang sama kembali terulang di babak kedua. Karim Benzema mencetak gol kedua timnya di menit ke-72. Namun, Barca kembali menyamakan kedudukan melalui sundulan Ansu Fati (83').

Laga dilanjutkan ke babak tambahan dan Madrid mencetak gol kemenangan lewat aksi Federico Valverde (98'). Nahas Barca gagal mencetak gol balasan ketiga.

Oleh sebab itu, meski berakhir kalah, pasukan Xavi tidak perlu tertunduk lesu. Mereka memberikan performa apik selama 120 menit, bahkan mungkin layak lolos.

Performa tim dalam pertandingan ini pun bisa jadi modal berharga untuk memperbaiki performa di La Liga. Para pemain Barca sudah tampil sangat baik, yuk simak rapor mereka di bawah ini.

2 dari 5 halaman

Pemain Belakang

Marc-Andre ter Stegen - 6

  • Main cukup baik, tapi akhirnya kebobolan tiga gol. Ter Stegen harus berulang kali menghentikan tembakan para penyerang Madrid. Di laga ini Ter Stegen harus menghadapi 8 tembakan tepat sasaran dari Madrid. Sayangnya, seharusnya dia bisa menghentikan tembakan Vinicius.

Dani Alves - 5

  • Tidak bisa aktif naik ke depan karena harus menjaga ancaman Vinicius, Dani Alves melakukan tugasnya dengan cukup baik. Meski begitu, Alves jelas tidak bisa bermain penuh. Dia harus ditarik keluar demi menjaga kesegaran tim.

Gerard Pique - 6

  • Tampil habis-habisan di jantung pertahanan Barca. Sebagian besar serangan Madrid datang dari sayap, tapi bukan berarti Pique menjalani pertandingan mudah. Dia harus siap dalam duel-duel udara. Pique menjaga Benzema dengan baik, meski akhirnya kecolongan.

Ronald Araujo - 7

  • Bisa disebut sebagai bek terbaik Barca dalam pertandingan ini. Ronald Araujo bermain sangat baik di sisi kanan. Dia membantu Alves menjaga Vinicius dan bisa melakukan tugas itu dengan sangat baik. Vinicius hampir tidak bisa melewatinya.

Jordi Alba - 6

  • Sepertinya Alba diinstruksikan untuk tidak terlalu sering naik ke depan di babak pertama. Dia harus memberi ruang untuk Dembele dan menjaga lini belakang dari serangan balik. Alba main cukup baik di sisi kiri dan akhirnya berkontribusi di babak kedua dengan membuat assist untuk gol Ansu Fati.
3 dari 5 halaman

Pemain Tengah

Sergio Busquets - 5

  • Busquets bermain seperti biasa, menghubungkan lini pertahanan dengan lini tengah. Dia beruntung tidak dihukum kartu merah karena pelanggaran keras terhadap Vinicius. Akurasi operan Busquets cukup buruk di wilayah sepertiga akhir. Dia lengah kehilangan bola di lini tengah yang berujung pada gol pertama Madrid.

Frenkie de Jong - 4

  • Tidak terlalu terlihat sepanjang pertandingan. De Jong sepertinya belum menemukan ritme terbaiknya setelah menepi cedera. Sesekali mencoba mengirim umpan terobosan, tapi akurasinya rendah. De jong akhirnya hanya bermain di 45 menit pertama.

Gavi - 6

  • Gavi memberikan energi luar biasa di lini tengah Barca. Dia lebih sering bermain di sayap kanan dan mencari celah untuk menusuk ke dalam. Sayangnya, energi Gavi belum diimbangi dengan pengalaman. Dia masih sering salah mengambil keputusan dalam menyerang.
4 dari 5 halaman

Pemain Depan

Luuk de Jong - 7

  • Luuk de Jong membuktikan efektivitasnya di dalam kotak penalti. Dia tidak banyak menyentuh bola, tapi selalu mematikan setiap kali mendapatkan peluang. Mungkin kekurangan De Jong terletak pada minimnya kontribusi pada permainan. Dia tidak banyak membantu tim dalam proses membangun serangan.

Ferran Torres - 5

  • Torres menunjukkan hasrat tinggi di lapangan, tapi menjalani debut dengan langsung melawan Madrid sepertinya sulit baginya secara fisik dan mental. Pembelian anyar Barca ini ini tidak bisa berbuat banyak. Torres hanya bermain di 45 menit pertama.

Ousmane Dembele - 7

  • Dembele layak disebut sebagai pemain paling berbahaya Barca sepanjang pertandingan. Dia berulang kali membuat bek Madrid kelimpungan. Sayangnya, lama tidak bermain membuat insting Dembele tumpul. Eksekusi akhirnya terlalu lemah.

 

5 dari 5 halaman

Pemain Pengganti

Pedri - 7

  • Masuk di babak kedua dan hampir mencetak gol. Pedri mendapatkan banyak peluang, sayang eksekusinya kurang maksimal. Meski begitu, performa Pedri sudah cukup baik untuk ukuran pemain yang baru kembali setelah menepi selama berbulan-bulan.

Abde - 6

  • Masuk di babak kedua menggantikan Torres. Abde bermain sangat baik di sayap kanan dan membuat kombinasi apik dengan Alves. Sayangnya dia kurang membuat penetrasi ke depan untuk mengancam pertahanan Madrid. Abde akhirnya ditarik di babak tambahan.

Ansu Fati - 7

  • Masuk di babak kedua dan langsung jadi pembeda. Ansu Fati tidak kehilangan sentuhannya setelah menepi selama berbulan-bulan. Dia mencetak gol sundulan di tengah kepungan pemain tinggi Madrid. Ini bukti bahwa Fati bisa membaca peluang dengan sangat baik.

Memphis Depay - 5

  • Bermain menjelang akhir babak kedua. Tidak banyak yang bisa dilakukan Depay. Bahkan dia tampak tidak terhubung dengan rekan-rekannya.

Nico Gonzalez - 5

  • Masuk di babak kedua dan memberikan kontribusinya di lini tengah. Nico meningkatkan sirkulasi bola Barca di lini tengah.

Sumber: Sumber: Marca, Sport, Bola

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 13/01/2021)

Video Populer

Foto Populer