Sukses


Sisi Gelap dan Terang Pembaruan Kontrak Dembele di Barcelona, Seperti Makan Buah Simalakama

Bola.com, Jakarta - Masa depan Ousmane Dembele bersama Barcelona masih belum jelas. Sang pemain bahkan berpeluang besar hengkang dari Camp Nou.

Padahal sebenarnya Barcelona masih menginginkan Ousmane Dembele bertahan. Mengingat pelatih Xavi Hernandez juga mulai memberikan kepercayaan untuknya bermain.

Beberapa waktu lalu, atau pada saat bursa transfer musim dingin 2022, Dembele nyaris menuju pintu keluar Blaugrana. Kabar dirinya bakal hengkang kembali menguat karena kontrak Dembele yang akan habis akhir musim ini.

Namun situasi kembali rumit saat eks pemain Borussia Dortmund itu tampil apik di bawah arahan Xavi Hernandez dalam beberapa pertandingan terakhir. Performa penggawa asal Prancis itu cukup memuaskan petinggi klub maupun tim pelatih.

Namun tampaknya Barcelona harus siap menerima kenyataan bahwa Ousmane Dembele bakal pergi di akhir musim. Persoalannya adalah kondisi keuangan yang cukup sulit di Barcelona.

 

 

2 dari 4 halaman

Dicairkan Xavi

Direktur olahraga Barcelona, Mateu Alemany sempat bertemu dengan agen Ousmane Dembele, setelah tidak ada kesepakatan kontrak. Dembele kabarnya tidak menerima perpanjangan kontrak pada Desember 2021.

Tidak cukup sampai di situ, Dembele menolak untuk pergi di jendela transfer musim dingin dan menolak tawaran klub untuk pembebasannya. Melihat seberapa baik kinerja pemain, direktur olahraga klub mengambil langkah pertama dan memutuskan untuk mengatur pertemuan.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez menjadi kunci dalam perubahan sikap klub. Xavi berhasil membuat hubungan Barcelona dan Dembele kembali mencari. Xavi juga berhasil mengembalikan rasa percaya diri Dembele.

Xavi selalu memiliki kepercayaan diri pada pemain Prancis itu, dan telah menunjukkannya pertandingan demi pertandingan. Xavi telah berhasil memberinya tempat ke dalam tim utama.

Selain itu, Xavi telah meminta Presiden Barca, Joan Laporta untuk mencoba memperbarui kontrak Dembele. Tanpa tekad yang ditunjukkan Xavi dalam hal ini, semuanya akan berbeda.

Sosok Xavi membawa perubahan positif dalam hubungan Barca dan Dembele. Kedua belah pihak bersedia berbicara tentang melanjutkan hubungan. Klub menganggap Dembele sebagai pemain yang berharga dan pemain Prancis itu belum menandatangani apa pun dengan klub lain, dia dapat memutuskan masa depannya dan bertahan di Camp Nou.

3 dari 4 halaman

Dilematis

Hanya saja, aturan Financial Fair Play (FFP) memusingkan Barcelona dalam setiap transaksi ekonomi yang mereka pertimbangkan. Tagihan gaji klub harus dikurangi agar bisa mendatangkan pemain dan memperbarui kontrak yang ada.

Barcelona tidak dapat menghabiskan terlalu banyak dan pemain tahu bahwa dia tidak dapat meminta tambahan karena klub tidak mampu membayar lebih. Termasuk situasi rumit dan dilematis untuk mempertahankan atau melepas Dembele.

Persoalan lain adalah sudah banyak klub yang mengantre Ousmane Dembele. PSG dan sejumlah tim Liga Inggris tertarik untuk mengontraknya dengan status bebas transfer di akhir musim.

Beberapa tim Inggris telah menanyakan tentang dia dan telah bergerak. Keunggulan Barcelona adalah sang pemain kini bahagia di Camp Nou.

Dembele bermain bagus, dia mendapat kepercayaan dari pelatih, dia bisa melihat bahwa ada proyek untuk masa depan dan dia merasa terintegrasi ke dalam grup. Dan itu bernilai uang. Barcelona tidak dapat menawarkan jutaan seperti yang lain, tetapi mereka dapat menawarkan paket ini kepada pemain.

Sumber: Marca

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Barcelona Saat Ini

Video Populer

Foto Populer