Sukses


12 Statistik Fantastis Vinicius Junior bersama Real Madrid di Musim 2021/2022

Bola.com, Jakarta - Publik Real Madrid masih larut dalam pesta untuk merayakan gelar juara Liga Champions 2021/2022. El Real sukses mengalahkan Liverpool di partai final.

Real Madrid menang 1-0 atas Liverpool dalam laga final Liga Champions di Stade de France, Paris, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. Trofi kali ini sekaligus menjadi yang ke-14 sepanjang sejarah klub.

Nama Vinicius Junior keluar sebagai pahlawan kemenangan Real Madrid. Ia menjadi pencetak gol tunggal pasukan Carlo Ancelotti ke gawang Liverpool.

Pemain asal Brasil tersebut memecah kebuntuan pada menit ke-59. Sebuah umpan silang terukur Federico Valverde ke kotak penalti, disambut dengan dingin disambar Vinicius Junior untuk menaklukkan kiper Alisson Becker.

Vinicius Junior kini telah menjadi salah satu pemain terbaik di Eropa musim ini untuk Real Madrid. Gol kemenangan ke gawang Liverpool di laga final Liga Champions adalah buktinya.

2 dari 5 halaman

Menjawab Kritikan

Butuh tiga musim baginya menemukan tempat di hati penggemar Real Madrid. Dalam dua musim sebelumnya, ia sering dikritik dan dianggap gagal.

Namun kini semuanya berubah, sebab Vinicius Junior memberikan kontribusi besar untuk El Real dengan mencetak puluhan gol. Ia juga menjadi duet maut bersama Karim Benzema dengan dua gelar musim 2021/2022.

“Saya pikir Vinicius adalah pemain yang sangat berbakat. Dia tiba di sini di Madrid ketika dia sangat, sangat muda dan tentu saja butuh waktu baginya untuk mencapai puncak. Karena sekarang, dalam sepak bola, bakat saja tidak cukup untuk mencapai puncak,” terang pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti.

“Anda harus meningkatkan pengetahuan taktis Anda, kondisi fisik Anda. Saya pikir Vinicius telah melakukannya dengan sangat baik musim ini karena alasan ini. Dia mampu menunjukkan bakatnya karena basis pengetahuan taktis dan kondisi fisik yang lebih baik,” lanjut Ancelotti.

3 dari 5 halaman

Statistik Vinicius Junior

Penampilan menawan Vinicius Junior sepanjang musim ini melahirkan banyak rekor istimewa yang ia raih. Setidaknya ada 12 statistik luar biasa yang ia torehkan. Yuk simak rangkumannya berikut ini

1. Dalam 12 pertandingan terakhirnya di musim 2020/2021, Vinicius tidak mencetak satu pun gol atau assist. Namun dalam 11 pertandingan pertama musim ini, dia mencetak tujuh gol dan tiga assist.

2. Bahkan, dalam 11 laga tersebut, pemain internasional Brasil itu sudah menyamai total kontribusi golnya sepanjang musim 2020-21, dengan mengoleksi enam gol dan empat assist.

3. Vinicius mencetak 22 gol dan 16 assist pada musim 2021-22 di semua kompetisi dengan total 38 kontribusi gol. Itu adalah peningkatan produktivitas 280% pada 2020-21.

4. Musim ini, Vinicius termasuk di antara 10 pemain paling produktif di lima liga besar Eropa dalam hal total kontribusi gol. Dia dan Son Heung-min dari Tottenham adalah satu-satunya dua pemain yang masuk 10 besar tanpa mengambil satu penalti pun.

5. Vinicius mencetak gol atau membuat assist melawan setiap tim yang dihadapi Real Madrid di babak sistem gugur Liga Champions tahun ini, muncul di saat yang paling penting.

4 dari 5 halaman

Statistik Vinicius Junior

6. Dengan golnya ke gawang Liverpool, Vinicius menjadi pemain termuda kelima yang mencetak gol di final Liga Champions. Pada usia 21 tahun, 10 bulan dan 16 hari, Vinicius 18 hari lebih muda dari Lionel Messi ketika ia mencetak gol untuk Barcelona di final 2009 melawan rival Liverpool Manchester United.

7. Dalam 35 penampilannya di La Liga, pemain Brasil itu melakukan 426 carry progresif (membawa bola setidaknya lima yard ke arah gawang lawan atau ke area penalti). Itu adalah jumlah pemain terbanyak di lima liga besar Eropa.

8. Vinicius menggiring bola melewati 115 pemain selama musim La Liga. Itu adalah yang terbanyak di liga dan satu-satunya pemain di lima liga besar Eropa.

9. Dari total 38 keterlibatan gol Vinicius musim ini, 28 terjadi di La Liga dengan kecepatan 0,9 per 90 menit. Itu adalah tingkat kontribusi per 90 gol tertinggi untuk pemain U-21 di La Liga sejak 2008-09 ketika Gonzalo Higuain rata-rata berkontribusi 0,95 gol per 90 menit dan Lionel Messi mengelola 1,1 kontribusi gol per 90 menit.

10. Di Liga Champions, menurut FBRef, Vinicius membuat lebih banyak aksi menciptakan tembakan, lebih banyak aksi menciptakan gol, lebih banyak memberikan umpan kunci dan menggiring bola melewati lebih banyak pemain daripada siapa pun

11. Vinicius Junior membuat 266 tekanan di kompetisi, juga lebih banyak dari pemain Liga Champions lainnya.

12. Vinicius melakukan 14 nutmeg di La Liga musim ini, terbanyak dari pemain mana pun musim ini. Dia berhasil membuat hiburan tersendiri melalui aksinya itu.

Sumber: Planet Football

5 dari 5 halaman

Tengok Persaingan Real Madrid Musim Ini

Video Populer

Foto Populer