Sukses


Rapor 3 Pengguna Nomor 10 di Barcelona Sejak 1995 : Beban Mental, Bos

Bola.com, Jakarta - Pada beberapa pekan terakhir, publik santer mendengar tentang kemungkinan Lionel Messi bakal kembali ke Barcelona. Kondisi itu berlatar kontrak Sang Messiah yang akan berakhir pada Juni 2023.

Situasi ini jelas kabar baik bagi fans Barcelona, terutama bagi publik Camp Nou yang memang masih sangat mencintainya. Messi tak bisa terpisahkan dari historia Blaugrana.

La Pulga naik pangkat ke tim senior pada 2004 setelah ditempat cukup lama di La Masia. Dalam waktunya yang sangat panjang sebelum akhirnya pergi ke PSG pada 2021, Messi adalah pemilik jersey nomor 10 yang cemerlang.

Berbekal jersey keramat itu, sang juara Piala Dunia 2022 ini menyabet banyak trofi. Baik di kompetisi domestik maupun zona Eropa. Selain Messi, ada tiga pemain lagi yang juga panen sanjungan kala mengenakan jersey nomor 10 Barcelona sejak 1995.

 

2 dari 5 halaman

Ansu Fati

Anak muda berusia 20 tahun ini sangat beruntung. Ia mendapat kepercayaan untuk mengenakan jersey nomor 10 Barcelona pasca kepergian Messi ke Prancis pada 2021.

Tak mengecewakan, kareka Fati, di bawah asuhan Xavi, terus berkembang menjadi pemain muda yang menakutkan. Alumnus La Masia ini juga disebut-sebut sebagai penerus Messi dan dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi Pangeran Camp Nou, seperti halnya La Pulga.

 

3 dari 5 halaman

Rivaldo

Awalnya, sang legenda mengenakan nomor punggung 11 selama tiga tahun pertamanya di Barcelona. Akhirnya, pemain asal Brasil itu mendapat kepercayaan memakai nomor 10 setelah Jari Litmanen angkat kaki dari Camp Nou.

Rivaldo, yang diangkut dari Deportivo La Coruña pada 1997 dan cabut lima tahun berselang, meninggalkan kenangan manis selama waktunya di Camp Nou. Gelandang jangkung murah senyum itu mendulang 36 gol.

Satu yang selalu dikenang adalah hat-trick menakjubkan melawan Valencia yang membantu Barcelona meraih kualifikasi Liga Champions.

 

4 dari 5 halaman

Ronaldinho

Terbang dari Paris Saint-Germain, si ajaib ini mendarat mulus di Camp Nou pada 2003 dengan nilai transfer yang membuat banyak pemain lain iri, 21 juta euro. Ketika Ronaldinho muncul, Barcelona finis di posisi keenam La Liga.

Bersama klub barunya, Ronaldinho menggila. Sebelum hengkang pada 2008, sang legenda memberi tiga gelar La Liga, satu trofi Liga Champions, dan satu jawara Piala Super Spanyol.

Ronaldinho sukses dengan jersey nomor 10-nya yang mendunia.

Sumber: Planetfootball

5 dari 5 halaman

Barcelona Bakal Tak Terkejar

Video Populer

Foto Populer