Sukses


Perubahan Kebijakan Real Madrid: Dari Pengumpul Bintang ke Pengoleksi Wonderkid

Bola.com, Madrid - Real Madrid sempat lama dicap sebagai klub pengumpul pemain bintang dari seluruh dunia. Hal itu sudah dimulai sejak masa awal sejarah klub tersebut.

Kita tentu mengenal bagaimana sosok Alfredo Di Stefano yang pernah memperkuat Real Madrid. Kemudian munculnya generasi pertama Los Galacticos pada awal 2000-an. 

Saat itu para pemain bintang dunia banyak yang menjadi bagian dari Real Madrid. Sebut saja Luis Figo, Zinedine Zidane, Ronaldo Luiz Nazario de Lima, Roberto Carlos, dan beberapa pemain bintang lain ada di sana.

Tradisi itu diteruskan sampai musim ini. Bayangkan saja, Real Madrid pernah memiliki Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Mesut Ozil, Ricardo Kaka, Xabi Alonso, Gonzalo Higuain, Sergio Ramos, dan Angel Di Maria dalam kurun waktu 13 tahun terakhir. 

Kini arah kebijakan transfer Real Madrid seperti sudah berubah. Mereka lebih fokus mengumpulkan para pemain muda potensial atau yang kerap disebut sebagai wonderkid.

2 dari 4 halaman

Bellingham Segera Menyusul?

Terbaru, Real Madrid dikabarkan sudah mencapai kesepakatan dengan bintang muda Borussia Dortmund, Jude Bellingham. Pemain muda asal Inggris itu kabarnya akan bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2023. 

"Real Madrid sedang mendekati kesepakatan untuk mendatangkan Jude Bellimgham. Negosiasi sedang ada pada tahap akhir," ujar wartawan asal Italia, Fabrizio Romano.

Romano menyebut sosok Juni Calafat lagi-lagi menjadi sosok krusial dalam transfer Real Madrid. Sosok tersebut memang kerap dibicarakan dalam beberapa tahun terakhir.

"Kesepakatan personal hampir disetujui, Juni Claafat lagi-lagi berperan penting," tandasnya.

3 dari 4 halaman

Faktor Juni Calafat

Juni Calafat sudah lama bekerja untuk Real Madrid. Ia sempat fokus mencari pemain di Amerika Selatan.

Calafat sempat membuat kesalahan cukup besar. Ia bergerak kurang cepat sehingga membuat Neymar dibajak Barcelona pada musim panas 2013.

Namun, sejak saat itu Juni Calafat tak mau melakukan kesalahan itu lagi. Sejauh ini sudah banyak pemain muda yang bisa digaet Calafat ke Santiago Bernabeu.

Sebut saja Vinicius Jr, Rodrygo, Fede Valverde, Eder Militao, Martin Odegaard, Take Kubo, Eduardo Camavinga. Kemudian Eden Hazrad, Reiner, Lucas Silva, Antonio Rudiger, Endrick, dan yang terdekat akan ada Jude Bellingham.

Sumber: Daily Mail

4 dari 4 halaman

Persaingan di La Liga 2022/2023

Video Populer

Foto Populer