Sukses


Pau Cubarsi Jadi Bek Pemain Termuda Barcelona di Liga Champions Sekaligus Man of the Match dalam Debut di Eropa

Bola.com, Jakarta - Barcelona menang 3-1 atas Napoli dalam laga leg kedua 16 besar Liga Champions 2023/2024, Rabu (13/3/2024) dini hari WIB, dan lolos ke perempat final dengan agregat 4-2. Pau Cubarsi, bek termuda Barcelona dalam sejarah Liga Champions berhasil menjadi man of the match dalam laga debutnya di kompetisi Eropa tersebut.

Dalam pertandingan tersebut, Xavi Hernandez menurunkan dua pemain mudanya, yaitu Pau Cubarsi yang berusia 17 tahun dan 50 hari, serta Lamine Yamal yang berusia 16 tahun dan 243 hari. Bagi Pau Cubarsi, ini menjadi laga debutnya di Liga Champions.

Barcelona berhasil meraih kemenangan 3-1 di Estadi Olimpic Lluis Companys berkat gol Fermin pada menit ke-15, Joao Cancelo pada menit ke-17, dan Robert Lewandowski pada menit ke-83. Sementara satu-satunya gol Napoli dicetak Amir Rrahmani pada menit ke-30.

Bomber andalan Napoli, Victor Osimhen, tidak bisa banyak berkutik pada pertandingan tadi malam. Pau Cubarsi benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik untuk memberikan pengawalan ketat terhadap lini serang juara bertahan Liga Italia itu.

Kemenangan yang diraih Barcelona serta keberhasilan klub Catalan itu lolos ke perempat final Liga Champions tentu tidak akan dilupakan oleh Pau Cubarsi yang baru kali pertama merasakan atmosfer sepak bola Eropa itu senang.

2 dari 4 halaman

Perkembangan Signifikan

Boleh dibilang laga kontra Napoli yang membuat Pau Cubarsi mendapat kesempatan bermain ini datang baru dua bulan sejak Pau Cubarsi memainkan laga resmi pertamanya bersama tim senior Barcelona.

Dalam laga melawan Napoli ini, bek muda Barcelona ini memperlihatkan performa yang luar biasa, membuat lebih banyak umpan dan umpan yang berhasil lebih banyak dari pemain lain di tim Barcelona.

Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat UEFA memilihnya menjadi man of the match dalam pertandingan 16 besar Liga Champions tersebut.

3 dari 4 halaman

Pujian dari Xavi

Performa ciamik Pau Cubarsi yang membuatnya menjadi man of the match dalam pertandingan Barcelona kontra Napoli ini juga diakui oleh sang pelatih, Xavi Hernandez.

Menurutnya, Cubarsi telah memperlihatkan permainan yang sangat baik dalam laga pertamanya di Liga Champions ini.

"Cubarsi tidak pernah gugup, selalu menemukan tempat sebagai pemain bebas. Ia menciptakan momen untuk dirinya sendiri. Ia mendikte tempo permainan, benar-benar spektakuler melihatnya bermain!" ujar Xavi.

Setelah Cubarsi mendapatkan kepastian menjadi man of the match dalam laga kontra Napoli ini, Xavi menambahkan:

"Pau Cubarsi adalah letusan talenta untuk Barcelona dan sepak bola Spanyol. Ia secara konstan bertanya kepada kami untuk mendapatkan video demi belajar agar membantunya berkembang. Ia adalah pemain yang terorganisasi dengan sangat baik dan memiliki pemikiran yang jernih. Ia rendah hati, pekerja keras."

Sumber: Squawka, FC Barcelona, UEFA.com

4 dari 4 halaman

Barcelona Main dengan 2 Pemain di Bawah 18 Tahun

Video Populer

Foto Populer