Sukses


    Greg Nwokolo Jadi Rebutan Persija, Borneo FC, Persipura

    Bola.com, Bangkok - Penyerang naturalisasi Greg Nwololo baru diputus kontrak oleh klub Thailand, BEC Tero Sasana. Isu panas kalau penyerang berdarah Nigeria tersebut kini diperebutkan Persija Jakarta, Pusamania Borneo FC, dan Persipura Jayapura mencuat ke permukaan.

    BEC Tero menyebut alasan pemutusan kontrak Greg karena yang bersangkutan cedera parah. "Pihak klub telah memutus kontrak Greg Nwokolo. Dia punya cedera kronis dan tidak bisa memenuhi standar kebugaran untuk pertandingan," kata Kan Janrat, manajer klub seperti dikutip dari Football Forward Thailand pada Selasa (3/5/2016).

    Greg disebut-sebut cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL). Cedera urat di dalam sendi yang menjaga kestabilan sendi lutut butuh waktu lama untuk sembuh. Cedera ini menimpa penyerang sayap Persib Bandung, Zulham Zamrun. Sudah hampir setengah tahun sang pemain belum bisa berlaga di lapangan.

    Tentu saja jika benar ACL Greg Nwokolo bermasalah, klub yang merekrutnya melakukan sebuah perjudian besar. Tak ada jaminan sang pemain bisa langsung dimainkan di pentas Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 Presented by IM3 Ooredoo.

    Saat dikonfirmasi bola.com pada Kamis (5/5/2016), Greg menyebut kondisi fisiknya baik-baik saja. Pemain yang mengawali karier di Liga Thailand pada Juni 2015 itu mengaku homesick alias kangen kampung halaman. Ia kembali ke Indonesia bukan karena cedera.

    Greg Nwokolo, membantah kalau dirinya cedera di BEC Tero. (BEC Tero)

    "Saya rindu dengan rumah. Dalam waktu dekat sudah tahu saya akan ke mana. Tunggu saja, saya akan beri tahu nanti," ungkap Greg.

    Persija yang mengontraknya pada awal 2015 paling getol merayunya kembali. Tim Macan Kemayoran tengah krisis penyerang. Mereka baru memiliki tiga striker siap pakai, Rahmat Afandi, Sutanto Tan, dan Aldy Al Achya.

    Sosok Bambang Pamungkas yang sempat ikut latihan jelang kick-off kompetisi, belum bisa tampil membela tim ibu kota karena terikat kontrak komersial dengan sebuah perusahaan yang menuntutnya mengikuti kegiatan di luar negeri.

    "Lagi pula kalaupun Bambang langsung bergabung, ia tidak bisa langsung dimainkan. Kondisi fisiknya drop, karena sudah lama tidak bermain. Kami butuh penyerang tambahan secepat mungkin," ungkap Paulo Camargo, pelatih Persija.

    Persija sudah mendatangkan striker asal Kamerun, Patrick Boya. Namun, mengandalkan sang pemain sebagai mesin gol tunggal amat riskan. Kembalinya Greg tentu akan jadi pembeda.

    Presiden Persija Jakarta, Ferry Paulus, dalam berbagai kesempatan menyebut menyambut dengan tangan terbuka jika Greg berniat kembali ke klubnya. "Greg pemain bagus, kalau ia ingin tampil membela Persija kami dengan senang hati menerimanya. Sama seperti halnya Bambang Pamungkas," ungkap Ferry.

    2 dari 2 halaman

    Persija Terganjal Kocek

    Ganjalan Persija bisa menggaet Greg adalah trauma sang pemain dengan kasus tunggakan gaji pada musim lalu. Sebelum berangkat ke Thailand, sang pemain mengaku kecewa berat dengan manajemen Tim Macan Kemayoran. "Saya cinta Persija, tapi manajemen tidak memberi jaminan," ungkap pemain yang rumornya dibanderol Rp 1,4 miliar oleh Persija musim lalu.

    Jika mau kembali ke Persija, manajemen klub kemungkinan tidak akan memberi tawaran luar biasa. Petinggi Persija amat hati-hati dalam mengatur pengeluaran di TSC 2016.

    Mereka tidak mau melanggar aturan pembatasan anggaran belanja yang diberlakukan pengelola kompetisi, karena sanksi yang diberikan amat berat. Perjuangan mereka ke tangga juara bisa terganjal karena hukuman potongan poin imbas tersendatnya pembayaran gaji ke pemain.

    Situasi ini dimanfaatkan oleh Pusamania Borneo FC dan Persipura Jayapura. Dua klub yang memiliki anggaran belanja pemain besar tersebut amat ngebet mendatangkan Greg Nwokolo.

    Untuk ukuran pemain asing, penampilan Greg Nwokolo di BEC Tero termasuk mengecewakan. (Sasana.Bectero.com)

    Manajemen Persipura masih belum puas dengan kinerja lini depan Tim Mutiara Hitam. Tim terlihat masih amat terlalu mengandalkan sosok Boaz Solossa seorang. Bomber asing asal Liberia, James Koko Lomell, permainannya belum maksimal. Kehadiran Greg bakal membuat lini serang Persipura lebih bergigi.

    Di sisi lain, Pusamania Borneo FC yang punya ambisi tinggi juara Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 Presented by IM3 Ooredoo belakangan doyan menumpuk pemain bintang.

    Pengusaha muda, Nabil Husein, yang berstatus sebagai pemilik klub dikenal tidak berhitung kocek untuk menggaet pesepak bola top. Pendekatan pun sudah dilakukan beberapa pekan terakhir, begitu rumor Greg berniat mudik ke Indonesia mulai mencuat.

    Proses negosiasi ketiga tim tergantung kondisi Greg Nwokolo. Jika ternyata ia benar-benar cedera ACL parah, hampir dipastikan mereka bakal membatalkan niat mendatangkan sang striker.

     

    Video Populer

    Foto Populer