Sukses


    2 Gol Persib Runtuhkan Rekor Persipura di Stadion Mandala

    Bola.com, Jayapura - Persipura Jayapura menjamu Persib Bandung pada pekan ke-11 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (21/7/2016).

    Duel ini dimulai jam 13.30 WIB dan berakhir dengan skor 0-2 untuk kemenangan Persib. Gol tim tamu dicetak masing-masing oleh Vladimir Vujovic lewat penalti pada menit ke-46 dan Samsul Arif menit ke-93.

    Berlabel bigmatch, jalannya pertandingan di babak pertama justru berjalan dengan tempo sedang. Cuaca panas yang menemani kedua kesebelasan bertanding tampak ikut memengaruhi jalannya permainan.

    Persipura yang tampil dengan formasi andalan, 4-3-3, berupaya mengendalikan permainan. Kerja sama Boaz Solossa dan Ferinando Pahabol beberapa kali mampu membuat pertahanan siaga. Namun, tembakan yang dilepaskan Boaz masih belum akurat.

    Hingga menit ke-20, upaya yang dilakukan kedua tim untuk membobol gawang lawan masih belum membuahkan hasil lantaran tidak tercatat satu pun tembakan on target.

    Selama 20 menit pertandingan, hanya ada tiga tembakan off target, dua tembakan dilepaskan Persipura dan satu tembakan dilepaskan Persib dengan penguasaan bola sama kuat.

    Tim tuan rumah mendapat peluang terbaik di babak pertama, tepatnya pada menit ke-31. Bola antisipasi Yanto Basna untuk mengadang pergerakan Ferinando Pahabol, tepat di luar kotak penalti, menyentuh tangan Kim Jeffrey Kurniawan.

    Wasit Muslimin dari Makassar lantas memberikan tendangan bebas untuk Persipura. Namun, kesempatan itu digagal dimanfaatkan secara optimal oleh Boaz, eksekutor tendangan bebas. 

    Setelah itu, Persipura terus menekan tim lawan. Sejumlah upaya diciptakan sehingga membuat Persib harus bekerja lebih keras menghalau serangan tuan rumah.

    Lewat serangan balik, Persib mampu menciptakan kemelut di depan gawang Persipura yang dikawal Ferdiansyah. Petaka untuk tim tuan rumah datang dengan kartu merah yang diterima Ricardo Salampessy pada menit ke-45.

    Ricardo dianggap menghalangi bola tembakan yang dilepaskan Robertino Pugliara dengan tangannya, saat Ferdiansyah sudah mati langkah. Tak pelak, wasit juga menunjuk titik putih.

    Vladimir Vujovic yang jadi eksekutor penalti, berhasil menjalankan tugas dengan baik. Skor 0-1 untuk keunggulan Persib menutup babak pertama meski secara keseluruhan tim tuan rumah mampu mencatatkan tembakan on maupun off target dan penguasaan bola lebih banyak ketimbang Persib.

    Memasuki babak kedua, pelatih Persipura, Jafri Sastra, menarik keluar James Kokol Lomell dan menggantikannya dengan Dominggus Fakwader untuk menemani Bio Paulin di posisi bek tengah.

    Pergantian pemain itu membuat Boaz lebih aktif lagi pergerakannya. Namun lagi-lagi, tekanan yang dilakukan Persipura hingga 10 menit pertama babak kedua gagal mengubah skor. Sebaliknya, Persib dengan ketenangannya, kembali mampu menerapkan serangan balik.

    Hingga menit ke-75, tim Mutiara Hitam yang masih mengandalkan Boaz-Pahabol, tercatat lebih banyak melakukan serangan. Namun, penyelesaian akhir yang tidak sempurna serta solidnya pertahanan Maung Bandung mengandaskan upaya menyamakan kedudukan.

    10 menit jelang bubaran, Persib makin merapatkan pertahanan dengan menarik Robertino Pugliara dan memasukkan M. Taufiq. Meski begitu, aksi Samsul Arif yang menggantikan Tantan, maupun Zulham Zamrun tetap mampu membuat Ferdiansyah bekerja keras. 

    Samsul Arif akhirnya menggandakan keunggulan Persiib dengan tembakannya di menit ke-93 memanfaatkan umpan cantik Atep. Pergerakan tanpa bola eks penyerang Arema Cronus yang tak terdeteksi pemain belakang tim tuan rumah membuatnya berdiri bebas untuk melepas bola tanpa dengan mudah. Skor 0-2 jadi milik Persib.

    Skor 0-2 untuk keunggulan Persib bertahan hingga pertandingan selesai. Kemenangan ini membuat Maung Bandung sukses meruntuhkan rekor Persipura, yang selalu menang dalam lima pertemuan terakhir dengan Persib di Stadion Mandala, Jayapura.

    Susunan Pemain:

    Persipura Jayapura (4-3-3): 20-Ferdiansyah; 21-Yustinus Pae, 4-Ricardo Salampessy, 45-Bio Paulin, 49-Jaelani Arey; 32-M. Tahir/Thiago Oliveira, 17-Ferinando Pahabol, 5-Izaac Wanggai; 10-James Koko Lomell/Dominggus Fakdawer, 30-Eddy Boakay/Ricky Kayame, 86-Boaz Solossa

    Pelatih: Jafri Sastra

    Persib Bandung (4-2-3-1): 78-I Made Wirawan; 18-Jajang Sukmara, 31-Yanto Basna, 3-Vladimir Vujovic, 6-Tony Sucipto; 24-Hariono, 23-Kim Jeffrey Kurniawan, 54-Zulham Zamrun, 10-Robertino Pugliara/Taufiq, 82-Tantan/Samsul Arif; 33-Sergio van Dijk

    Pelatih: Djadjang Nurdjaman

     

    Sponsored by

     

    Video Populer

    Foto Populer