Sukses


    Prediksi Persija Vs Persib: Macan Kemayoran Minimalis

    Bola.com, Solo - Laga beraroma panas akan tersaji saat Persija Jakarta menjamu Persib Bandung pada lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredo di Stadion Manahan, Sabtu (5/11/2016). Duel klasik, penuh rivalitas menjadi bumbu tambahan saat keduanya bentrok di pentas elite sepak bola Tanah Air.

    Kemenangan jadi misi wajib Tim Macan Kemayoran setelah tumbang 0-2 dari Pusamania Borneo FC di laga sebelumnya. Persija kini berkutat di posisi 14 klasemen sementara. Sesuatu yang dinilai tidak ideal bagi klub pengoleksi 10 gelar kompetisi kasta tertinggi Indonesia tersebut.

    ''Ini pertandingan yang ditunggu kedua tim. Sebagai tuan rumah, kami harus merebut poin maksimal. Namun, memang tidak mudah karena Persib adalah tim kuat,'' kata pelatih Persija, M Zein Al Hadad alias Mamak dalam jumpa pers, Jumat (4/11/2016).

    Perjuangan anak-anak Jakarta memang tak mudah. Apalagi tim kebanggaan The Jakmania itu kehilangan lima pilar di belakang. Kiper Andritany Ardhiyasa, dan stoper Gunawan Dwi Cahyo tengah bergabung ke pelatnas Timnas Indonesia.

    Di sisi lain, bek sayap kanan, Ismed Sofyan cedera. Sementara itu, Wiliam Pacecho (stoper) dan Andik Rendika Rama (bek sayap kiri) terkena hukuman akumulasi kartu.

    Pemain Persib Bandung, Kim Kurniawan berebut bola dengan pemain Persija, Syahroni pada laga Torabika SC 2016 di Stadion GBLA, Bandung, Sabtu (16/7/2016). Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

    Situasi kian bertambah sulit karena dua pemainbernaluri menyerang di barisan tengah, RamdhaniLestaluhu danAdeJantra yang masih berkutat dengan cedera.

    Walau begitu Mamak tak ingin tim asuhannya bermain bertahan. Pelatih yang saat masih aktif bermain berposisi sebagai striker itu memberi sinyal Persija, yang berstatus sebagai tuan rumah, bakal bermain dengan skema ofensif 4-3-3.

    Sang mentor bakal bereksperimen memainkan sejumlah pemain di posisi baru, untuk menggenapi pola bermain yang digeber saat Macan Kemayoran menjamu Persib.

    Kuartet lini belakang akan diisi Novri Setyawan, Maman Abdulrahman, Vava Maryo Yagalo, dan M. Rezaldi Hehanusa.

    Lalu trio gelandang Amarzukih, Hong Soon-hak, Syahroni diharapkan mampu menyuplai pola ke tiga penyerang Ambrizal Umanailo, Greg Nwokolo, dan Emmanuel ''Pacho'' Kenmogne.

    "Kami sudah siapkan strategi khusus melawan Persib. Beberapa kelehaman yang terlihat saat kalah dari Borneo FC juga dibenahi,'' tutur M. Zein Alhadad.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 2 halaman

    Peluang Persib ke Papan Atas

    Di sisi lain, pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman, tak ingin anak asuhnya kembali pulang ke Kota Kembang dengan tanpa poin. Hal tersebut terasa sebagai sebuah aib bagi Maung Bandung di mata bobotoh. Duel kontra Persija yang berstatus rival abadi wajib dimenangi.

    Saat putaran pertama Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo, Persib ditahan imbang tanpa gol oleh Persija di kandangnya. Hasil ini amat mengecewakan mengingat kala itu kubu lawan bertanding dalam kondisi minimalis.

    Pada pertemuan kedua kekuatan Persija tereduksi besar-besaran. Situasi ini tentu kudu dimaksimalkan oleh penggawa Persib.

    Persib harus kehilangan gelandang jangkar, Hariono, yang terkena hukuman akumulasi kartu. Mereka juga tidak diperkuat Rudolf Yanto Basna (bek kanan) dan Zulham Zamrun (penyerang sayap), yang saat ini tengah berada di Myanmar bersama Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF 2016.

    Namun, Djanur tak ingin hal itu jadi alasan Persija bakal kesulitan meraih hasil absolut. Pasalnya dibanding Macan Kemayoran, skuat Persib bisa dibilang memiliki kedalaman lebih baik. Kualitas para pemain pelapis bisa dibilang setara dengan pemain inti.

    "Pertemuan Persib dan Persija ini memang pertandingan klasik yang paling ditunggu oleh masyarakat pecinta sepak bola Indonesia. Saya berharap bisa menunjukan pertandingan yang menarik. Dan tentunya kami ingin mencuri poin di kandang mereka," ujar Djanur, Jumat (4/11/2016).

    Rivalitas Persija dan Persib lanjut Djanur memang sudah terjadi sejak perserikatan dulu. Di mana pertandingan yang selalu paling ditunggu-tunggu, termasuk laga Persib versus PSMS Medan dan Persib kontra Persebaya.

    Karena penuh gengsi, Djanur pun berharap anak asuhnya bisa bermain lepas dan bisa menjalankan intuksi sesuai dengan strategi yang sudah diterapkan dalam sesi latihan persiapan.

    Maman Abdurahman memberikan tepuk tangan kepada Bobotoh atas sambutannya  pada laga Torabika SC 2016 antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta di GBLA, Bandung, Sabtu (16/7/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

    Melihat tim Persija sendiri, pelatih berusia 51 tahun ini menilai kubu lawan mengalami perubahan yang cukup signifikan, setelah kedatangan sejumlah pemain baru.

    "Saya pikir Persija sekarang lebih berbahaya. Mereka punya dua penyerang haus gol Greg Nwokolo dan Emmanuel Kenmogne. Style bermain mereka pun kini berubah setelah ditangani M. Zein Alhadad. Persija bermain lebih menyerang. Kami tidak boleh memandang remeh mereka," kata Djadjang Nurdjaman.

    Jika bisa mengunci kemenangan, Persib Bandung yang kini berada di posisi sembilan dengan koleksi 37 poin punya peluang menyodok hingga posisi tujuh besar. Jarak poin mereka dengan klub-klub zona atas bakal kian menyempit. Apalagi Atep dkk. baru bertanding 25 kali, lebih sedikit satu hingga dua pertandingan dibanding tim lainnya.

    Prakiraan Susunan Pemain:

    Persija Jakarta (4-3-3): Daryono (Kiper); Novri Setyawan, Maman Abdulrahman, Vava Maryo, Rezaldi Hehanusa (Belakang); Amarzukih, Hong Soon-hak, Syahroni (Tengah); Ambrizal Umanailo, Greg Nwokolo, Emmanuel Kenmogne (Depan)

    Pelatih: M. Zein Alhadad

    Persib Bandung (4-3-2-1): M.Natshir (Kiper); Jajang Sukmara, Vladimir Vujovic, Diogo Ferreira, Tony Sucipto (Belakang); Kim Jeffrey Kurniawan, Marcos Flores, Taufiq, Febri Haryadi, Samsul Arif (Tengah); Sergio van Dijk (Depan)

    Pelatih: Djadjang Nurdjaman

    Sponsored by :

    Video Populer

    Foto Populer