Sukses


Kalahkan Kamboja, Singapura Akhiri Hasil Buruk Jelang Piala AFF

Bola.com, Singapura - Timnas Singapura akhirnya mengakhiri rentetan pertandingan persahabatan/uji coba resmi tanpa kemenangan. Pada Minggu (13/11/2016) malam, timnas Singapura proyeksi Piala AFF 2016 mengalahkan Kamboja, yang juga disiapkan untuk Piala AFF, dengan skor 1-0.

Uji coba yang dimainkan di Bishan Stadium, Singapura itu, merupakan uji coba terakhir sebelum The Lions bertempur di penyisihan Grup A Piala AFF 2016 bersama Indonesia, Thailand, dan tuan rumah Filipina.

Gol tunggal kemenangan Singapura dicetak Yasir Hanapi pada menit ke-70. Kendati menang dengan skor tipis, kemenangan ini sudah sangat dinanti. Pasalnya, sejak V. Sundramoorthy menduduki kursi pelatih kepala pada akhir Mei 2016, timnas Singapura belum pernah menang dari enam laga terakhir hingga partai kontra Kamboja malam ini.

Lebih khusus, gol tunggal Yasir Hanapi itu juga mengakhiri paceklik gol The Lions. Tiga dari enam partai uji coba itu berakhir tanpa gol bagi Khairul Amri cs.

Tidak hanya itu, kemenangan ini besar artinya bagi Hariss Harun dkk. karena sebelum laga, mereka mengaku butuh pendongkrak motivasi dan percaya diri sebelum terbang ke Filipina. Satu kemenangan di uji coba sangat berarti buat mereka.

Bermain di enam uji coba tanpa kemenangan plus produktivitas minim, hanya memasukkan tiga gol dan kebobolan 15 gol, tentu bukan modal yang diharapkan The Lions untuk bersaing dengan tiga tim lain di Grup A.

Persoalan mandulnya produktivitas gol The Lions memang jadi perhatian utama tim pelatih. Tidak heran, meski hanya menjebol gawang Kamboja sekali di laga ini, mampu menghapus dahaga akan gol serta menuntaskan penasaran para pemain.

Catatan lain, kemenangan ini sekaligus pembalasan atas kekalahan yang diderita timnas Singapura atas Kamboja pada uji coba 28 Juli 2016. Bermain di National Stadium, Phnom Penh, The Lions yang kala itu baru saja menuntaskan pemusatan latihan dan uji coba di Jepang, kalah 1-2.

Kekalahan itu cukup mengejutkan karena jadi yang pertama dialami Singapura dari Kamboja sejak 44 tahun terakhir pertemuan kedua negara. Kini, untuk pertama kalinya pula, timnas Singapura bersua Kamboja, dengan ranking ada di bawah sang lawan.

Sejak sistem ranking diperkenalkan FIFA pada 1992, timnas Singapura selalu memiliki ranking FIFA lebih tinggi ketimbang Kamboja. Namun, pada uji coba Minggu malam ini, timnas Singapura menjamu Kamboja dengan ranking 171 sedangkan lawan punya ranking lebih baik, ranking ke-167.

Timnas Singapura dijadwalkan bertolak menuju Filipina pada Selasa (15/11/2016) selepas mengumumkan skuat final yang akan diturunkan di Piala AFF 2016. Kemenangan 1-0 atas Kamboja ini jadi modal bagus karena bisa mendongkrak percaya diri yang sudah dinanti.

 

Video Populer

Foto Populer