Sukses


Kejuaraan Asia: Kemenangan Firman Diwarnai Kartu Merah untuk Pemain Korea

Bola.com, Alor Setar - Firman Abdul Kholik menjadi pahlawan tim putra Indonesia saat mengalahkan Korea 3-2 pada laga semifinal Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2018, di Alor Satar, Sabtu (20/2/2018). Kemenangan dramatis tersebut diwarnai kartu merah untuk lawan Firman, Lee Dong-keun. 

Firman mengalahkan Lee dalam pertarungan alot tiga 22-20, 11-21, 22-20. Hasil tersebut membuat Indonesia melenggang ke partai final. 

Partai Firman versus Lee berlangsung selama 84 menit, menjadi salah satu laga yang sangat menegangkan.  Di atas kertas, jelas Lee yang lebih difavoritkan untuk menang. Di pertemuan terakhir, Firman takluk dari Lee. Ditambah lagi, ini adalah penampilan perdana Firman di Kejuaraan Asia. Sejak laga penyisihan, Firman belum pernah diturunkan.

Pada gim penentuan, Firman unggul 13-7 dan tampil begitu meyakinkan. Namun enam angka berturut-turut kemudian direbut Lee dan kedudukan menjadi imbang 13-13. Hal ini sepertinya langsung membakar semangat Lee. Dia terus menekan dan meninggalkan Firman hingga kedudukan match point 20-14.

Dalam keadaan ini, Firman tetap tampil tenang. Satu demi satu poin dicurinya dari lawan. Semakin mendekat, Firman menebar ancaman pada Lee dan menyamakan kedudukan menjadi 20-20. Firman membalikkan keadaan dan membuat Lee di bawah tekanan. Akhirnya delapan poin berturut-turut diraih Firman dan sukses mengantarkan timnya ke laga puncak.

Kemenangan Firman diwarnai aksi protes dari Lee dan tim Korea. Winning point yang diraih Firman dihasilkan dari pukulan Lee yang dinyatakan fault oleh wasit karena ujung raketnya mengenai net. Tim Korea sempat mengajukan protes hingga ke referee, tappi keputusan tersebut tidak dapat diganggu gugat.

Kekecewaan ditunjukkan Lee dan pelatihnya. Firman bahkan sampai terduduk di penyangga net menunggu Lee mau bersalaman dengannya. Aksi ini membuat Lee diganjar kartu merah oleh wasit. Lee akhirnya mau bersalaman dengan Firman.

 “Alhamdulillah pastinya senang sekali bisa menyumbang angka untuk tim. Tadi saya tidak berpikir lawan sudah 20 dan saya 14. Pokoknya saya berpikir bagaimana dapatkan satu demi satu poin dan usaha banget untuk fokus,” kata Firman setelah laga.

Pada final Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2018, Indonesia akan bertemu dengan China. Tim Negeri Tirai Bambu melaju ke partai puncak berkat kemenangan 3-1 atas Malaysia. 

Video Populer

Foto Populer