Mengenal Kaide Gordon: Youngsters Pembuat Sejarah Liverpool di Piala FA

oleh Aryo Atmaja diperbarui 10 Jan 2022, 22:00 WIB
Sriker muda Liverpool Kaide Gordon mencetak gol ke gawang Shrewsbury Town pada laga babak ketiga Piala FA 2021/2022 di Anfield, Minggu (9/1/2022). (AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Jakarta - Liverpool berhasil melaju ke babak 4 Piala FA 2021/2022, setelah mendepak tim Divisi III, Shrewsbury Town pada babak ketiga. The Reds menang telak 4-1 atas lawannya itu di Anfield, Minggu (9/1/2022) malam WIB.

Liverpool dengan mudah mengatasi tim peserta kompetisi kasta League One itu, bahkan dengan para pemain muda yang diturunkan Jurgen Klopp, manajer Si Merah. Satu di antaranya yang mengundang decak kagum adalah Kaide Gordon, wonderkid Liverpool.

Advertisement

Pemain belia berusia 17 tahun menjadi bintang kemenangan Liverpool dan menciptakan sejarah untuk timnya. Kaide Gordon ikut mencetak gol ke gawang Shrewsbury Town di menit ke-34.

Pemain lainnya, Fabinho memborong dua gol di menit ke-44 dan penghujung laga. Sementara satu gol lainnya oleh aksi striker Roberto Firmino menit ke-78.

Sementara satu-satunya gol balasan Shrewsbury Town dicetak oleh Daniel Udoh pada menit ke-27. Kemenangan mudah Liverpool yang membuat mereka memastikan tiket ke babak selanjutnya.

 

 

2 dari 4 halaman

Masuk Sejarah

Pemain berusia 16 tahun incaran Liverpool, Kaide Gordon. (dok. Instagram/Kaide Gordon)

Dalam pertandingan kontra Shrewsbury Town, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp memang memberikan kesempatan bermain kepada para pemain mudanya. Alasannya adalah turnamen ini menjadi bagian dari rotasi setelah padatanya laga di Premier League.

Deretan youngster atau pemain muda Liverpool pun diturunkan. Di antaranya seperti; Elijah Dixon-Bonner (21 tahun), Conor Bradley (18), dan Kaide Gordon (17) dipercaya tampil sebagai starter.

Kaide Gordon melengkapi trio lini depan Liverpool bersama dua pemain muda lainnya yaitu Curtis Jones (20) dan Max Woltman (18). Selain membantu Liverpool meraih kemenangan di Piala FA, gol kontra Shrewsbury juga membuat Kaide Gordon masuk buku sejarah Liverpool.

Dilansir dari Opta, Kaide Gordon berusia 17 tahun 96 hari untuk melakoni pertandingan bersama timnya di Piala FA. Ia menjadi pencetak gol termuda kedua dalam sejarah Liverpool setelah Ben Woodburn (17 tahun 45 hari) dalam laga kontra Leeds United pada 2017 silam.

3 dari 4 halaman

Penuh Potensi

Kaide Gordon dapat apresiasi dari Manajer Liverpool, Jurgen Klopp usai tim kalahkan Norwich di Carabao Cup. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Kiprah Kaide Gordon menjadi pemain muda penuh potensi diawali ketika ia belajar di akademi Derby County. Sang pemain memiliki posisi bermain sebagai winger maupun gelandang serang dan melakoni debut bersama tim utama Derby County pada akhir 2020.

Liverpool lantas merekrut Kaide Gordon dari Derby County pada 5 Februari 2021 dengan harga transfer yang dirahasiakan. Kabar beredar, Liverpool menebus Kaide Gordon sebesar Rp19 miliar disertai bonus tambahan.

Kaide Gordon lalu menjalani pertandingan pertama bersama skuad utama Liverpool dalam pertandingan melawan Norwich City di ajang Piala Liga Inggris, 21 September 2021. Anggota Timnas Inggris U-18 tersebut melengkapi kiprahnya dengan mencetak gol untuk Liverpool di Piala FA.

Dari berbagai sumber

4 dari 4 halaman

Lihat Posisi Liverpool di Premier League 2021/2022

Berita Terkait