Badai Krisis Guncang Timnas Prancis Jelang Piala Dunia 2022, Tanda-tanda Berat Pertahankan Gelar?

oleh Suharno diperbarui 21 Okt 2022, 16:50 WIB
Piala Dunia - Ilustrasi Timnas Prancis (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Harapan Timnas Prancis mempertahankan mahkota juara Piala Dunia di Qatar mendapat ujian berat. Badai krisis menyelimuti Les Bleus menjelang keberangkatan ke Piala Dunia 2022.

Beberapa pemain kunci Timnas Prancis bakal absen terbang ke Qatar karena cedera. Misalnya saja gelandang pekerja keras klub Chelsea, N'golo Kante, yang harus absen lama.

Advertisement

Kante diperkirakan akan kembali beraksi bulan ini. Tetapi masalah hamstring kembali memburuk pekan lalu dan kemungkinan besar tidak akan terbang ke Qatar.

Gelandang lainnya yang penting bagi Prancis, Paul Pogba, juga cedera. Pemain Juventus itu mengalami cedera lutut dan kemungkinan Prancis tanpa kedua gelandang hebat ini.

Lalu apakah kehilangan dua gelandang ini bakal membuat langkah Timnas Prancis makin berat untuk mempertahankan gelar juara Piala Dunia di Qatar nanti? Siapakah pemain lain dari skuad Prancis yang juga masih cedera?

 

2 dari 4 halaman

Didier Deschamps Pusing

Didier Deschamps. Eks gelandang berusia 53 tahun yang pensiun pada Juli 2001 bersama Valencia dan sejak Juli 2012 dipercaya membesut Timnas Prancis ini tercatat sebagai peraih 3 gelar scudetto saat berseragam Juventus. Ketiganya diraih pada musim 1994/1995, 1996/1997 dan 1997/1998. Ia juga sempat dipercaya menakhodai juventus selama semusim saat bermain di Serie B pada musim 2006/2007 akibat kasus Calciopoli dan sukses mengembalikan Juventus ke Serie A usai menjuarai Serie B pada musim tersebut. (AFP/Paco Serinelli)

Jelang Piala Dunia 2022 ini, pelatih Prancis, Didier Deschamps pusing. Alasannya, Kante dan Pogba berkontribusi besar saat mereka merengkuh gelar Piala Dunia 2018 dan kini bakal absen.

Pada Piala Dunia sebelumnya, Kante selalu menjadi pemain inti di setiap pertandingan Prancis. Pogba juga menjadi starter dan hanya dicadangkan saat laga terakhir babak penyisihan grup melawan Denmark dan itupun Prancis sudah pastikan lolos ke 16 besar.

Tanpa kehadiran keduanya, Prancis terlihat babak beluar di UEFA Nations League belum lama ini. Setelah merengkuh gelar juara di musim sebelumnya, mereka justru gagal melangkah ke semifinal musim ini.

 

3 dari 4 halaman

Peluang Kante dan Pogba Tampil

Nasib kurang baik dialami N'Golo Kante pada musim ini. Kante mengalami cedera dan masih berjuang untuk pemulihannya. (AFP/Glyn Kirk)

Manajer Chelsea, Graham Potter, mengungkapkan pada pekan lalu Kante akan menemui dokter spesialis. Mereka akan mengecek tingkat keparahan cederanya.

Chelsea juga berharap Kante segera pulih untuk menambal lini tengah yang keropos semenjak dia absen. Sementara Pogba sudah absen sejak September dengan masalah meniskus

Sebenarnya dia bisa kembali ke lapangan sebelum Piala Dunia dimulai. Namun Deschamps kemungkinan masih meragukan terkait kebugarannya karena dia sudah absen lama.

 

4 dari 4 halaman

Tak Hanya Kante dan Pogba

Bek Paris Saint-Germain, Presnel Kimpembe berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Manchester United pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Old Trafford, Selasa (12/2). Manchester United berhasil dikandaskan PSG, 0-2 (AP/Dave Thompson)

Deschamps juga makin pusing karena tidak hanya Kante dan Pogba yang cedera. Ada sejumlah pemain penting Prancis yang juga mengalami cedera.

Nama-nama seperti Lucas Hernandez, Lucas Digne, dan Presnel Kimpembe, masih berjuang untuk mengembalikan kebugarannya. Selain itu, cedera bukan satu-satunya masalah yang dihadapi Les Bleus.

Sebelumnya, Kylian Mbappe juga memberontak melawan Federasi Sepak Bola Prancis. Dia menuntut kesepakatan terkait pengambilan foto dirinya dan hak sponsor komersial tim.

Sumber: Mirror 

Berita Terkait