Belanda Pakai 5-3-2 Lawan Qatar di Piala Dunia 2022, Van Gaal: Laga Nanti Bakal Seperti Permainan Catur

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 29 Nov 2022, 10:00 WIB
Selebrasi pemain timnas Belanda usai Cody Gakpo menjebol gawang Ekuador dalam pertandingan grup A Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Khalifa International, Qatar, Jumat (25/11/2022). (AP Photo/Martin Meissner)

Bola.com, Jakarta - Belanda sekali lagi akan bermain dalam formasi 5-3-2 pada pertandingan grup terakhir di Piala Dunia 2022 melawan tuan rumah Qatar, Selasa (29/11/2022).

Manajer Belanda, Louis van Gaal tidak berencana untuk mengubah ke sistem yang berbeda meski tampil buruk melawan Ekuador, di mana mereka ditahan imbang 1-1.

Advertisement

"Qatar juga memainkan 5-3-2, jadi laga nanti akan seperti pertandingan catur," kata van Gaal.

"Itu tidak selalu menyenangkan untuk ditonton, tetapi saya yakin ini adalah cara untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022."

 

2 dari 5 halaman

Perbanyak Crossing

Pemain Timnas Belanda, Cody Gakpo (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama ke gawang Timnas Senegal dalam laga matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Senin (21/11/2022) malam WIB. (AP/Luca Bruno)

Selain gol dari Cody Gakpo, Belanda tidak menciptakan peluang berarti melawan Ekuador. Tidak ada umpan silang dari bek sayap dari Daley Blind atau Denzel Dumfries.

Merespons hal tersebut, Van Gaal berencana untuk menambah porsi umpan crossing ke pertahanan Qatar nanti.

"Kami harus menambah kuantitas dari segi umpan silang,” ujar Van Gaal.

 

3 dari 5 halaman

Kepanasan?

Hingga laga usai skor 2-0 untuk kemenangan pasukan Louis van Gaal tetap bertahan. (AP/Petr David Josek)

Jika Oranje mencapai babak sistem gugur, mereka akan berhenti berlatih pada siang hari. Van Gaal telah memutuskan untuk memindahkan waktu tersebut ke jam malam.

Oranje berlatih dengan suhu mencapai 30-32 derajat Celcius. Van Gaal dan stafnya sengaja memilih waktu ini. “Kami perlu menyesuaikan diri, membiasakan diri dengan kehangatan dan panas,” jelas van Gaal.

“Sekarang kami sudah menyesuaikan diri. Itu sebabnya kami beralih ke malam hari. Semuanya telah diteliti secara ilmiah”, menurut van Gaal.

Sumber: NL Times

4 dari 5 halaman

Persaingan di Grup A Piala Dunia 2022

Berita Terkait