Timnas Indonesia Vs Kamboja di Piala AFF 2022 Bakal Disaksikan Presiden Jokowi, Ketua PSSI Inspeksi SUGBK Secara Detail

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 22 Des 2022, 22:15 WIB
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan (kanan) dan Head of Infrastructure Safety and Security PSSI, Adi Nugroho meninjau kesiapan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjelang laga perdana Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja pada perhelatan Piala AFF 2022, Kamis (22/12/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, melakukan inspeksi mendetail terhadap kesiapan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (22/12/2022) sore WIB. Rencananya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir di SUGBK untuk menyaksikan duel Timnas Indonesia kontra Kamboja di Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022).

Jelang Timnas Indonesia mengawali kiprah di Grup A Piala AFF 2022 ini, semua aspek yang ada di bagian barat, timur, utara hingga selatan SUGBK tak luput dari inspeksi Ketua PSSI yang karib disapa Iwan Bule itu.

Advertisement

Inspeksi yang dilakukan Iwan Bule meliputi kesiapan steward yang membantu kelancaran jalannya laga, simulasi masuknya penonton ke stadion, venue operation center atau command center, ambulans, bahkan mengecek kebersihan toilet hingga lainnya.

"Saya mengitari SUGBK, memasuki area-area vital, mengecek semua yang terkait kelancaran pertandingan Timnas Indonesia menghadapai Kamboja besok," ujar Iwan Bule di Senayan, Kamis (22/12/2022) sore WIB.

"Saya tadi juga masuk ke area venue operation center atau pusat komando dari SUGBK ini. Melihat layar monitor yang demikian banyak, di mana dari dalam ruangan tersebut bisa memonitor semua kejadian atau aktivitas yang ada di SUGBK ini, baik di dalam, ring dua serta ring tiga di jalanan, hingga mempersiapkan kehadiran Presiden Jokowi di SUGBK nantinya," lanjut Ketua Umum PSSI Iwan Bule.

Ruangan yang dimaksud oleh Iwan Bule adalah ruang di mana semua wilayah SUGBK bakal terpantau dari satu titik, sehingga koordinasi pengamanan saat Timnas Indonesia bertanding dipastikan berjalan sangat rapi.

2 dari 6 halaman

SUGBK Membanggakan!

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan meninjau kesiapan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjelang laga perdana Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja pada perhelatan Piala AFF 2022, Kamis (22/12/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Semua fasilitas SUGBK sungguh membanggakan di mata Iwan Bule. Melalui command center tersebut, semua bisa dikendalikan dan segera bisa dikomunikasikan kepada para petugas yang tengah bertugas di lapangan.

"SUGBK ini memang sangat layak untuk digunakan menggelar pertandingan internasional seperti ini," ujar Iwan Bule

"Alhamdulillah turnamen Piala AFF ini kita bisa kembali berlaga di stadion kebanggaan kita ini yang juga dipersiapkan untuk perhelatan Piala Dunia U-20 2023," ujar Ketua Umum PSSI itu.

3 dari 6 halaman

Kehadiran Jokowi Bakal Jadi Suntikan Semangat

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan saat meninjau kesiapan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjelang laga perdana Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja pada perhelatan Piala AFF 2022, Kamis (22/12/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Dari pantauan jelang laga Timnas Indonesia kontra Kamboja di Grup A Piala AFF 2022, ada aktivitas paspampres yang mengecek situasi di SUGBK. Presiden Jokowi diagendakan menyaksikan langsung jalannya pertandingan.

Terkait hal tersebut, Iwan Bule pun mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang akan menyempatkan untuk hadir langsung memberikan dukungan kepada para pemain Timnas Indonesia.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi, di sela-sela kesibukannya sebagai orang nomor satu di NKRI ini, diagendakan menyempatkan hadir menyaksikan langsung Timnas Indonesia berlaga di SUGBK," ucap Iwan Bule.

"Tentu ini sebuah kebanggaan bagi para Pemain Timnas Indonesia ketika berlaga disaksikan langsung oleh Bapak Presiden, sekaligus tentunya menjadi semangat tambahan dalam memberikan penampilan terbaik mereka untuk masyarakat Indonesia," tambahnya.

4 dari 6 halaman

Pengamanan Pertandingan

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan (kiri) dan Head of Infrastructure Safety and Security PSSI, Adi Nugroho meninjau kesiapan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjelang laga perdana Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja pada perhelatan Piala AFF 2022, Kamis (22/12/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Iwan Bule juga mengatakan jumlah steward di dalam lapangan saat Timnas Indonesia menghadapi Kamboja di Piala AFF 2022 ada sekitar 239 orang, di mana semua sudah diberikan pemahaman tugas dan fungsinya.

"Para steward itu berasal dari SUGBK, PSSI ketika bertugas di dalam lapangan memantau ketertiban para penonton dan memberikan pengarahan persuasif kepada para pendukung Timnas Indonesia nanti," ujar Iwan Bule.

"Sedangkan jumlah keamanan yang berada di ring 2 dan 3 sejauh ini berjumlah 1500 personil dan kami koordinasikan dengan pihak kepolisian."

"Baik kepada steward maupun pihak kepolisian, kami juga mengucapkan terima kasih telah turut membantu kelancaran, kenyamanan para penonton pada laga nanti," ungkapnya.

 

5 dari 6 halaman

Imbauan untuk Suporter

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan saat meninjau kesiapan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjelang laga perdana Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja pada perhelatan Piala AFF 2022, Kamis (22/12/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Mantan Kapolda Metro Jaya itu pun mengimbau masyarakat yang akan menonton Timnas Indonesia kontra Kamboja secara langsung di SUGBK untuk tidak membawa tas yang terlalu besar, flare atau suar, rokok konvensional maupun rokok elektrik (vape) ke dalam stadion.

"Jangan membawa tas yang terlalu besar, suar, rokok konvensional maupun rokok elektrik. Lebih baik itu tinggalkan dulu dan membawa barang-barang secukupnya saja," imbau Iwan Bule.

"Nanti akan dilakukan pengecekan secara ketat. Minuman dalam kemasan botol pun tidak boleh dibawa masuk dan akan dipindahkan ke wadah plastik. Mari kita sepakat bersama sehingga sukses penyelenggaraan ini menjadi kesuksesan kita bersama," pungkasnya.

6 dari 6 halaman

Hasil, Jadwal, dan Klasemen Piala AFF 2022

Piala AFF - Ilustrasi Logo Piala AFF 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin
1 Thailand 1 0 0 3
2 Kamboja
3 Indonesia
4 Filipina 0 1
5 Brunei 0 1 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

Kamboja Vs Filipina (3 - 2)

Brunei Vs Thailand (0 - 5)

Filipina Vs Brunei

Indonesia Vs Kamboja

Brunei Vs Indonesia

Thailand Vs Filipina

Kamboja Vs Brunei

Indonesia Vs Thailand

Thailand Vs Kamboja

Filipina Vs Indonesia

 

Klasemen Grup B

Pos Tim M K S Poin
1 Vietnam
2 Malaysia
3 Singapura
4 Myanmar
5 Laos 0 1 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup B

Myanmar Vs Malaysia (0 - 1)

Laos Vs Vietnam (0 - 6)

Singapura Vs Myanmar

Malaysia Vs Laos

Laos Vs Singapora

Vietnam Vs Malaysia

Myanmar Vs Laos

Singapora Vs Vietnam

Vietnam Vs Myanmar

Malaysia Vs Singapora

 

Berita Terkait