Juventus Bukan Kaleng-kaleng Lagi di Tangan Max Allegri: Catat 8 Kemenangan Beruntun dan Paling Sedikit Kebobolan

oleh Aryo Atmaja diperbarui 09 Jan 2023, 06:15 WIB
Profil Tim - Juventus (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Juventus sukses meraih kemenangan krusial pada pekan ke-17 Serie A 2022/2023. Tim asuhan Massimiliano Allegri itu menang tipis 1-0 atas Udinese di Allianz Stadium, Minggu 8 Januari 2023.

Gol tunggal penentu kemenangan Juventus dicetak oleh Danilo. Gol itu tercipta dari assist Federico Chiesa di menit 86.

Advertisement

Di laga sebelumnya, Juventus juga menang dengan skor 1-0, yakni atas tuan rumah Cremonese. Di laga itu, Juventus menang lewat gol tendangan bebas Arkadiusz Milik di menit 91.

Juventus lagi-lagi menang tipis dengan gol yang dicetak di menit-menit akhir pertandingan. Sekilas, itu memang jauh dari kata meyakinkan.

Namun, fakta bahwa nirbobol (clean sheets) kontra Udinese merupakan nirbobol ke-12 mereka di Serie A musim ini, harus diakui bahwa Juventus memang jago dalam urusan bertahan.

2 dari 5 halaman

Performa Juventus di Serie A Musim Ini

Para pemain Juventus bertepuk tangan kepada suporter usai bertanding melawan Cremonese pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di Zini Stadium, Cremona, Italia, Kamis (4/1/2023). Juventus menang tipis atas Cremonese dengan skor 1-0. (AFP/Marco Bertorello)
  • Pertandingan: 17
  • Menang: 11
  • Seri: 4
  • Kalah: 2
  • Gol: 26
  • Kebobolan: 7
  • Nirbobol (clean sheet): 12.
  • Juventus telah mencatatkan 12 clean sheet dalam 17 laga pertamanya di Serie A 2022/2023. Sepanjang sejarah kompetisi ini, hanya ada satu tim yang punya catatan lebih baik, yakni Cagliari dengan 13 clean sheet dalam 17 laga pada musim 1966/1967 silam.
3 dari 5 halaman

Selalu Menang dalam 8 Laga Beruntun dan Tanpa Kebobolan

Gelandang Juventus, Manuel Locatelli (kanan) berselebrasi bersama Adrien Rabiot setelah mencetak gol kontra Torino pada Liga Italia 2021/2022 di Stadion Grande Torino, Sabtu (2/10/2021). (Marco Bartorello/AFP)

Dengan hasil kontra Udinese, berarti Juventus selalu menang dalam delapan laga terakhirnya di Serie A. Hebatnya lagi, delapan laga itu semuanya mereka lalui tanpa sekali pun kebobolan.

Dalam delapan laga terakhirnya itu, Juventus berturut-turut menaklukkan Torino, Empoli, Lecce, Inter Milan, Hellas Verona, Lazio, Cremonese, dan Udinese.

Dalam delapan laga terakhir itu, kemenangan terbesar diraih Juventus ketika menjamu Empoli pada pekan ke-11. Juventus menang 4-0.

4 dari 5 halaman

Ramaikan Jalur Juara

Senyum pelatih Juventus Massimiliano Allegri jelang pertandingan anak asuhnya melawan Cagliari dalam lanjutan Liga Italia di Sardegna Arena, Cagliari, Italia, Selasa (2/4). Si Nyonya Tua mengoleksi 81 poin dari 30 laga. (Marco BERTORELLO/AFP)

Max Allegri pernah mendapat sorotan tajam bagi publik Juventus atas keterpurukan Bianconeri pada awal musim ini. Juventus terseok-seok, kalah dari tim promosi, hingga terlempar dari Liga Champions.

Namun perlahan Juventus bangkit dan menjadi tim paling diperhitunkan musim ini. Posisi mereka ada di urutan ketiga klasemen sementara dengan nilai 37. Juventus untuk sementara terpaut empat poin dari pemuncak klasemen Napoli.

Napoli baru akan bertanding melawan Sampdoria pada Senin dini hari WIB. Jika berhasil menang, maka jarak dengan Juventus menjadi tujuh poin.

Sumber: WhoScored

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 8/1/2023)

5 dari 5 halaman

Tengok Peringkat Tim Favoritmu Saat Ini

Berita Terkait