Sukses


    Pelatih Korsel Berharap Son Heung-min Segera Gabung Tim Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Kim Hak-bum, sudah memilih Son Heung-min jadi satu di antara tiga pemain wild card yang akan diboyong ke Indonesia untuk Asian Games 2018.

    Namun, hingga sekarang sang pelatih belum tahu kapan pemain bintang Tottenham Hotspur dan Timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu gabung tim asuhannya.

    "Son sudah pasti akan ikut bermain di Asian Games, tapi kami tak tahu kapan ia akan gabung tim. Son sangat ingin bermain di Asian Games dan dia pemain penting untuk dimainkan. Kami harap dia bisa gabung tim secepatnya karena beradaptasi dengan cuaca panas di Indonesia itu tak mudah," kata Kim.

    Kim mengungkapkan, Son diboyong setelah ia dipastikan mendapat izin dari Tottenham Hotspur untuk meninggalkan klub Premier League itu di masa pramusim serta pekan-pekan awal EPL musim 2018-2019. 

    Hal itu karena sepak bola Asian Games tidak masuk kalender FIFA sehingga izin klub asal memegang peranan penting. Hanya, sejauh ini belum diketahui berapa lama Tottenham memberikan izin buat Son. 

    Pemain top lain di Timnas Korea Selatan U-23 proyeksi Asian Games 2018, seperti Lee Seung-woo (Hellas Verona) dan Hwang Hee-chan (FC Red Bull Salzburg) juga belum tahu kapan dilepas klub-masing-masing.

    Kim mengungkap, Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) masih terus mendesak klub-klub di luar Korsel untuk melepas pemain mereka secepat mungkin.

    Dari 20 pemain di Timnas Korea Selatan U-23, ada lima yang di antaranya bermain untuk klub di luar Korsel, termasuk Son, Hwang, dan Lee. Dua pemain lain, yakni Kim Jung-min (FC Liefering) dan Hwang Ui-jo (Gamba Osaka).

     

    2 dari 2 halaman

    Formasi Bermain

    Kim berencana memasang Son dan Hwang di lini depan dengan formasi 3-5-2, yang diplot sebagai formasi utama di Asian Games 2018.

    "Saya sebenarnya bagus menggunakan sistem empat pemain di belakang. Tapi, setelah melihat pemain kami, saya berpikir tiga pemain di belakang akan lebih jadi taktif efektif buat kami. Saya memilih skema berdasarkan pemain kami," ujar Kim.

    Pemain Korea Selatan, Son Heung-min (2kiri) mencoba menghalau bola dari sundulan pemain Jerman, Niklas Suele pada laga grup F Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, Rusia, (27/6/2018). Korea menang atas Jerman 2-0. (AP/Lee Jin-man)

    Timnas Korea Selatan U-23 merupakan juara bertahan alias pemegang medali emas Asian Games 2014. Korsel berbagi dengan Iran dalam status peraih medali emas terbanyak dari cabang olahraga sepak bola putra di pesta olahraga di Asia ini.

    Sepak bola putra Asian Games 2018 digelar pada 14 Agustus-1 September 2018 atau sebelum pembukaan pada 18 Agustus 2018. Timnas Korea Selatan U-23 akan bertolak ke Jakarta pada 10 Agustus 2018.

    Sumber: Yonhap

    Video Populer

    Foto Populer