Sukses


Data dan Fakta Unik Final Liga Europa Dnipro vs Sevilla

Bola.com, Jakarta - Laga final Liga Europa musim 2014/2015 mempertemukan FC Dnipro Dnipropetrovsk melawan Sevilla. Berikut data dan fakta menarik jelang duel akbar tersebut.

Ini menandai pertemuan pertama kedua tim di kancah Eropa. Laga pamungkas antara Dnipro Dnipropetrovsk melawan Sevilla akan digelar di National Stadium, Warsawa, Polandia, pada Kamis (28/5/2015) dini hari WIB.

Duel nanti menjadi sejarah bagi Dnipro. Pasalnya, ini pertama kalinya klub asal Ukrainan itu menjejaki final Liga Europa. Prestasi terbaik Dnipro sebelumnya adalah mencapai babak perempatfinal pada musim 1984/1985 dan 1989/1990.

Sementara, Sevilla adalah juara bertahan. Musim lalu, tim asal Spanyol itu menang adu penalti 4-2 melawan Benfica pada partai final yang digelar di Juventus Stadium, Turin.

Perjalanan Dnipro di Liga Europa dimulai ketika mereka menjadi runner-up Grup F. Mereka menekuk Ajax Amsterdam di babak 16 besar. Adapun di babak semifinal, Dnipro mengalahkan Napoli dengan kemenangan agregat 2-1.

Sementara, Sevilla adalah runner-up Grup G. Mereka mengalahkan Villarreal di babak 16 besar. Pada babak semifinal, Sevilla meraih kemenangan agregat meyakinkan 5-0 melawan Fiorentina.

Fakta Final Liga Europa:

1. Dnipro baru sekali berhadapan melawan wakil Spanyol. Kala itu, Dnipro dikalahkan 2-1 oleh Real Zaragoza pada musim 2004/2005.

2. Sevilla tak terkalahkan di empat pertandingan terakhir melawan klub asal Ukraina, dengan rincian tiga kali menang dan sekali imbang.

3. Dari 46 pertemuan melawan wakil asal Spanyol, klub-klub asal Ukraina baru sembilan kali meraih kemenangan. Sementara, Spanyol 24 kali menang.

4. Klub asal Ukraina baru sekali berjumpa wakil Spanyol di final Liga Europa. Dynamo Kiev mengalahkan Atletico Madrid 3-0 pada tahun 1986.

Fakta Dnipro:

1. Dnipro tak terkalahkan di empat laga terakhir mereka di Liga Europa. Mereka mencetak tiga gol di empat laga tersebut.

2. Kiper Dnipor, Denys Boyko, dan bek Douglas bermain penuh sejak fase grup. Total, keduanya bermain selama 1290 menit.

3. Bek Ruslan Rotan menjadi yang paling banyak melakukan pelanggaran. Dia 31 kali melanggar lawan.

4. Yevhen Konoplyanka menjadi pemain yang paling banyak dilanggar lawan pada ajang Liga Europa musim ini. Dia 45 kali dijatuhkan lawan.

5. Dnipro bisa menjadi tim Ukraina ketiga yang menjuarai Liga Europa setelah Dynamo Kiev dan Shakhtar Donetsk.

Fakta Sevilla:

1. Sevilla adalah juara Liga Europa di tiga edisi terakhir.

2. Sevilla tak terkalahkan di sembilan laga terakhir di Liga Europa.

3. Sevilla menjadi tim yang paling banyak meraih kemenangan di Liga Europa musim ini. Wakil Spanyol itu sepuluh kali meraih kemenangan.

4. Daniel Carrico menjadi pemain yang paling banyak tampil sepanjang sejarah Liga Europa. Dia total 47 kali bermain.

5. Grzegorz Krychowiak menjadi satu-satunya pemain Polandia yang tampil di kampung halamannya pada laga final nanti.

6. Sevilla bertekad menjadi tim pertama yang meraih empat gelar Liga Europa.

7. Sevilla bisa jadi tim keempat Spanyol yang memenangkan Liga Europa dalam enam edisi terakhir.

Baca Juga:

Jadwal Final Liga Europa Musim 2014/15

Gagal ke Final, Joaquin Sesali Buruknya Penyelesaian Akhir

Napoli Tersingkir, Pemain Dnipro : Penuhi Janji Pensiun Higuain!

Video Populer

Foto Populer