Sukses


Ini Sebab Pemain Timnas U-23 Menangis Nyanyikan Indonesia Raya

Bola.com, Singapura - Aji Santoso membeberkan penyebab dari 'banjir' air mata yang terjadi penggawa Timnas U-23 menyanyikan lagu Indonesia Raya di awal pertandingan Grup A melawan Myanmar U-23 yang berakhir dengan kekalahan 2-4. Dikatakan Aji, tangis Manahati Lestusen dkk. disebabkan jatuhnya sanksi FIFA kepada Indonesia yang membuat pemain dalam posisi serba sulit.

Akibat sanksi ini kompetisi di tanah air ikut terhenti dan timnas maupun klub Indonesia tidak bisa bermain di ajang internasional. Beruntung, Timnas U-23 masih diperbolehkan tampil oleh FIFA karena sudah lebih dulu berada di tempat perhelatan SEA Games 2015 di Singapura.

Dari pantauan kamera yang menyorot muka para pemain Timnas U-23, tampak beberapa pemain seperti gelandang muda Persija Jakarta Adam Alis Setyano dan bintang muda Evan Dimas Darmono menitikan air mata. Bahkan, Evan sampai harus mengusap air matanya setelah lagu Indonesia Raya selesai berkumandang di Stadion Jalan Besar.

"Kami tidak pungkiri anak-anak ada terbersit pikiran, sehabis ini saya mau apa, mau kemana? Ini karena kompetisi dihentikan. Ada pikiran karier mereka bakal habis," ucap Aji seusai laga.

"Kami menangis, tidak hanya pemain yang tadi menangis saat lagu kebangsaan diputar, saya juga menangis karena saya tahu bagaimana perasaan mereka sebagai pemain. Kami semua mengibaratkan pertandingan tadi sebagai laga terakhir karena kami tak tahu sampai berapa lama sanksi ini," ia menambahkan.

Meski begitu, Aji menegaskan coba terus membesarkan hati anak asuhnya. Hal ini harus dilakukannya agar para penggawa Garuda Muda tetap berada dalam motivasi tinggi saat bermain di lapangan selama SEA Games 2015.

"Tapi, seperti kami sampaikan, saya dan seluruh tim pelatih dan manajer terus berusaha menjaga motivasi mereka. Bahkan saya menghargai perjuangan mereka di lapangan tadi," Aji menuturkan.

Baca juga :

Timnas U-23 Telan Kekalahan di Laga Perdana

ndonesia Raya Berkumandang, Penggawa Timnas U-23 Banjir Air Mata

Pelaut pun Berikan Dukungan Penuh untuk Garuda Muda

Video Populer

Foto Populer