Sukses


Irlandia Akui Terima Suap FIFA di Kasus Handball Thierry Henry

Bola.com, Dublin - Masih ingatkah anda dengan kasus handball kontroversial yang dilakukan Thierry Henry ke gawang timnas Irlandia dalam kualifikasi Piala Dunia 2010. Ternyata lima tahun setelah kejadian tersebut, Asosiasi Sepakbola Irlandia (FAI) menerima suap. Mengapa dan kenapa?

Kala itu, Prancis dan Irlandia sama kuat 1-1 di leg pertama dalam pertarungan dalam sesi playoff untuk mendapatkan tiket terakhir ke Piala Dunia 2010. Di pertemuan kedua, Henry dua kali menggunakan tangannya untuk mencegah gol yang seharusnya menjadi milik Irlandia.

Sakitnya lagi, mantan penggawa Arsenal itu kemudian memberi umpan kepada William Gallas dan Prancis lolos ke Piala Dunia dengan agregat 3-2.

Akibat dari tidak masuknya Irlandia ke turnamen empat tahunan tersebut, mereka merugi  Rp 2 triliun. Merasa dicurangi oleh Prancis, Irlandia berusaha untuk mendesak mereka untuk menggelar partai ulang tapi itu ditolak FIFA. Setelah itu, Asosiasi Sepakbola Irlandia (FAI) ingin melayangkan gugatan tapi itu segera ditarik mereka.

Usut punya usut ternyata ketua Asosiasi Sepakbola Irlandia (FAI), John Delaney ternyata menerima uang dari FIFA untuk tidak meneruskan kasus. Delaney diklaim menerima uang sebesar Rp 74 miliar sebagai "biaya ganti rugi". Berbicara dalam sebuah wawancara bersama RTE Radio 1, Kamis (4/6) waktu setempat, Delaney membenarkan itu semua.

"Pembayaran tersebut adalah pembayaran kepada asosiasi untuk tidak memperpanjang kasus legal. Namun dalam perjanjian dulu, pihak-pihak yang terkait tidak boleh menyebutkan berapa banyak biaya yang dikeluarkan."

"Anda menyebut lima juta euro, selamat kepada Anda. Tapi itu adalah biaya ganti rugi yang sangat bagus dan logis untuk FAI," tandas Delaney.

Baca juga:

Henry : De Gea Pemain Muda Terbaik

Henry Pesimistis Arsenal Bisa Juara Selama Ada Giroud

Thierry Henry: Selebrasi Gol Chicarito Lebay

 

Video Populer

Foto Populer