Sukses


Kemplang Pajak, Lionel Messi Terancam Masuk Bui

Bola.com, Barcelona - Bintang Barcelona, Lionel Messi diduga mengemplang pajak selama berkarier di Spanyol. Akibatnya, kapten timnas Argentina tersebut terancam hukuman penjara satu tahun. 

Messi dituduh pengadilan pajak Spanyol karena tidak membayar pajak senilai Rp 61 miliar. Ayah Messi yang juga bertugas sebagai sang agen dituduh menggunakan jasa sebuah perusahaan di Belize dan Uruguay untuk menjual hak komersil Messi pada tahun 2007-2009. Itu dilakukan agar Messi tidak harus membayar pajak di negeri Matador yang terbilang sangat tinggi.

Tak terima dengan tuduhan itu, Messi mengajukan banding. Tapi hal tersebut ditolak oleh Kejaksaan Tinggi Barcelona, Rabu (10/6). Pihak pengadilan menyatakan kalau keberatan dari pihak Messi tak mempunyai cukup bukti kuat.

Penyerang 27 tahun itu beberapa kali mengatakan jika dirinya tak tahu menahu soal aksi "pintu belakang" yang dilakukan ayahnya.

"Dalam kejahatan tipe ini, tak perlu bagi seseorang untuk mengetahui segala masalah akuntansi dan operasi bisnisnya dengan jelas. Melainkan pihak tersangka hanya cukup menyadari kalau ada penipuan dan di sini Messi menyetujui aksi kriminal ini," demikian pernyataan dari Kejaksaan Tinggi.

Meski mengalami masalah yang rumit di luar lapangan, Messi dan Barca tetap menuai sukses di panggung sepak bola. Di musim 2014/2015, Azulgrana sukses meraih tiga gelar yakni La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions. Jika terbukti bersalah, maka Messi dan ayahnya bisa terkena denda Rp 315 miliar dan hukuman penjara satu tahun lamanya.

Baca Juga:

Legenda Barca Jagokan Buffon Raih Ballon d'Or Ketimbang Messi

Hazard: Messi dan Ronaldo Bukan Manusia

Suarez: Bersama Messi dan Iniesta Segalanya Terasa Mudah

Video Populer

Foto Populer